News Ticker

Menu

Tips ketika ingin menyalakan atau start mesin mobil yang baik dan benar

Tips ketika ingin menyalakan atau start mesin mobil yang baik dan benar

Tips ketika ingin menyalakan atau start mesin mobil yang baik dan benar-Salam otomotif, selamat malam minggu hihi, karena artikelnya dibuat pada malam minggu. Yang lain pada kenzan, malah admin Pelengkapotomotif.com masih sebuk dengan dunia online yang tidak terbatas. Meski begitu tetap saja ada manfaatnya. 

Iya dong dengan menulis pasti bertambah untuk ilmunya khususnya otomotif, kan admin otomotif hehe. Owh iya hari ini kita akan membahas sesuatu yang sepele, lagi-lagi memang sepele, namun jika diabaikan akan menjadi sesuatu yang besar, menimbulkan malapetaka. Apa itu ?

Iya ini berkaitan dengan keselamatan kerja, terutama bagi mekanik bengkel yang masih belum bisa nyetir seperti saya ini hahaha. Atau bagi sahabat otomotif yang baru belajar mengemudi dan belum lancar jaya. Pokoknya perhatikan setiap anda akan menyalakan mesin mobil, apa saja yang harus diperhatikan. kurang lebih begini. 

Pastikan anda menstart mobil dari dalam mobil, jangan dari luar dan hanya memasukan kunci dari jendela mobil. Itu akan sangat berbahaya, karena anda tidak pernah tahu mobil itu dalam posisi netral atau masuk perseneling. Saya pernah melihat kejadian langsung di Taman Ratu, Jakarta Barat. Sebuah mobil masuk rumah makan menembus kaca-kaca pembatas disebuah rumah makan, dan pengendaranya adalah wanita. 

Analisa pertama mungkin karena perseneling masuk dan orang itu asal melakukan start dan langsung menginjak gas, alhasil ya ancur deh itu restoran dan pastinya harus mengganti rugi atas kejadian tersebut. Jadi sebelum melakukan start mobil sebaiknya cek terlebih dahulu, sudah netral atau belum. khusus untuk mobil matic, sebaiknya diposisi Parkir (P) lebih direkomendasikan. 

Kemudian untuk selanjutnya adalah menginjak rem mobil saat akan melakukan start, hal ini untuk antisipasi saja dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Serta untuk tips yang terakhir adalah memastikan kondisi anda dalam keadaan fit atau tidak dalam keadaan mengantuk. Bahaya juga kalau anda ngantuk menyalakan mobil apalagi sampai mengendarainya. Dan untuk yang terakhir sebelum menyalakan mobil ataupun berkendara. sebaiknya berdo'a terlebih dahulu, apapun agama kalian saya yakin ada do'anya sendiri-sendiri. 

Semoga artikel yang singkat ini, berguna bagi kita semua, dan pastinya kita semua termasuk orang-orang yang teliti amin. Iya sudah sampai disini dulu, kita lanjut besok ya sahabat otomotif yang selalu bahagia. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, salam otomotif. 

Baca juga : 

"Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris atau mistar"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Tips ketika ingin menyalakan atau start mesin mobil yang baik dan benar"

ADD COMMENT
  1. Wah saya sering sekali start mobil diluar kendaraan bang, sampai sekarang alhamdulillah saya selalu tidak lupa untuk mengecek persneleng agar tetap posisi netral, kebiasaan saya lagi adalah, saya akan selalu pasang rem tangan ketika kendaraan berhenti, dan akan saya lepas ketika saya mau jalan. Mungkin ini jadi pembelajaran bagi saya agar lebih hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu sebaiknya harus selalu berhati-hati mas, keselamatan lebih penting dibandingkan harta hehe. Harta bisa dicari nyawa tidak ada gantinya, entah nyawa sendiri atau orang lain. Berdo'a selalu mas

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM