News Ticker

Menu

Browsing "Older Posts"

Kawasaki Ninja 400 Sang Pengganti Ninja 300

Thursday, October 26, 2017 / 2 Comments
 
Kawasaki Ninja 400 Sang Pengganti Ninja 300
image by Otospirit.com

Kawasaki Ninja 400 Sang Pengganti Ninja 300-Kawasaki akhirnya resmi mengeluarkan produk terbarunya untuk menggantikan Ninja 300 yang sudah lama malang melintang di Indonesia. Kabar terbaru dikutip dari Otospirit.com dalam acara Tokyo Motor Show menampilkan Kawasaki Ninja 400 secara utuh. 

Dilihat dari bodinya si cukup langsing dan agresif seperti sang adik Ninja 250 fi terbaru 2018. Okey kita kembali lagi ke Kawasaki Ninja 400. Kawasaki Ninja 400 sendiri merupakan moge khusus untuk pemula, dimana sudah mendukung EURO 4 sehingga lebih ramah lingkungan. Untuk mesinnya menggunakan kapasitas 399cc parallel twin yang diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 45 hp, dengan torsi mencapai 38 Nm. 

Hal ini tentu sangat berbeda dengan Ninja 300 yang hanya mempunyai tenaga 39 hp dengan torsi maksimal 27 Nm. Jelas secara tenaga Kawasaki Ninja 400 jauh lebih unggul, dan secara tampilanpun lebih agresif. 

Kawasaki Ninja 400 Sang Pengganti Ninja 300


Pihak Kawasakipun ternyata memang membuat Kawasaki Ninja 400 untuk memberi pengalaman pengendara yang lebih baik dikelas entery level. Seperti low-down torque lebih baik, dan karakter berkendara yang lebih bersahabat. 

Untuk rangkanya sendiri, Kawasaki Ninja 400 menggunakan rangka trelis baru yang dikatakan memangkas bobot hingga mencapai 6 kg  dibandingkan ninja 300. Tidak hanya itu Kawasaki Ninja 400 juga sudah dilengkapi dengan assist n slipper cluctch.

Kawasaki Ninja 400 Sang Pengganti Ninja 300

Dan lanjut ke bagian kaki-kaki, Kawasaki Ninja 400 membasa suspensi yang lebih besar dibanding Ninja 300 yang sebelumnya  berukuran 37mm sekarang menjadi 41mm. Dan dibagian keamanan berkendara Kawasaki Ninja 400 menyematkan rem ABS Nissin dengan diameter 310mm. Untuk harga sepertinya pihak Kawasaki belum membocorkannya, so kita tunggu saja.

Berapa Biaya Tune-Up Honda Tiger di Ahass ?

Wednesday, October 25, 2017 / No Comments
Berapa Biaya Tune-Up Honda Tiger di Ahass ?

Berapa Biaya Tune-Up Honda Tiger di Ahass ?-Salam otomotif, yuk kembali lagi bersama saya Saliman. Lama sekali tidak berjumpa dengan saya disini hehe. Iya guys saya sekarang mengisi channel You Tube juga. Tapi hal ini tidak membuat saya melupakan sahabat blogger sekalian, saya tetap hadir disini menemani anda semua. Yuk mari kita simak artikel dibawah ini : 

Ceritanya saya habis touring bersama teman-teman anak club Honda CBR150R Kebumen menuju pulau Madura. Iya saya kesana ingin liburan soalnya hehe. Enakan dijalan kalau liburan mah. Saya menghabiskan jarak lebih dari 2.000 km dari Tangerang-Madura bolak-balik. Jadi baru ganti oli pulangnya harus ganti lagi selama haha. 

Dan hasil dari touring adalah motor saya bunyi banget sangat berisik, krek krek krek gitu, kemudian kalau kopling ditarik tetep bunyi tek-tek-tek gitu. Wah selain rantai berisik dan gaspun menjadi berat, dan pokoknya saya jadi kesal dengan Honda Tiger serasa ingin ganti motor saja, tapi sayang kwkwkw. 

Nah akhirnya saya bawa motor ke Ahass terdekat dari pengadilan Jakarta Barat, karena sehabis pulang touring langsung ke Pengadilan nemenin teman ambil sim yang ditilang. Saya bawa motor ke Ahass tersebut, setelah ditanyakan keluhan oleh mbak-mbak Ahass baru motor saya diambil dan mulai dieksekusi. 

Tidak lama kemudian akhirnya motor selesai dan siap untuk dicoba. Tapi sebelum saya membawa pulang, tentunya harus bayar terlebih dahulu. Dan saya kaget melihat bon senilai Rp100.000 soalnya baru kali ini saya service di Ahass hehe. Jujur saya kaget, karena kalau service dibengkel biasa hanya habis Rp35.000 , jauhkan hehe. 

Ternyata memang banyak masalah hingga saringan udarapun perlu diganti, tapi emang sedang kosong si. Dan ternyata lagi selain itu setelan rante ketengnya kendor itu yang nyebabin tarikan berat, dan bunyi srok srok gitu. Dan setelah saya coba, wuih enteng banget tanpa bunyi, dan saya fikir meski habis banyak tapi bener-bener beda servise di Ahass. Iya iyalah dokternya hehe. Sekarang motor siap touring kembali dan siap menggibas lawan-lawannya hehe. Enak banget dah. 

Mungkin cukup sekian info yang bisa saya sajikan, emmm cobalah service diahlinya maka Tiger anda akan sehat kembali seperti jiwa muda hehe. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Harga Aki Untuk Mobil Mazda 2 Biasa dan Sport

Saturday, October 14, 2017 / 2 Comments
Harga Aki Untuk Mobil Mazda 2 Biasa dan Sport

Harga Aki Untuk Mobil Mazda 2 Biasa dan Sport-Salam otomotif, yoi hari ini ketemu lagi bersama saya Saliman. Seperti biasanya, saya selalu berbagi informasi menarik seputar dunia otomotif. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang cukup penting bagi pengguna Mazda 2 tentunya. 

Kenapa saya bilang penting, karena ini menyangkut aki yang merupakan salah satu komponen vital pada mobil. Tanpa aki mungkin anda akan mendorong mobil atau bahkan jika mobil anda matic sudah pasti tidak bisa didorongkan hehe. Untuk itu disini saya akan membagikan spesifikasi yang pas untuk Mazda 2 baik untuk yang biasa maupun yang bertipe sport. 

Yang pertama saya akan membahas Mazda 2 biasa, untuk tipe akinya bisa menggunakan NS60LS dengan kapasitas 45 Ah. Iya untuk Mazda 2 yang biasa ini memang disediakan tempat dengan ukuran dudukan 46B24L itu artinya kapasitas maksimal 45 Ah dengan tipe NS60LS. Tapi, tapi kali ini anda pemilik Mazda 2 dapat mengupgrade aki tanpa harus merombak/mengubah dudukan. Bagaimana caranya ? dengan anda membeli aki GS Taxi 65B24LS yang mempunyai kapasitas 55 Ah (lihat pada gambar). Aki GS Taxi ini sangat recomend bagi pemilik Mazda 2 biasa yang ingin menaikan ampere tanpa merubah dudukan aki. 

Kemudian kita lanjut pada mobil Mazda 2 Sport. Nah bagi yang masih bingung cara membedakan Mazda 2 Sport dengan Mazda 2 biasa anda bisa melihat dibagian belakang mobil. Jika memang punya anda adalah Mazda 2 Sport maka tipe yang tertulis yaitu Mazda 2 Sport, mungkin ini memang variant tertinggi dari Mazda 2. Nah lanjut mengenai aki yang digunakan untuk mobil Mazda 2 Sport ini memang berbeda dari yang versi biasa. Memiliki ukuran yang lebih besar dengan ampere yang lebih besar pula. Ok, aki untuk Mazda 2 Sport bertipe 55D23L dengan kapasitas ampere 60 Ah. 

Lanjut untuk harga aki masing-masing tipe adalah sebagai berikut :

1. GS NS60LS 45 Ah (kering) Rp 935.000
2. GS NS60LS 45 Ah (basah) Rp 740.000
3. GS Taxi 65B24LS 55 Ah (kering) Rp 1.130.000
4. GS 55D23L 60 Ah (kering) Rp 1.115.000
5. GS 55D23L 60 Ah (basah) Rp 888.000

Nah itulah harga yang bisa anda jadikan patokan untuk membeli sebuah aki, sesuaikan untuk aki yang dibutuhkan mobil anda. Jangan sampai sudah terbeli tapi tidak dapat dipasang kan sayang. Semoga bermanfaat, jika suka dengan artikel ini silahkan share dan jika ingin bertanya letakan komen dikotak komentar, secepatnya saya akan membalasnya. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Jalan-jalan Menuju Kawasan KIIC Dengan Honda Tiger Revo

Thursday, October 12, 2017 / No Comments
Jalan-jalan Menuju Kawasan KIIC Dengan Honda Tiger Revo

Jalan-jalan Menuju Kawasan KIIC-Salam otomotif, kembali lagi bersama saya Saliman. lama tidak berjumpa diblog ini ya hehe. Apa kabar kalian semua ? saya harap sehat dan baik-baik saja ya guys, sehabat otomotif sekalian. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan memberikan satu tips apapun, sesekali liburanlah ya hehe. 

Iya dunk masa kalian doang yang liburan, admin juga butuh liburan nie, tapi bedanya liburan saya ini ada hubungannya dengan otomotif karena jalan-jalannya menggunakan Honda Tiger Revo hehe. Iya saya rasa Honda Tiger Revo sangat cocok sekali diajak jalan jauh. Karena bagaimanapun motor ini sudah terbukti kehandalannya dalam melakukan touring. Sebagai info saja motor standard ini sudah lari dan menginjak tanah Sumatera lewat jalur lintas barat Sumatera, bayangkan guys..wow hehe.

Tapi pada kesempatan kali ini saya melakukan perjalanan dari Tangerang-Karawang, memang jaraknya lumayan tapi saya tidak merasa capek sama sekali malah terbilang enjoy hehe. Itu semua karena Honda Tiger Revo mempunyai posisi riding yang pas dan nyaman. 


Di Karawang saya menyempatkan diri untuk jalan-jalan keliling Karawang, sebenarnya tujuan utama adalah perumahan Meikarta tapi gagal kwkwkwkw. Yah mau bagaimana lagi, saya dengar infonya di Karawang, eh nyatanya di Cikarang. Padahal kalau dari arah Tangerang, perumahan Meikarta itu sungguh lebih dekat dari pada ke Karawang hehe. 

Tapi okey tidak masalah, sebagai gantinya KIIC Karawang juga tetep okey hehe. Buat anda yang ingin mencari kerja, PT yang ada di kawasan KIIC ini mungkin dapat memberikan solusi yang sesuai kebutuhan anda. Karena didalam kawasan KIIC ini terdapat banyak sekali PT mungkin ada ratusan kali ya. Diantara yang saya ingat ada Toyota disana, dan banyak yang lainnya, mungkin anda dapat menonton videonya di Channel Pelengkap Otomotif yang akan rilis sebentar lagi. 

Untuk jalan menuju kawasan cukup indah, bahkan saya suka sekali dan menikmati perjalanan dengan senang hati. Banyak pepohonan disamping jalan dan ada lapangan banyak domabanya, wow pokoknya penuh dengan pemandangan nuansa perbukitan.


Dan pada kesempatan kali ini saya ditemani Wiji Ngarif Kemana Hadi teman lama dari SMP N 1 Buayan hehe. Kami sering bersama hingga sekarang. Pernah hal yang paling terlintas difikiran, yaitu waktu ulangan. Sebenarnya kami berdua itu murid rajin dan tidak pernah bawa contekan, tapi entah hari itu ulangan dan sama-sama tidak belajar haha. Terpaksa bawa contekan, untuk pertama kalinya bawa contekan dan gemeteran ini tangan membukanya haha. 


Itu sedikit cerita singkat tentang kami, dan kali ini kami sudah capek habis keliling kawasan KIIC Karawang. Hem...tapi sudah terobati luka Maikarta dengan berkunjung ke KIIC ini hehe. Dan akhirnya kami mampir ketukang es dawet ayu hihi, segar sekali rasanya. 


Nah lihat fotonya, menyegarkan bukan hehe. Okey mungkin lain kali kita akan jalan-jalan lagi. Kalau au riding bareng ya ayok hehe, sesekali bersama Pelengkap Otomotif main bareng, ngopi bareng. Cukup sampai disini dulu ya guys, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya, jangan lupa like fans page kami. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Manfaat Angin Nitrogen Bagi Ban Kendaraan Anda

Monday, October 9, 2017 / 2 Comments
Manfaat Angin Nitrogen Bagi Ban Kendaraan Anda

Manfaat Angin Nitrogen Bagi Ban Kendaraan Anda-Salam otomotif, yuk kembali lagi bersama Saliman yang akan mengulas pengetahuan tentang otomotif. Nah pada hari ini saya akan bertanya kepada anda semua baik pengguna kendaraan roda dua maupun empat. Seberapa pentingkah nitrogen bagi kenyamanan anda ? Apa seharusnya nitrogen wajib untuk setiap kendaraan bermotor , yuk kita simak. 

Yang mendasari orang tertarik menggunakan nitrogen, tak lain adalah warna tutup pentil hijau yang enak dipandang dari pada hitam pastinya. Memang mata manusia lebih bersahabat kalau melihat warna hijau yang akan membuat mata kita lebih sehat. Coba saja anda sesekali keluar dari kesibukan anda dan cobalah menatap dedaunan yang hijau, rasanya pasti indah bukan. Begitupun tutup pentil berwarna hijau akan membuat daya tarik tersendiri, penggunaan nitrogen ditandai dengan tutup pentil hijau. 

Manfaat berikutnya dimana nitrogen lebih sedikit mengandung uap air atau malah tidak ada uap air sama sekali, entahlah yang pasti angin kompresor mengandung uap air yang dapat membuat pelek berkarat. Akan tetapi faktanya pelek-pelek zaman sekarang lebih maju dan canggih bahkan anti karat. Tapi penggunaan nitrogen masih banyak peminatnya dengan alasan tersebut. 

Lanjut, Nitrogen sangat tahan terhadap panas karena lebih stabil untuk pemuaiannya. Yeah, sepertinya memang nitrogen lebih tahan memuai dibandingkan aingin biasa. Manfaatnya tentu saja meminimalisir terjadinya ledakan ban saat kecepatan tinggi dan jalanan yang panas. 

Selain beberapa manfaat diatas, pengguna nitrogen disebabkan kelebihan uang. Iya dunk nitrogen lebih mahal jika dibandingkan isi angin biasa. Karena per ban saja mencapai Rp 12.000 hehe. Mungkin itulah sedikit fakta atau bahkan mitos dari nitrogen. Akan tetapi saya juga pernah pakai nitrogen, mungkin hanya perasaan saja kok enak haha. Semoga bermanfaat, sampai jumpa sampai ketemu lagi, salam otomotif. 

Cara Mengganti Oli Mesin HOnda Beat Yang Baik dan Benar

Thursday, October 5, 2017 / No Comments
Cara Mengganti Oli Mesin HOnda Beat

Cara Mengganti Oli Mesin HOnda Beat-Salam otomotif, balik lagi bersama Saliman admin terkece 2017 haha. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas hal yang sama yaitu seputar dunia otomotif. Tentang cara mengganti oli mesin Honda Beat yang baik dan benar.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengganti oli mesin tersebut ? baiklah anda harus menyiapkan kunci ring 12 maupun kunci shock 12 untuk membuka baut buang, kemudian lap untuk mengelap sisa-sisa oli yang tumpah, corong oli untuk menuangkan oli kedalam mesin.

Setelah itu langkah-langkahnya cukup mudah, ambil kunci 12 tersebut dan cari baut buang dibawah tutup masuk oli sebelah kanan (baut 12). jika sudah terbuka, buka tutup masuk oli agar oli lebih cepat tiris, setelah tiris pasang kembali baut buangnya sampai kencang. Untuk memasang baut buang kembali diharapkan pakai tangan terlebih dahulu jangan langsung pakai kunci dikhawatirkan selek/aus.

Setelah terpasang, tuangkan oli sampai penuh, penuh dalam artian sesuai stick olinya kan ada batas fullnya. Kemdian pasang kembali tutup oli mesin sampai kencang agar oli tidak rembes. Bersihkan sisa-sisa oli yang menetes atau tumpah. Gampangkan hehe.


Gampang banget kan, lain kali tidak perlu kebengkel, ganti sendiri saja dirumah. Proses mudah dan lebih irit tentunya hehe. Semoga bermanfaat ya sahabat otomotif sekalian, jika suka share artikel ini dan ikuti terus Pelengkap Otomotif selalu, sampai jumpa salam otomotif. 

Ciri-ciri Waktunya Harus Ganti Rantai Motor

/ No Comments

Ciri-ciri Waktunya Harus Ganti Rantai Motor -Selamat datang kembali di Pelengkap Otomotif, blog terbaik untuk membahas otomotif yang dekat dengan anda. Hari ini saya akan membahas rantai kendaraan bermotor atau motor yang menggunakan rantai. Tidak perlu khawatir saya membuat artikel tentunya anda juga akan tertarik karena sudah pasti anda mempunyai motor kan dirumah.

Motor yang menggunakan rantai, pastilah mempunyai beberapa hal yang harus anda perhatikan jika rantai anda ingin awet. Beberapa hal tersebut meliputi kebersihan rantai, kekencangan rantai dan pastikan rantai dalam keadaan basah oleh pelumas. Benar, rantai merupakan komponen vital pada sepeda motor karena sebagai penggerak roda. Tanpa rantai mungkin motor anda tidak dapat berjalan kecuali memang motor-motor matic dan motor yang menggunakan teknologi shaff. 

Untuk itu rantai haruslah dalam kondisi terawat ya guys, karena kalau dibiarkan akan berakibat fatal dan itu menyangkut keselamatan anda dalam berkendara. Nah kali ini saya akan memberikan tanda-tanda bahwa anda harus mengganti rantai. Apa saja tanda-tandanya, yuk kita simak saja. 

Yang pertama, rantai mudah kendur. Iya dengan rantai yang sudah dikencangkan atau setel berkali-kali tetapi gampang sekali kendur, itu menandakan rantai motor anda harus segera diganti. Hal semacam ini disebabkan karena mata rantai sudah merenggang dan gear sudah mulai aus. 

Kedua, rantai berkarat. Dengan rantai motor anda berkarat, itu sudah dapat dipastikan rantai kurang pelumas atau jarang dirawat oleh pemiliknya. Segeralah ganti rantai motor anda untuk menjaga keselamatan anda dalam berkendara. Karena rantai yang berkarat akan mudah putus. 

Ketiga, usia rantai. Iya ini mungkin sudah tidak bisa dipungkiri lagi, semua produk punya masa pakai, bahkan kita sendiri kan punya masa hidup yang indah bila saatnya tiba kita akan kembali kepada-Nya. Begitupun rantai yang buatan manusia. Rata-rata umur rantai harus diganti menurut Indonesia Auto Blog adalah setiap 15.000 km, itu artinya setiap 3x anda ganti oli mesin mobil dengan oli sintetik. 

Intinya si kalau rantai motor anda sudah memiliki tanda-tanda diatas sebaiknya diganti. Dan satu lagi rawatlah motor anda seperti anda merawat diri sendiri. SEmoga bermanfaat untuk artikel kali ini, untuk itu ikuti terus, Pelengkap Otomotif. Sampai jumpa sampai ketemu lagi, salam otomotif.  

Cara Mengganti Oli Mesin Honda Vario Yang Baik dan Benar

/ No Comments
Cara Mengganti Oli Mesin Honda Vario Yang Baik dan Benar

Cara Mengganti Oli Mesin Honda Vario-Salam otomotif, yuk jumpa lagi bersama saya Saliman yang akan mengupas tuntas tentang dunia otomotif, tentunya dengan materi yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mungkin seputar kebocoran ban akibat terkena paku, cara mengatasi aki soak, atau cara membuat motor kita semakin cepat hehe. 

Tidak-tidak kali ini saya akan membahas cara mengganti oli sendiri dirumah khusus motor Honda Vario. Nah yang akan kita ganti kali ini adalah oli mesinnya saja. Perlu diketahui oli mesin motor digunakan lebih kurang 2000 km, jadi umumnya penggantian oli mesin motor setiap 2000 km kecuali anda menggunakan oli mobil yang mencapai 5000 km atau oli full sintetik yang mencapai 10000 km. 

Nah dengan saya membuat artikel ini anda akan tahu bagaimana cara mengganti oli sendiri dirumah. Terutama yang baru pertama suka dengan dunia otomotif dan ingin belajar bagaimana cara mengganti oli untuk motorny sendiri tanpa bantuan jasa bengkel. Mengetahui letak baut buang dan tutup masuk pada Honda Vario anda. 

Untuk letak baut buang Honda Vario ada 2 yaitu baut buang yang berisi filter oli atau baut buang yang memang khusus untuk mengganti oli mesin saja tanpa ganti filter. Tapi kalau anda hanya mengganti oli saja tanpa mengganti filter sebaiknya buka baut sebelah kanan motor dibawah tutup masuk oli persis. Kunci yang digunakan adalah kunci 12, rekomendasi kunci shock 12 kalau tidak ada kunci ring 12, jika terpaksa atau kepepet tidak ada keduanya baru menggunakan Pas 12. 

Loh kenapa tidak boleh menggunakan kunci pas 12, karena dikhawatirkan akan membuat baut cepat rusak/aus. Okeylah kalau begitu saya akan menyediakan video untuk anda semua, lebih jelasnya silahkan tonton video cara mengganti oli HOnda Vario dengan baik dibawah ini : 


Nah bagaimana sudah menonton, semoga bermanfaat ya sahabat otomotif sekalian. Jika suka like dunk fans page Pelengkap Otomotif atau SUBSCRIBE Channel kami. Semoga ketemu lagi diartikel berikutnya, sampai jumpa salam otomotif. 

Bahaya Menggunakan Ban Biasa

Tuesday, October 3, 2017 / 4 Comments
Bahaya Menggunakan Ban Biasa

Bahaya Menggunakan Ban Biasa-Salam otomotif, jumpa lagi bersama saya Saliman yang kegiatan sehari-harinya jualan aki dan oli haha. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan bercerita mengenai oli dan aki tapi ada masalah lain. 

Eh tapi ada juga hubungannya dengan aki, bagaimanapun saya jualan aki hihi. Ceritanya begini, saya nganter aki kedaerah Ciledug, Tangerang.  Karena saking semangatnya saya geber itu motor yang buat nganter aki, sampailah ketujuan dengan selamat. kemudian saya mulai mengeksekusi pemasangan aki terhadap mobil si pelanggan. Tidak perlu lama-lama aki sudah terpasang dan mobil hidup dengan kondisi tokcer ehhe. 

Setelah itu, saya berpamitan untuk pulang menuju markas persembunyian, opss toko magsudnya. Saya geber kembali dong kan masih semangat. Sampailah dipasar Lembang yang banyak jualan buah-buahan, dominan si pisang. Disitu tidak apa-apa, maju lagi kearah Pondok Kacang. Pastinya kalau kearah Pondok Kacang kan harus melewati lampu merah setelah pasar lembang. 

Karena lampu masih merah, akhirnya mau tidak mau ya harus mau ikut berhenti meski banyak pengendara yang mencoba menerobos derasnya arus lalu lintas. Singkat cerita lampu sudah kuning dan berganti hijau saya geber itu motor, eh tau-tau goyang dan tidak stabil padahal saya baru angkatan. Ternyata ban kempes, akibat ada paku menancap. 

Untung saya sempat menyadari goncangan itu sebelum motor terlalu kencang. Meski begitu saya hampir jatuh dari motor karena membawa beban sudah begitu motor oleng akibat ban kempes tertancap paku. 

Seandainya saya menggunakan ban tubeless pasti tidak langsung oleng kalau terkena paku, karena saya sudah pernah menggunakan motor Honda Tiger saya dan terkena paku. Jika tubeless angin akan berkurang sedikit demi sedikit, tapi ban biasa langsung habis anginnya. Bayangkan jika anda tertancap paku waktu menikung, wah pasti jatuh saya yakin. Untuk itu demi meminimalisir keselamatan, sebaiknya gunakan ban tubeless serta jangan lupa berdo'a sebelum bepergian. Semoga bermanfaat, sampai jumpa, salam otomotif.