News Ticker

Menu

Fungsi utama aki pada kendaraan

Fungsi utama aki pada kendaraan

Fungsi utama aki pada kendaraan-Salam otomotif, seperti biasanya admin dari pelengkapotomotif.com akan berbagi kebaikan seputar dunia otomotif, khususnya bagi yang masih pelajar, agar membantu dalam meningkatkan ilmu sahabat otomotif sekalian. 

Hari ini saya akan membahas fungsi dari aki yang utama dalam sebuah kendaraan. Mungkin dari kalian sebagian besar sudah pada tahulah ya. Namun bagi yang sudah tahu anggap saja ini hanya pengingat dan bagi yang belum tahu beruntunglah sahabat pelengkapotomotif sekalian.

Langsung saja kita mulai, fungsi utama aki sejatinya ada 3, apa itu ?

Yang pertama, sebagai stater, iya aki akan memberikan arus yang besar dan tegangan yang tinggi untuk menghidupkan mesin melalui dinamo stater terlebih dahulu. Kemudian setelah mesin menyala aki akan kembali menyerap daya listrik yang berlebihan, hal itu untuk menjaga kestabilan kelistrikan dalam sebuah kendaraan. 

Kedua, aki sebagai ignition, menimbulkan bunga api listrik didalam pembakaran cilinder mesin yang membutuhkan tegangan tinggi dan arus yang stabil yaitu aki. Selain itu aki juga dapat berfungsi sebagai pengapian pada kendaraan.

Ketiga, Lighting, memberikan arus yang stabil untuk berbagai macam aksesoris yang ada pada kendaraan seperti : ac, tape, lampu dan lain-lain. Aki jugaberfungsi untuk melindungi instrument kelistrikan tersebut. 

Untuk tambahan, aki berumur kisaran 1.5 tahun sampai 2 tahun itu berdasarkan data  rata-rata pelanggan saya yang sering ganti aki. Baiknya si ganti aki anda ketika sudah sedikit susah untuk distart, misalnya 2 sampai 3 kali stater baru nyala. itu tanda-tanda aki anda lemah atau soak. 

Semoga bermanfaat ya sahabat -sahabat pelengkapotomotif.com, walau pendek tapi ambil ilmunya saja yang bermanfaat. Saya Saliman mengucapkan bnayak terima kasih atas kunjungannya. Dukung dan bantu saya mengembangkan blog ini agar konsisten menulis dan menghadirkan informasi yang bermanfaat. Dengan cara share dan like fans page Pelengkap Otomotif. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Baca juga :

Kapan waktunya kita mengganti dan menguras oli matic ?

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

2 comments to ''Fungsi utama aki pada kendaraan"

ADD COMMENT
  1. tanpa aki, motor rasanya kurang lengkap ya mas, karena aki juga merupakan sumber tenaga listrik suatu kendaraan kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, apalagi aki ituseperi organ vital. Yang jelas males kalau harus ndorong mobil atau ngengkol motor hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM