News Ticker

Menu

Browsing "Older Posts"

Cara menentukan oli yang berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan

Sunday, December 27, 2015 / 2 Comments



Cara menentukan oli yang berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan-Hallo otomotif sejati yang selalu memperdulikan kendaraanya tercinta. Ngomongin kendaraan memang tak ada habisnya, sebentar-sebentar kelaura lagi yang baru. Bosen juga ngikutinnya padahal si uangnya gak ada untuk gonta-ganti kendaraan baik roda 2 maupun 4 hehehe. Itu si Ane aja yang kagak ada uang, kalau agan-agan sekalian pastilah orang yang banyak duit ya, Amin. Emm saya rasa cukuplah untuk basa-basinya kali ini. Kita akan mengupas mengenai cara memilih oli yang tepat bagi kendaraan agan-agan semua. Hal-hal apa saja yang mungkin harus diketahui bagi pemilik kendaraan bermotor. 

Iya benar walau banyak bengkel betebaran disemua pelosok jalan namun kita sebagai pemilik kendaraan juga harus sedikit peduli dan tahu mengenai kebutuhan kendaraan kita. Semua komponen yang ada dalam kendaraan penting, namun ada kalanya kendaraan agan-agan semua salah satu komponennya mendapat perhatian lebih. Pada bagian apa itu?, yap tepat sekali mesin bro.... Berbicara soal mesin tentunya akan sangat berhubungan dengan oli ya. Iya ajalah heh, tapi memang benar mesin adalah jantung motor kita kalau berhenti ya mati. 

Nah tahukah oli apa yang baik untuk kendaraan agan-agan sekalian?, bukan dari merknya saja. Melainkan pemilihan oli itu dari seri olinya juga. Ibarat sekarang agan pakai hape Iphone 3GS, sedangkankan teman-teman semua sudah pakai Galaxy S6, gak mau ketinggalankan ataupun kalah saing tidak sesuai eranya. Padahal tahu sendiri Iphone 3GS buatan Apple dan siapa yang tak kenal merk ternama Apple. Sama dengan oli yang penting eranya mobil tahun berapa dan cocoknya oli yang bagaimana. Langsung saja ini beberapa spesifikasi yang harus agan-agan sekalian tahu mengenai oli yang baik dan sesuai untuk kendaraan. 

1. Tentukan API Service
API (American  Petroleum Institute) merupakan suatu institusi yang berasal dari Amerika yang tugasnya menetapkan grading/level oli menurut service classification untuk mesin bensin. API Service tersebut meliputi kekentalan oli, perlindungan oksidasi, perlindungan keausan, sampai timbulnya kerak pada dinding mesin yang semuanya masuk dalam kualitas oli. Untuk grading yang paling tinggi sekarang adalah SN, dibawahnya juga ada SM, SL serta SJ. Untuk mobil-mobil dengan perakitan tahun 2004 up, maka disarankan menggunakan API SM keatas. 

2. Mengenal JASO
JASO (Japan Automobile Standard Organization) merupakan suatu badan organisasi yang bertugas mengeluarkan standard grading atau level yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli. Standard ini dibuat oleh Japan untuk memenuhi standar oli untuk kendaraan bermotor yang didalamnya terdapat kopling. Untuk JASO sendiri dibagi dua, yaitu JASO MA dan MB. JASO MA (gesekan tinggi), standar oli mengacu pada kendaraan yang memiliki kopling basah. Dan terdapat dalam type cub dan sport. Untuk JASO MB (gesekan rendah), standard oli yang mengacu pada mesin dengan gesekan rendah yang terdapat kopling kering seperti matic. 

3. Pelajari SAE
SAE (Society of Automotive Enginers), merupakan persatuan ahli otomotif dunia yang bertugas menetapkan standar viskositas atau kekentalan (ukuran dari ketebalan lapisan oli yang memungkinkan untuk melewati celah mesin dengan baik) pada suhu 100 derajad celcius dan pada -18 derajad celcius. Jenis SAE yang baik digunakan untuk iklim tropis adalah 10w30 dan 10w40 untuk secara umum. Angka 10 merupakan kekentalan oli yang bekerja pada suhu dingin dan angka 30 atau 40 merupakan sifat oli yang bekerja pada suhu 100 derajad celcius. Untuk oli dengan 10w30 disebut Multi grade dan untuk oli dengan 10w, 20w dan 80w saja disebut monograde. 

Mungkin hanya itu yang dapat ane sampaikan, semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian dalam memelihara kendaraan tercinta. Pelajari selalu tentang oli yang baik untuk kendaraan anda.

sumber: sudutpandang.net

Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai

Wednesday, December 9, 2015 / No Comments
Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai

Salam otomotif...

Hei-hei dari mana saja nie min, dah jarang banget terlihat nie. Maaf sahabatku baru muncul nie kepermukaan dikarenakan sibuk,sibuk dan sibuk dengan urusan pekerjaan off line. Memang sudah terlalu lama tidak update, malah sampai sekarang dibulan Desember belum ada postingan terbaru satupun. 
Namun jangan khawatir, pelengkap otomotif selalu ingat dengan kalian semua. Oleh karena itu hari ini juga pelengkap otomotif akan mempersembahkan satu artikel menarik yang sangat bermanfaat bagi pecinta kendaraan roda dua.

Dan pastinya semua orang mempunyai kendaraan roda 2 ini, termasuk yang tidak suka dengan otomotif harus diperhatikan untuk artikel yang satu ini. Baik tidak perlu basa-basi terlalu panjang. Untuk menebus kesalahan beberapa waktu terakhir ini, sebagai gantinya pelengkap otomotif akan membahas mengenai "Cara merawat rantai motor agar tetap nyaman dan aman dipakai"

Memasuki bulan November,cuaca mulai menunjukkan perubahannya kepada kita semua. Yang semula terlihat terik, sesekali terlihat mendung dan turun hujan. Walau tidak deras, namun hal ini secara tidak langsung akan merubah aktifitas harian kita mulai saat ini. Yang tadinya berangkat kerja tidak membawa mantel, mulai sekarang siapkan didalam tas. Sedia payung sebelum hujan. 

Tak terasa bulan november telah selesai, dan berganti ke bulan Desember atau dapat dikatakan akhir tahun. Dibulan desember ini, cuaca terlihat dominan dengan curah hujan yang lebat. Bukan hanya sedia payung sebelum hujan, namun sekarang sudah harus dipakai setiap hendak berangkat kerja atau beraktifitas. Karena jadwal turun hujan yang semakin lebat. 

Kendaraan mulai dipersiapkan, cek semua kondisi komponen. Berbicara pengecekan komponen kendaraan bermotor, telah dibahas diartikel sebelumnya. Mungkin artikel kali ini bertugas untuk menambahkan saja. Komponen penting selanjutnya yang harus mendapat perhatian lebih adalah rantai.

Rantai merupakan komponen kendaraan roda 2 yang sangat vital, mengapa dikatakan vital?, karena rantai adalah penggerak utama roda dan menjadi kunci keselamatn teman-teman semua. Jika rantai tidak diperhatikan, mungkin akan membahayakan sang pengemudi.Karena dengan kondisi rantai yang kotor dan kering dapat meyebabkan putusnya rantai dalam kecepatan tinggi. 

jika hal itu terjadi pengendara akan baik-baik saja rantai berbaik hati putus dan keluar dari gear. namun sebaliknya akan menyebabkan kecelakaan jika rantai putus dan mengunci gear. Pasti pengendara akan terlempar jauh keluar jalan, dan dapat dibyangkan seperti apa.

Maka dari itu rawatlah rantai teman-teman semua agar aman dan nyaman ketika dipakai. Beginilah cara merawat rantai yang baik.

1. Cuci menggunakan sabun

Dengan mencuci rantai setelah terkena air hujan atau debu dan pasir. Hal ini untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai dan menghindari karat. 

2. Sikat

Ketika dicuci tidak menghilangkan kotoran membandel, maka ambilah sikat gigi yang tak terpakai atau sikat apalah, yang penting dapat menggosok rantai hingga mengkilap.

3. Atur kekencangan rantai

Boros dan tidaknya umur rantai juga dipengaruhi oleh kekencangan rantai, jika rantai terlalu kendor sudah dapat dipastikan akan mudah lepas dan itu membahayakan. Sebaliknya ketika rantai dalam kondisi terlalu kencang akan mudah putus. 

4. Pelumasan

well, cara untuk menjaga keausan rantai adalah melumasi rantai dengan pelumas terbaik. Pilihlah oli yang baik untuk melumasi, jangan pakai oli bekas karena oli bekas mengandung gram-gram sisa pembakaran dan itu sangat kotor. Gunakanlah chain lube bila perlu.

Sedikit ya mengenai tips kali ini, pendek tapi semoga membantu mengingatkan betapa pentingnya keselamatan teman-teman semua dalam berkendara. Selain itu semoga pecinta pelengkap otomotif selalu bahagia, karena mulai saat ini dipastikan ada tips terbaru dan bermanfaat tentunya. Saya seaku admin blog ini menerima kritik dan saran, bahkan menerima reques artikel. Jika tertarik dapat reques dan komentar dibawah, terima kasih.

Sumber: Saliman





Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor

Wednesday, December 2, 2015 / 6 Comments
Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor


Apa saja yang harus dicek sebelum bepergian menggunakan motor-Sahabat Pelengkap Otomotif yang saya cintai dan hormati, ketemu lagi akhirnya setelah sekian lama tidak update mengenai perkembangan otomotif terkini. Tapi Pelengkap Otomotif tidak ingin membahas yang berat-berat kali ini. Tema ringan namun bermanfaat bagi teman-teman semua yeng ingin bepergian keluar kota menggunakan kendaraan bermotor.

Apa saja si yang harus dipersiapkan, ini dia kita mulai dari diri kita sendiri yang prima pastinya, sediakan obat-obatan yang diperlukan kalau memang teman-teman membutuhkannya dan bawa vitamin untuk menambah daya tahan tubuh.

Setelah kondisi teman-teman prima, tinggal motornya yang perlu diperhatikan dan bawa kelengkapan lainnya, sebagai berikut:
  1. Rem, rem merupakan komponen pada semua kendaraan baik bermotor maupun non motor. Rem sendiri merupakan komponen sebagai penunjang keselamatan vital. Periksalah kampas rem terlebih dahulu, jangan sampai kehabisan kampas remnya bisa berabe ntar.
  2. Ban, ban juga penting untuk kita perhatikan mulai dari tekanan angin dan ketebalan ban. Karena ban yang kempes akan membuat motor menjadi berat saat akselerasi dan ketidak stabilan saat menikung. Begitu juga dengan keausan roda akan sangat berbahaya jika ketika melewati jalan licin dan mengeremnya. Jadi ban harus diperhatikan juga
  3. Oli, adalah pelengkap kendaraan yang berfungsi untuk pelumasan gear terutama bagian mesin. Keawetan mesin salah satunya adalah pergantian oli secara rutin. Apalagi teman-teman akan melaksanakan perjalanan yang jauh sampai keluar kota, maka pastikan oli telah diganti dengan yang baru.
  4. Bensin, ini sepele namun ketika teman-teman melakukan perjalanan malam dan melewati tempat yang sepi misal tidak ada tukang jualan bensin. Disaat itu motor berhenti gara-gara kehabisan bensin, kan bisa berabe urusan.Maka dari itu perikasalah bensin sebelum bepergian apalagi dengan jarak yang jauh.
  5. Surat-surat kendaraan, bagi yang nantinya tidak ingin berurusan dengan Polisi diharapkan membawa surat-surat kendaraan yang lengkap seperti: STNK dan SIM serta KTP untuk jaga-jaga. Apalagi perjalanan siang pasti banyak sekali razia.
  6. Kunci-kunci, jalanan banyak sekali yang rusak hingga body motor kita pasti bergetar terus menerus. Baut dan mur pasti banyak yang kendor. Tak inginkan gara-gara masalah sepele perjalanan terganggu. Dengan menyiapkan kunci-kunci dan obeng mungkin akan dapat membantu ketika motor mengalami kerusakan yang kecil gara-gara mur lepas.
  7. Uang, hidup untuk uang kadang sebagian orang berkata begitu. Memang uang bukan segalanya namun segalanya butuh uang itulah kata-kata bijak yang sering terucap. Memang benar dalam persiapan berkendara jauh pastikan anda membawa uang. Ini untuk antisipasi teman-teman mengalami kejadian-kejadian yang tdak diinginkan semisal: ban bocor, bensin habis, lapar dan sebagainya.
  8. Hand Phone, wajib sekali, jangan sekali-kali teman-teman pergi meninggalkan hand phone. Kerena jika memerlukan bantuan dapat menghubungi teman, kerabat ataupun Polisi jika memang keadaan gawat.
Itu 7 persiapan yang harus dilakukan. Tak banyak bicara mungkin itu sedikit tips untuk berkendara luar kota yang jaraknya cukup jauh. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Ikuti selalu Pelengkap Otomotif dan jangan lupa Join Site untuk mengikuti perkembangan dari Pelengkap Otomotif .
Salam Otomotif.


Tips berkendara diwaktu hujan_maintenance kendaraan

Monday, November 16, 2015 / 9 Comments
 

Tips berkendara diwaktu hujan_maintenance kendaraan-Jika beberapa hari yang lalu Pelengkap Otomotif membahas tentang tips berkendara jarak jauh, maka kali ini akan membahas tips berkendara diwaktu hujan. 

Memasuki bulan November cuaca yang sebelumnya sangat terik, sekarang berubah menjadi teduh dan sering hujan. Bagi yang tinggal dikawasan jakarta mungkin was-was rasanya jika turun hujan terus menerus. Karena volume air yang ada di sungai semakin tinggi dan mungkin terjadi banjir kalau sampai penuh.
Oleh karena itu anda harus menyiapkan diri terlebih dahulu untuk menghadapi cuaca dan kondisi yang buruk. Jaga selalu kesehatan anda. Sepertinya bukan hanya soal banjir saja yang akan terjadi, dengan kondisi jalanan yang licin para pengendarapun harus hati-hati dalam mengemudikan kendaraan. 

Untuk itu kami ingin memberikan tips untuk anda dalam mempersiapkan dan berkendara diwaktu hujan, antara lain sebagai berikut:

  1. Lampu, ceklah lampu kendaraan anda mulai dari lampu belakang sampai depan. Pengecekan lampu utama, sen, rem dan lampu kota. Pastikan semuanya menyala, karena dalam waktu hujan jalanan akan tertutup oleh kabut dan air hujan. Sehingga pandangan kita akan terhalang.
  2. Nozzle Washer, berfungsi untuk menyemprotkan air wiper ke kaca. Dengan tak berfungsinya Nozzle Washer maka kaca akan kurang bersih akibat terkena air hujan.
  3. Karet Wiper, menyapu air hujan yang menempel pada kaca. Jika karet wiper rantas maka untuk meyapu kaca kurang maksimal. Alhasil kaca malah buram dan pandangan akan menjadi tidak jelas. maka dar itu ganti karet wiper apabila sudah mulai rantas.
  4. Ban, kondisi jalan yang licin akan membutuhkan ban yang mampu mencengkram aspal dengan baik. Belum ditambah lumpur yang dapat mengakibatkan ban slip. Untuk menangkal hal itu, maka diperlukan ban yang baru dan tentunya memiliki ulir yang baik untuk mencengkram jalanan. 
  5. Kaca Mobil, hal utama yang harus diperhatikan. Dengan demikian maka kondisi penglihatan kita terhadap jalan akan lebih jelas. Sediakan kanebo untuk membersihkannya dari dalam ketika hujan.
  6. Kecepatan, salah satu faktor keselamatan adalah kecepatan yang standard. Dilarang mengemudikan kendaraan dengan kencang ketika hujan. Karena dalam kondisi hujan kendaraan akan lebih sulit untuk dikendalikan. 
Mungkin sedikit tips saja untuk menjaga keseleamatan kita dalam berkendara diwaktu hujan. Semoga bermanfaat untuk kita semua-Tips berkendara diwaktu hujan_maintenance kendaraan

Honda Tiger Revo 2013 Saat Menanjak ke Dieng

Thursday, October 8, 2015 / 8 Comments

Honda Tiger Revo 2013 Saat Menanjak ke Dieng-Pagi ini hujan turun deras sekali ane yang udah siap-siap menuju dieng pada tanggal 7 November ane bangun pukul 05.00 wib menuju kamar mandi ,mengambil air wudhu dan melaksanakan kewajiban sebagai orang beragama islam. Mandi pun usai,2 potong roti masuk perut ditambah segelas susu mantab bro...

bersama teman eh harus nunggu beberapa jam untuk menunggu hujan reda. Dua jam berlalu,hujan mulai tak terlihat lagi hanya tetesan-tetesan air lembut yang terjatuh dari langit. Ane ambil helm yang ada di kamar,panasin sang harimau. Selama 5 menit harimau ane udah berolahraga sedikit lumayan buat pemanasan. Persiapan selesai,yah gak butuh waktu lama langsung tancap menuju rumah sobat Ane.Hahahaha asem sampe sana malah sobat ane belum mandi,padahal udah siang . Tapi okelah gak apa-apa ane tungguin aja dia mandi. Sambil nungggu sobat ya ane ngobrol aja ma tetangga,ya maklum lama gak bertemu secara ane kan habis dari kota hahahaha ( sombong ceritanya )he. Waktu menunjukan pukul 09.00 wib semua persiapan selesai menuju Dieng. Disinilah ane mulai bercerita tentang My Honda Tiger Revo 2013. Perjalanan dimulai dari Adiwarno ,setelah keluar jalan raya ane tancap dengan kecepatan 60km/jam di persenelimg 3,enjoy banget bro sampai Rangkah. Disini banyak lubang ,kecepatan pun diturunkan. Honda Tiger dengan shock absorber ganda ditambah tabung angin memang sangat cocok untuk jalan tidak rana akan menambah kenyamana pada pengendara baik yang diboncengnya.




Saat tiba dijalan lurus tepatnya gumawang menuju polsek ane tarik tuh macan besi hingga mencapai kecepatan 80 km/jam, Tapi ane lagi-lagi gak terasa udah lari 80 km/jam,soalnya kalau pake motor bebek sama aja kecepatan 60km/jam diperseneling 4. Itu artinya Tiger dibawa ngebut lopun kecepatan tinggi tapi tetap stabil akibat bodi yang berat 137 kg berat kosong,apalagi ane udah fullin tuh macan tambah jos pokoknya. Kayaknya motor hanya modal cepat saja kurang nendang,apalagi yang mempunyai rumah dipegunungan. Hanya punya skill tancap gas siap-siap aja gan harus memilih antara 2 pilihan,rumah sakit atau kuburan,hehe bercanda gan. 

Untuk menuju Dieng ane sendiri memilih cirkuit yang mempunyai banyak tanjakan dan turunan curam. Yah maklum ane suka yang nanjak-nanjak gitu daripada harus ngebut dijalanan,nabrak orang berabe urusanya,lain lagi kalau di cirkuit resmi hahaha. Pertama-tama ane harus menaklukan tanjakan sempor untuk menuju banjar negara. Tanjakan sempor itu sebenarnya sama saja dengan cirkuit menuju menganti,hanya saja jalanya lebih sempit juga jalanya ada yang rusak,akan sangat berbahaya.

 Pada saat menanjak ane si tenang-tenang saja dan enteng pastinya dengan hanya masuk perseneling 2 kita bisa nanjak dengan santai ,sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan mengobrol. Itu berkat gear belakang yang dimiki Macan basi ane besar,ukuran standard Tiger biasanya si pakai 41 dan didukung torsi 200cc yang akan menambah daya serang sang macan dalam tanjakan. Semua tanjakan sempor telah dilewati satu per satu dengan mudah tanpa gendala apapun. Walau begitu untuk sekedar info,dalam menanjak tidak cukup hanya gear besar dan cc besar tapi lebih kecepatan dan ketepatan saat pindah perseneling ,mental dan skill.

Rintangan menanjak telah dilawati,kini keluar kejalan raya kabupaten banjar negara. Disini jalanya lurus,lebar dan panjang sampai wonosobo, ditambah lumayan sepi lagi pas buat mengetes kecepatan berlari sang macan. Tanpa ragu langsung tancap gas dengan semangat,ya ane si gak suka ngebut seperti yang ane bilang sebelumnya. Ane cuma masuk perseneling 5 dengan kecepatan 110 km/jam itupun RPM masih naik serta belum juga masuk perseneling 6.

 Yah tpi ane seterusnya cuma bertahan disitu takut tidak bisa mengendalikan. Belum lama ane menikmati jalanan yang mulus hujan turun kembali mebuat aspal basah hingga anu mengurangi kecepatan menjadi 80km/jam. Untuk info tarikan Tiger sangat ringan karena didukung gear besar dan cc besar,akan lebih menghasilkan kecepatan tinggi kalau diganti gear yang lebih kecil. Tapi hal itu secara tidak langsung akan memakan rantai,parahnya bisa putus saat menarik gas soalnya cc besar dengan gear kecil akan menghasilkan putaran yang sangat tinggi. Ditambah saat berboncengan,sayang rantainya. 

Tak terasa jalan lurus pun berakhir hingga kami berdua melanjutkan perjalanan melalui sebuag gang dihiasi penunjuk arah bertuliskan dieng. Tantangan menuju dieng dimulai. Cirkuit yang penuh tanjakan sudah terlihat,wao jalan isinya cuma menanjak tiada henti. Tapi tidak masalah bagi macan basi ane ,berkat gear besar tadi rata-rata ane hanya memainkan perseneling 2 ,3 bahkan sampai 4  dengan kecepatan 70 km/jam,itu dtankan gan bayangkan..hahaha lebay. Tapi tidak itu serius gan. Tanjakan menuju dieng itu tiada henti kurang lebih kita menanjak hampir 45 menit,untuk menanjak saja. 

Bagi anda yang ingin menanjak ke dieng harap mengisi bensin sampai full dan jangan menggunakan motor matic apalagi berboncengan itu sangat berbahaya. Karena pada saat ane menanjak didepan ane ada yang menggunakan motor matic mio. disitu ane lihat keluar asap dari pinggir ban,eh ternyata fen bellnya kebakar karna gak kuat dan hampir putus.



Ini adalah tantangan terakhir yang harus ane hadapi tanjakan paling curam yang pernah ane lalui,tidak ada pembatas jalan dan langsung belok lagi sampai macan besi ane pindah ke perseneling 1,disitu ane perasaananya gak karuan udah didepanya truk lagi. Yang ane takutkan truknya berhenti ane ikut berhenti.masa harus kakinya trun tanah gak mungkin,kan ane kecil dan motornya berat.yang ada gak kuat nahan motor jatuh dweh kebawah mau jadi apa ntar. Dalam kondisi itu ane menenangkan diri tetep dibelakang truk dengan jarak 2 meter,ane ambil kanan. Ane tarik buat nyalip eh didepanya jga ada mobil berlawanan arah,tapi lagi-lagi Tiger memang asik buat menanjak,susul truk dengan mudah.Kami berdua tenang. Habis menanjak itu,kami lega berjalan santai sambil melihat perkebunan kobis/kol didukung suhu yang sangat dingin dan hujan turun sangat deras. Sialnya setelah lama sekali tak kunjung sampai,ternyata malah salah jalan dan menuju wonosobo. Terpaksa ane berdu kembali lagi. Tapi akhinya sampai juga di Dataran tinggi Dieng. Kami langsung pesan secangkir kopi ditemani nasi goreng,mantab setelahnya menikmati candi dan pemandangan dengan suhu yang sangat dingin

Tunggu kisah pulang kami dari Dieng,dan tidak kalah seru dengan berangkatnya... see you...




Kawasaki z250 motor naked dari Kawasaki

Wednesday, October 7, 2015 / 17 Comments
Kawasaki z250 motor naked dari Kawasaki

Kawasaki z250 motor naked dari Kawasaki-Hallo otomotifmania kali ini pelangkap otomotif akan membahas sedikit tentang tentang motor sport yang satu ini. Dikelas ini vendor yang akan dibahas yaitu Kawasaki ,benar Kawasaki merupakan pabrikan motor sport yang terkenal didunia. Dan untuk produk yang akan dibahas merupakan motor sport yang berada dikelas 250 cc.Tak perlu lama-lama gan mari lihat ulasan dibawah ini cekidot.

Kawasaki Z250 merupakan motor dengan spesifikasi gahar dan powerfull. Bagi anda yang berbadan besar lebih dasarankan menggunakan motor ini.Mengapa,karena dimensi motor ini berukuran sangat besar dan lebar dibanding motor-motor sport kelas 150 cc. Dimensi bodynya sendiri berukuran 2.010 x 750 x 1.025 mm dan memilki berat 168 kg. Dibalik body besarnya Kawasaki Z250 menyimpan berbagai kelebihan dan kekuatan. Nah untuk menambah kegarangan dan kenyamanan,motor ini menggunakan 37 mm telescopic fork suspensi depan dan bottom-link uni-trak with gas charged shock and 5-way adjustable preload pada suspensi belakangnya. Dengan begitu selain kenyamanan shock depanya terlihat gagah pastinya dengan ukuranya yang besar. Masih dibagian kaki kaki,tapi kita akan lanjut ke ukuran bannya,mari kita tengok.

Ukuran ban yang dipakai Kawasaki Z250 110/70-17 M/C (54S) depan dan 140/70-17 M/C (66S) belakang. Dengan ukuran ban yang cukup lebar,Kawasaki Z250 akan semakin menapak ditanah dan safety saat menikung. Dan untuk penggunaan rem nya Kawasaki Z250 menanamkan rem single 290 mm petal disk with dual piston caliper pada bagian depan dan pada bagian belakang dibekali single 220 mm petal disk with dual piston caliper. Untuk jenis rem seperti ini diharapkan oleh pihak kaawasaki mampu menjaga keselamatan pengemudi. Bagian bawah kaki-kaki sudah terkupas selanjutnya menuju mesin.

Type mesin 4-stroke liquid cooled parale twin,menjadi pilihan yang pas bagi Kawasaki Z250,karena dengan cc yang besar akan menghasilkan tenaga yang besar pula ditambah double piston menjadikan motor ini semakin kencang saat berlari. Dengan begitu daya maksimum yang dihasilkan 11.000 rpm dengan torsi maksimum 10.000rpm. Untuk transmisinya sendiri Kawasaki mempunyai langkah yang sama dengan motor-motor sport lainya 1-N-2-3-4-5-6 dengan kopling type wet multi disk. Selain mesin yang berteknologi terkini dan canggih,Kawasaki Z250 sudah injection (28mm x 2) with dual thottle valves. Dengan begini Kawasaki Z250 lebih sempurna ditambah digital sistem pengapian. 

Kawasaki Z250 dengan gaya street fighternya ,motor ini sangat pas untuk diajak perjalanan jauh,apalagi ditambah ukuran tangki yang mempunyai kapasitas sampai 17 liter. Jadi Kawasaki Z 250 tidak perlu sering-sering berhenti di pom untuk minum he. Nah gan itu dia sedikit ulasan mengenai Kawasaki Z250,anda tertarik untuk meminangnya.


New Honda Jazz Mugen generasi terbaru Honda Jazz

Sunday, September 27, 2015 / 18 Comments
New Honda Jazz Mugen generasi terbaru Honda Jazz



New Honda Jazz Mugen generasi terbaru Honda Jazz-Hallo Otomotif mania,kali ini saya dari team pelengkap otomotif akan membahas sedikit tentang produk keluaran baru dari salah satu vendor mobil terkenal didunia yaitu honda. Apa si produk terbaru yang ditunggu-tunggu itu. Yups benar sekali New Honda Jazz Mugen,mobil ini merupakan model hatchback. Dan merupakan evolusi dari Honda jazz RS sebelumnya. Honda jazz mugen pun nantinya akan memilki 2 type yaitu RS dan S,dua type tersebut tentunya memilki spesifikasi yang berbeda. Khusus untuk type RS memiliki chrom dekat lubang angin dan cladding chrom pada bawah kaca belakang.Untuk Type RS juga mempunyai model lebih sporty dan lebih renponsif. New Honda Jazz ini juga masih disokong mesin yang sama 1500 cc dan type S 1300 cc yang membuatnya bisa diajak lari kencang dijalanan.Dengan pelek multispoke 17 membuatnya semakin gagah baik saat berhenti dan melaju.


Itulah sedikit ulasan dari kami yang secara keseluruhan mengalami banyak perubahan dari Honda Jazz RS. Untuk saat ini new Honda Jazz sudah tersedia di Jakarta ,bagi para penggemarnya sudah dapat memesanya di dealer-dealer terdekat dan terpercaya. Sebagai informasi ini dia harganya untuk wilayah jakarta.




Fungsi filter oli untuk kendaraan

Monday, September 21, 2015 / 4 Comments
Apa fungsi filter oli untuk kendaraan


Apa fungsi filter oli untuk kendaraan-Ketemu lagi bersama saya Saliman. Setelah kemarin saya rewiew beberapa oli shell helix kini saya akan membahas tentang filternya. Tahukah anda filter oli juga berperan penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Tanpa filter oli,mesin akan gampang sekali kemasukan kotoran yang mengakibatkan mesin memiliki umur pendek.

Fungsi dari sebuah filter oli tak lain untuk menyaring kotoran yang masuk kedalam mesin dan juga sebagai pembantu peredaran/sirkulasi oli kedalam celah-celah mesin. Adapun masa pakai filter oli,yaitu 10.000 km atau penggantian oli setiap dua kali ganti oli mesin. Jika dalam pergantian filter oli melebihi 10.000 km ,yang ditakutkan kotoran-kotoran yang tersaring difilter semakin banyak dan akan mengakibatkan penyumbatan pada filter oli. Jika sudah terjadi penyumbatan difilter,maka tekanan yang ditembakan ke mesin jadi kurang power full. Akibatnya pelumasan pada mesin kurang maksimal.

Perlu diketahui yang satu ini. Bahwa filter oli terbuat dari kertas yang sensitif akan zat cair. Sebaiknya lakukan penggantian filter oli setiap dua kali ganti oli atau ketika sudah mencapai 10.000 km. Ini yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan.Ketika akan mengganti oli mesin yang berbeda dari sebelumnya,tapi belum mencapai 10.000 km. Anda juga diwajibkan untuk ganti filter oli. Kenapa harus begitu??pertanyaan yang bagus kawan. Dikarenakan oli yang sebelumnya itu tidak sama grade dan bahan additif yang dikandungnya dengan oli mesin yang sekarang. Apabila sampai tercamput akan mengakibatkan pelumasan kurang bekerja secara maksimal dan mesin mungkin akan terasa tidak nyaman dipakai






Ciri-ciri Shock Absorber rusak

Saturday, September 19, 2015 / 4 Comments
Ciri-ciri Shock Absorber rusak

Ciri-ciri Shock Absorber rusak-Hai sahabat pelengkap otomotif, bagaimana kabar kalian?,sehat pastinya. Senang rasanya dapat berjumpa lagi dengan teman-teman semua dalam keadaan sehat. Kali ini Pelengkap otomotif akan berbicara mengenai salah satu komponen peredam dalam kendaraan yang sebelumnya telah kami singgung. Mungkin kali ini akan kita bahas mengenai Ciri-ciri Shock Absorber rusak.
Saya yakin teman-teman telah mempunyai kendaraan bermotor, saya yakin sekali dan kalau yang belum punya admin doakan cepat punya ya , amin. 

Untuk itu kami ada disini, pelengkap otomotif akan menemani dalam merawat kendaraan teman-teman semua. 

Baiklah inilah ciri-ciri Ciri-ciri Shock Absorber rusak :

1. Mobil tidak stabil

Hal ini disebabkan goncangan dari jalanan yang tidak rata. Ketika roda menerima getaran dari jalanan maka sebagian kecil getaran tersebut akan diredam oleh ban. Getaran yang diredam oleh ban sekitar 3% dari seluruhnya. Selanjutnya untuk 97% lagi getaran akan diredam sepenuhnya oleh Shock Absorber. Nah disini peran Shock Absorber sangat penting sekali. Ketika shock Absorber lemah 97% getaran mungkin akan diredam 10% saja. Tinggal 87%, kemana?. Dengan begitu teman-teman dapat berfikir kamana sisa getaran tersebut akan diteruskan, karena Absorber rusak. Tentu saja ke body, maka seketika body yang telah menerima getaran tadi sontak akan tergoncang dan baik pengendara maupun penumpang akan kaget dan Shock.

2. Setir Bergetar

Ini merupakan efek dari Ciri-ciri Shock Absorber rusak yang sudah saya jelaskan di no. 1

3. Pengereman tidak stabil

Ketika Shock Absorber lemah atau rusak bukan tidak ada peredaman namun peredaman tidak sempurna. Mobil berlari kencang dan menginjak lubang dan tiba-tiba didepan ada seseorang menyebrang jalan otomatis anda akan mengeremnya bukan, Dengan Shock Absorber yang tidak dapat meredam getaran atau lemah akibatnya cengkraman ban akan berkurang terhadap jalan. Nah ketika itu pengereman menjadi tidak stabil karena peredaman yang dilakukan Shock Absorber sangatlah lama, daya cengram ban ke aspal untuk menguatnya juga lama. Beda dengan Shock Absorber baru yang daya redamnya begitu cepat dan sempurna membuat daya cengram ban sangat kuat dan selalu menempel aspal layaknya spiderman.

4. Kandas

Dengan Shock Absorber yang lemah maka tampilan body mobil akan terlihat lebih rendah dari pada sebelumnya. Itu karena Shock Absorber tidak cukup kuat untuk menahan berat badan mobil itu sendiri aplagi menahan berat badan anda dan kerabat anda dalam satu mobil. Maka ketika melewati polisi tidur bisa-bisa kandas dan menimbulkan kerusakan lain.

5. Permukaan ban tidak rata

Jelas tidak rata, kan peredaman tidak sempurna membuat mobil bergoyang-goyang. Total ban akan menjadi tumpuan dari segala berat beban dan medan jalanan.karena Shock Absorber rusak maka mobilakan berjalan miring sesuai tekanan roda yang anda isi. Jika bagian kanan diidi angin 35 dan sebelah kiri hanya 34 maka secara otomatis beban akan terahlihkan ke bagian kiri. Hal ini tentu tidak akan anda sadari bukan karena memang anda tidak mau memperhatikan kesehatan Shock Absorber.

Begitulah teman-teman Ciri-ciri Shock Absorber rusak, mulai sekarang coba perhatikan lagi kendarran anda, jangan sayang-sayang dengan uang anda. Karena bagaimanapun juga kendaraan anda sangat berjasa dalam mencari uang, maka dari itu rawatlah.

Semua yang dirawat dan diperhatikan dengan baik maka dia akan baik kepada kita entah benda hidup atau mati. 

Jika kita merawat benda mati menyayangi meraka, maka mereka akan sayang kepada kita. Contoh ketika anda merawat hape, maka hape betah sama anda dan tidak cepat rusak, mereka tidak ingin tergantikan dan selalu ingin menjadi yang terbaik untuk anda. Selain itu anda juga akan berhemat karena tidak melulu gonta-ganti hape bukan,

Ketika anda mencintai makhluk hidup, sudah pasti anda mengerti tidak perlu saya jelaskan lagi.

Semoga berguna, kita adalah sahabat otomotif saling menjaga dan membantu. Saya Saliman, thank for visit my blog. Follow this site, okey hehe




Honda Tiger Revo 2013 menuju waduk sempor

Tuesday, September 15, 2015 / No Comments


Honda Tiger Revo 2013 menuju waduk sempor-Waduk Sempor merupakan salah satu waduk yang populer di kabupaten Kebumen, airnya yang jernih serta pemandangan alam yang indah menambah suasana waduk menjadi lebih berwarna. Nah untuk hari minggu senin tepatnya saya libur dan ada rencana untuk mengambil motor di rumah.


Karena harus mengendarai dari Kebumen sampai Tangerang, maka saya putuskan untuk mengajak teman saya yang bernama Thio Sanggara. Setelah melakukan persiapan kami berangkat ke Kebumen sabtu malam dan hampir saja ketinggalan bus.

Ya benar hampir tak ada bus yang menuju Kebumen, itu semua karena kami datang kepangkalan bus kemalaman. Namun akhirnya dapat juga busjurusan Purwokerto, lumayan dari pada tidak sama sekali. Dan berangkatlah menuju Kebumen dengan penuh semangat.


Yeah,...singkat cerita tiba diterminal Purwokerto pukul 06.18

Napaknya terlalu siang kami sampai di Purwokerto, karena berdasarkan pengalaman sampai pukul 04.30.

Honda Tiger Revo 2013 menuju waduk sempor

Setibanya di Purwokerto sebelum turun dari angkutan umum ada seorang ibu-ibu yang secara tiba-tiba mengejutkan saya sebagai penumpang. Bagaimana tidak tiba-tiba ibu-ibu itu mengambil uang dan memberinya kepada teman saya. Teman saya tidak mau, eh malah dimarahin hahaha gak jelas banget memang itu ibu-ibu.


Belum lagi saya juga ikutu dimarahin karena bibir saya kering dikira kurang minum. Pokoknya perhatian banget sama kita, wah tapi kenal juga tidak kami hanya bengong haha

Setelah kejadian itu kita turun dan berganti dengan bus lain jurusan semarang, namun karena Gombong juga satu arah dengan semarang maka kami putuskan untuk naik itu mobil


Sampai Gombong juga....

Turunlah kami dari Bis tadi, sebelum mencari angkutan menuju Adiwarno kami selfie terlebh dahulu hehe. Singkatnya kami telah tiba di rumah dan cuci muka serta menikmati hidangan sederhana sebelum akhirnya jalan-jalan.

Sempor....


Sempor adalah tujuan untuk hari minggu pagi yang seharusnya kepantai Suwuk namun tidak jadi karena terlalu siang. Sebelum berangkat tentunya Honda Tiger dikasih sedikit olahraga untuk pemanasan. Setelah usai barulah kami manaiki sang macan besi.

Keluar rumah,masuk jalan aspal langsung gas pol..., perseneling 1,2,3,4 dan 5 secara berurutan telah masuk. macan berlari sangat cepat. Melesat bagai angin yang bertiup kencang menyelusupi sela-sela dedaunan.

Dengan hanya hitungan menit kami sampai juga di Waduk Sempor.


Namun sayang....

Waduk yang biasanya airnya sangat banyak, sekarang surut karena kemarau. Apalagi motor tidak boleh masuk terpaksa kami palkir diluar dan orangnya saja yang masuk hehe.

Bagi yang mau datang ke waduk sempor silahkan datang terlebih dahulu ke Kabupaten Kebumen Beriman- Kec.Gombong- Kec. Sempor.

Salam Otomotif..





3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti

Monday, September 7, 2015 / No Comments
3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti

3 filter yang ada dalam mobil anda_perlu diganti-Hai sahabat otomotif yang selalu dihati, tunjukan semangat anda untuk merawat kendaraan anda. Tidak usah pusing dengan perawatan tersebut, mulai perhatikan dari hal yang terkecil. Seperti filter pada mobil anda. Mungkin kelihatannya kurang berefek besar secaralangsung namun kedepannya pasti akan ada dampaknya yang serius. Mulailah rawat filter yang ada di mobil anda. 

Filter apa sajakah itu...?

Yups benar sekali di mobil anda terdapat 3 filter yang mempunyai fungsi masing-masing. Filter oli, udara dan AC.

Sebelum membahas mengenai filter udara, filter AC dan Filter oli, alangkah baiknya kita mengetahui apa fungsi filter dan apa dampaknya ketika filter tidak diganti secara berkala. 

Filter merupakan sebuah komponen/aksesoris pada mobil yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang dihasilkan oleh sisa pembakaran maupun debu jalanan yang membandel. Filter-filter tersebut wajib anda ganti secara rutin untuk menjaga kesehatan mobil anda dan pastinya untuk menjaga kesehatan anda tersendiri.

Filter udara

Filter udara merupakan komponen yang terletak bedekatan dengan mesin mobil. Fungsi filter udara yaitu untuk menjaga ruang bakar agar tetap bersih dari kotoran ataupun debu.

Kok bisa...?

Ingat kembali mengenai pembakaran pada mesin, selain bensin udara bersih juga sangat berguna dalam berlangsungnya sebuah pembakaran pada mesin. Nah sini peran filter udara, yang berfungsi menyaring udara yang dibutuhkan ruang bakar.

Akibat jika filter udara tidak diganti, ruang bakar menjadi kotor, oli juga cepat kotor selain itu tarikan mobil juga semakin berat. Karena semakin beratnya tarikan mobil maka bensinpun menjadi boros.

Maka itu gantilah filter udara setelah mencapai 20.000 km dan berlaku untuk kelipatannya.

Filter AC

Filter AC sejatinya tidak ada bedanya dengan filter udara yang sama-sama berperan untuk menyaring udara agar tetap bersih. Bedanya jika filter udara menyuplai udara kemesin bakar, maka filter AC bertugas memastikan udara yang kita hirup saat berada didalam mobil bersih.

Bahan yang digunakan untuk filter AC lebih tipis dari filter udara maka cara membersihkannya juga harus lebih hati-hati, bisa-bisa robek. Penggantian filter AC juga sama seperti filter udara setiap 20.000 km atau kelipatannya.

Apa akibat jika kita tidak mengganti filter AC..?

Ketika filter AC tidak diganti maka anda dapt membayangkan udara yang ada dalam mobil kotor kemungkinanbesar akan menimbulkan penyakit untuk dalam jangka panjangnya. Belum ketika anda mempunyai buah hati yang seharusnya anda lindungi. 

Nah untuk melindungi keluarga kita dari serangan udara kotor maka gantilah filter AC anda secara teratur.

Filter Oli

Filter oli merupakan komponen yang berada dekat sekali dengan mesin sama halnya dengan filter udara. Namun untuk fungsinya sendiri sangat berbeda dengan filter udara maupun AC. 

Fungsi filter oli adalah menyaring kotoran pada oli yang sedang bersirkulasi ketika mesin mobil menyala. Ketika oli dalam keadaan bersih maka kenyamanan akan anda dapatkan. Membuat mesin terawat juga.

Penggantian filter oli dilakukan setiap 10.000 km atau setiap 2 kali ganti oli mesin dengan syntethic biasa, namun jika anda menggunakan oli fully syntethic maka setiap ganti oli harus ganti filter. 

Akibat tidak digatinya filter oli dalam jangka yang lama.

- Oli cepat kotor
- Akan terjadi penyumbatan pada filter sehingga sirkulasi dari oli akan terganggu
- Perlindungan oli terhadap mesin tidak maksimal

Mungkin ini yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu anda untuk lebih memperhatikan filter pada mobil masing-masing. Dan lakukan penggantian filter-filter dengan teratur. karena kenyamanan dan kesehatan adalah milik anda dan maka dari itu jagalah. 

Kami admin Pelengka Otomotif mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dan jika ada kekukurangan dapat menambahkannya melalui komentar. Salam otomotif...




Jenis-jenis shockbreaker KYB-Otomotif

Wednesday, September 2, 2015 / 113 Comments
Jenis-jenis shockbreaker KYB-Otomotif

Jenis-jenis shockbreaker KYB-Otomotif-KYB merupakan sebuah pabrik terbesar di Indonesai yang memprosuksi shockbreaker berkualitas dan mempunyai standard OEM (Original Equipment Manufacturer). Untuk produk KYB sendiri digunakan hampir seluruh produk kendaraan bermotor baik kendaraan roda 4 maupun roda 2. Seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubisi, dsb, untuk motornya sendiri digunakan antara lain Yamaha, Vespa, Daytona dan masih banyak lagi.


Untuk alamat kantor pusatnya terletak di Jl. Pegangsaan Dua, Km 2.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara,14250 Indonesia.

Sedikit mengenai profil PT. KYB Indonesia, selanjutnya Pelengkap Otomotif akan membahas mengenai 3 jenis  Shock Absosrber untuk mobil dari KYB. Diantaranya ada KYB Premium, KYB Ultra dan KYB Excel-G. 

Sebelum kita mulai membahas 3 produk shockbreaker KYB terseburt, adakalanya kita mengetahui kapan kita harus ganti Shockbreaker untuk kendaraan kita. Nah kapan waktunya kita ganti, atau bagaimana ciri-cirinya?,baik kita simak dibawah ini:

1. Km sudah mencapai 60.000, maka anda harus sudah lebih perhatian lagi terhadap mobil terutama shockbreaker.

2. Ban mengalami keausan yang tidak sama, misal botak bagian luar maupun bagian dalam, hal itu disebabkan oleh ayunan body mobil yang tidak stabil terhadap jalanan yang kurang rata/halus. 

3. Terlihatnya oli keluar dari shockbreaker atau berupa rembesan

4. Jika kita tekan body mobil mengalami guncangan yang berlebih maximal 2 kali, itu menandakan shock telah lemah.

5. Terdengar bunyi yang tidak enak yang berasal dari kaki-kaki, segelah chek shockbreakernya dan komponen-komponen terdekatnya. 

Mungkin begitulah tanda-tanda shockbreaker rusak/lemah dan wajib anda untuk menggantinya. Penggantian dapat dilakukan di bengkel ATPM  maupun bengkel resmi alternatif. Untuk mengganti dibengkel resmi alternatif anda dapat klik Disini.

Setelah mengenal tanda-tanda kerusakannya selanjutnya kita menuju jenis-jenis Shock Absorber untuk mobil anda dan bagaiman keunggulannya. Dalam hal ini KYB selaku pabrik Shock terbesar di Indonesia mempunyai 3 jenis Shock Absorber untuk anda. Inilah 3 jenis shock dari KYB.

1. KYB Premium
KYB Premium

KYB Premium merupakan Shock Absorber jenis Shock yang peredamannya menggunakan jenis oli didalamnnya untuk yang jenis single action. Jenis ini cocok digunakan untuk mobil pribadi yang hanya mengangkut sedikit penumpang. Ketika melewati jalan yang tidak rata akan terasa empuk apalagi jika dibawa sendirian. Hal ini karena jenis Premium karakteristiknya yang soft/lembut. 

2. KYB Ultra 
 KYB Ultra

KYB Ultra merupakan jenis shockbreaker double action, yang cara peredamannya ketika memanjang dan memendek. Komposisi didalam shockbreakernya yaitu Gas dan oli, namun jika dilihat dari presentasenya perbandingan gasa dan olinya sekitar 75 untuk gas dan 25 untuk oli. Dengan gas sebagai daya redam utamnya, maka jenis KYB Ultra sangat cocok untuk anda yang sering membawa beban berat. Keunggulan lain ketika anda berada di jalan tol yang rata dengan kecepatan penuh. Dengan KYB Ultra maka mobil akan menjadi lebih stabil, karena karakteristik dari gas yang memberikan tekanan terhadap ban dan mencengkram erat kejalanan. 

3. KYB Excel-G

KYB Excel-G

KYB Xcel-G merupakan jenis shockbreaker yang daya peredamannya menggunakan campuran gas dan oli, untuk yang jenis ini langsung dibuat di Japan, Malaysia dan Thailand. KYB Xcel-G  maupun KYB Premium sudah menggunakan teknologi double action. Namun ada juga type Premium yang single action. Mengenai KYB Xcel-G, shockbreaker ini cocok bagi anda yang menginginkan kenyamanan lebih karena karakteristik shock ini balance. Artinya baik bebam berat ataupun ringan sama-sama stabil dan nyaman tentunya. 

Mungkin itu jenis-jenis shockbreaker dari KYB yang cocok untuk mobil anda. Pilih sesuai kebutuhan anda, karena fungsi shock pada intinya untuk meredam gertaran yang membuat baik pengendara dan penumpang nyaman. Cukup sekian dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini cukup membantu bagi anda yang ignin mengganti Shockbreakernya. 

Pelengkap Otomotif mengucapkan, Salam Otomotif...





Review New Honda Sonic-PT. Astra Honda Motor

Tuesday, September 1, 2015 / 6 Comments
New Honda Sonic

Review New Honda Sonic-PT. Astra Honda Motor-Hai para pecinta roda dua tanah air, kali ini jumpa lagi bersama Pelengkap Otomotif yang akan menemani hari-hari anda. Kali ini kami akan membahas mengenai motor terbaru dari Honda. Motor ini menyasar segmen anak muda tentunya, desainnya yang sporty dan stylis tentunya membuat anak musa semakin tertarik untuk memilikinya. Untuk cc nya sendiri memiliki kapasitas 150 cc, cukup besarlah untuk motor dengan desain yang ramping.

Merambah kedesain Honda New Sonic

Untuk desain Honda New Sonic 150 R sangat tidak asing jika anda sering melihat body Suzuki Satria FU. Memamng hampir mirip, soalnya motor ini berjenis ayam jantan, bodi ramping namun cc besar.Cocock sekali bagi anda yang suka drug ataupun pecinta kecepatan.

Body Honda New Sonic selain ramping penggunaan dasdboardnya mirip dengan honda CB150R. Dashboard Honda New Sonic  memiliki bentuk trapesium dengan indikator yang semuanya serba digital.Untuk trip meter dan speedometer ditempatkan pada dashboard utama, disebelah kiri ada dashboar indikator bahan bakar. Untuk bagian atas disusun secara rapi indikator lampu sein,lampu utama , gigi netral dan minyak pelumasan.

Mungkin Honda New Sonic khususnya pada dashboar masih terkesan asing atau kaku tapi tetap terlihat stylis dan keren tentunya. Terlebih untuk indaktor-inkatornya tetap mudah dimengerti dan fungsional.

Dimensi body ramping membuat Honda Sonic 150cc menjadi lebih enak untuk dikendalikan.

Bobotnya yang tergolong ringan 114 Kg serta memiliki ukuran 1.994 x 669 x 977 mm membuat Honda New Sonic 150 R sangatenak untuk diajak kencang maupun jalan lambat dan mempunyai heandling yang nyaman pastinya. 

Heandling nyaman dengan dukungan suspensi yang baik

Honda New Sonic 150 R memiliki kerangka perimeter frame yang kuat serta dukungan kaki-kaki Honda New Sonic 150 R juga sangat kokoh. Sebt saja telescopic suspension yang membuat pengendara nyaman dan heandling mantab. Jika terkena lubang Honda Sonic tetap stabil, untuk suspensi telescopic ini berasa dibagian roda depan. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang Honda New Sonic 150 R lebih keren dengan suspensi mono shock dengan kombinasi lengan ayun CB150 R. 

Velg dan Ban

Untuk bagian ini Sonic menggunakan ban dan velg yang terbilang kecil karena mengikuti bentuk bodinya yang ramping. Untuk velgnya sendiri menggunakan ring 17 disokong ban dengan ukuran 70/90 bagian depan dan 80/90 bagian belakang.

Mesin dengan putaran bwah yang dahsyat.

Menggunakan mesin DOHC 4-valve,silinder tunggal Honda New Sonic 150 R sangat kuat putarannya di rpm bawah. Hal ini tak lepas dengan ccnya yang besar 150 dengan ukuran x langkah 57,3 x 57,8.Power maximum yang didapat Honda New Sonic 150 R yaitu 11,8 KW (16ps) / 9.000 rpm. Dan torsi yang dihasilkan 13,5 Nm / 6.500 rpm.

6 speed perseneling

Transmisi Honda New Sonic 150 R terlihat tidak beda dengan rivalnya Satria Fu yang memiliki langkah 1-N-2-3-4-5-6. Dengan 6 speed Honda New Sonic 150 R sangat baik untuk berlari dengan rasa yang lebih halus dijalanan. Aplagi kalau memang jalanannya alus juga,menambah nyaman saja. Selain 6 speed Sonic juga menawarkan 2 type untuk menyalakan mesinnya yaitu pedal dan elektrik.


Honda Sonic 150R
Mesin
Tipe Mesin
4-Langkah DOHC 4-Valve, Silinder Tunggal
Diameter x Langkah
57,3 x 57,8
Kubikasi
149,16 cc
Perbandingan Kompresi
11,3:1
Power Maksimum
11,8 kW (16 PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum
13,5 Nm / 6.500 rpm
Kapasitas Oli Mesin
1,1
Transmisi
Gigi Transmsi
6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi
1-N-2-3-4-5-6
Starter
Pedal & Elektrik
Sistem Pengapian
Full Transistorized
Tipe baterai
MF 12V 5AH
Rangka
Tipe Rangka
Twin Perimeter Frame
P x L x T
1.941 x 669 x 977 (mm)
Jarak Sumbu Roda
1.275 mm
Tinggi Jok
764 mm
Jarak ke Tanah
140 mm
Bobot Isi
114 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
4 liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal
Ban Depan
70/90–17 (Tubeless)
Ban Belakang
80/90-17 (Tubeless)
Pengereman
Rem Depan
Cakram Hidrolik
Rem Belakang
Cakram Hidrolik

Demikianlah review singkat mengenai Honda New Sonic 150 R, semoga pecinta kendaraan roda dua khususnya pecinta Honda Sonic dapat mempertimbangkan spesifikasi yang dimiliki motor ini sehingga membelinya. Kawula muda jangan ragu untuk membeli motor jagoan baru dari Honda. Kami pelengkap Otomotif mengucapkan, Salam Otomotif...