News Ticker

Menu

Akibat memasang aki terbalik

Akibat memasang aki terbalik

Akibat memasang aki terbalik-Hi guys, salam otomotif hehe. Hoho kita bertemu kembali rupanya dalam acara Pelengkapotomotif.com yang akan membahas perlengkapran kebutuhan anda akan dunia otomotif. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel singkat yang bermanfaat pastinya. Sengaja si artikel diblog ini ini singkat-singkat supaya kalian para pecinta otomotif tidak terlalu bosan untuk membacanya, atau malah sudah bosen duluan, owh jangan dong hahah peace.

Tema hari ini adalah Akibat memasang aki terbalik, sudah pernahkan anda memasang aki terbalik dan apa yang terjadi ? hehe sebaiknya si jangan ya, Alhamdulillah saya tidak pernahsi dan jangan sampai pernah. Bahaya memasang aki terbalik tentu saja tidak sampai mengempeskan ban mobil dan mematahkan spion ya hahaha. Opsss salah, magsudnya jika anda memasang aki terbalik akan menyebabkan beberapa komponen rusak namun sangat membahayakan bagi mobil anda karena mungkin saja tidak dapat hidup kembali. 


Akibat memasang aki terbalik antara lain, putusnya beberapa sekring pada kendaraan sehingga beberapa atau malah semua aksesoris kehilangan fungsinya. Dan kejadian nyata, waktu itu customer saya tidak ingin dijumperkan dan memilih melakukannya sendiri, dan ternyata terbalik. Wah, sontak sekring utama pada kepala positif putus, waktu itu mobilnya Innova. Iya sudah mau bagaimana lagi, saya angkat tangan dong, hanya bisa membantu semampunya tapi mobil tetap tidak akan menyala karena skringnya putus semua. 

Kemudian, ECM atau ECU pada kendaraan yang sudah tersistem akan rusak, akibatnya ya jadi gila itu mobil karena sistemnya rusak. Yang pasti jika ECU nya kena sudah tentu akan mengeluarakan biaya yang tidak sedikit.

Yang terakhir akan terjadi kerusakan pada aki itu sendiri, bisa saja penghubung antar sel aki putus karena terbalik yang menimbulkan gejolak terhadap aki tersebut. Sehingga aki tidak dapat digunakan kembali langsung drop, mau tidak mau ya harus beli lagi hehe. 

Itulah beberapa akibat yang akan timbul ketika anda salah memasang aki hingga terbalik. Hati-hatilah dalam setiap pekerjaan, karena jika ,tidak, anda sendiri yang akan rugi dan mengganti rugi pastinya. Berdo'a terlebih dahulu sebelum melangkah. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat ya, sampai jumpa, salam otomotif. 

Baca juga :

"Tips sebelum memasang aki atau battery mobil"

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Akibat memasang aki terbalik"

ADD COMMENT
  1. Mantep mas blog sampean.. namun sih kebanyakan jika ada mobil yt memakai fuse beling, maka ketika kita memasang battery nya kebalik yy putus pertama adalah fuse beling yg terdapat sngat deket ama battery.. nah di dalam fuse beling tsb ada yg 1 masuk ke ecu, bagi yg fuse beling nya hna memiliki 1, namun ada juga fuse beling nya yg 2 sekaligus seperti yaris.. nah yg dimana 1 buah mengarah ke bagian elektrikal (engine) yg 1 lagi mengarah ke bagian interior.. jika terjadi hal tsb masi bisa di akalin dengan cara agak memaksa yaitu menyambung fuse tsb.. namun hasil ya tidak akan sebagus atau malah bisa merusak komp lain.. karena Ah yg dikeluarkan oleh battery lumayan besar.. haturnuhun mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih banyak ini mas Andri, pengetahuannya sungguh luar biasa. Saya jadi tambah pengetahuan, bukan hanya saya tapi pengunjung yang datang kesini. Terima kasih atas dukungannya, semoga blog ini terus berkembang dan dapat menghadirkan artikel-artikel yang bermanfaat.

      Delete
  2. Mantab sekali nih tipsnya sangat mengedukasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe wah terima kasih gusy sudah berkenan mampir ke blog sederhana saya. Semoga artikelnya bermanfaat untuk menambah wawasan seputar otomotif pastinhya.

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM