News Ticker

Menu

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic-Banyaknya penggunaan motor matic yang mengalahkan penggunaan motor bebek saat ini memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Mungkin kebanyakan orang yang menggunakan motor matic itu berfikir jika penggunaanya lebih mudah, efisien dan efektif, serta banyak kegunaannya daripada motor bebek yang memiliki transmisi manual.

Yaaa semua memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri disetiap motor. Tapi semua kembali lagi terhadap keinginan masing-masing. Nah bicara tentang kegunaan masing-masing motor, kali ini saya berinisiatif ingin memberi pengetahuan sedikit nih tentang kelebihan dan kekurangan motor matic. Apa saja si? Mari simak ulasan berikut ini.

Motor jenis apapun, termasuk motor matic ini sudah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan dari sudut manapun. Mulai dari bentuknya yang lebih simpel daripada motor lainnya, namun ada juga beberapa kekurangan yang bisa membuat kerepotan. Jadi untuk kalian, saya sarankan jangan hanya ingin membeli hanya karena  kelebihannya saja, lebih baik kita mengetahui kekurangannya pula untuk memantapkan hasrat kita untuk membeli.

Kelebihan Motor Matic

1. Mudah mengoperasikannya

      Memakai motor matic memang mudah mengoperasikannya cukup mengatur gas dan rem saja, tidak perlu oper-oper gigi apalagi mikirin ngatur kopling.


2. Lincah dan gesit

      Motor tipe ini memang asik banget buat diajak bermanuver saat kondisi jalanan lagi macet, karena mempunyai wheelbase yang pendek.


3. Cocok untuk menaruh banyak barang

      Bagasi motor matic itu lebih luas dibandingkan dengan motor bebek, namun jika sekedar untuk menyimpan helm, jas hujan, sendal, dan lainnya nampaknya menjadi solusi yang tepat. Saat menerjang genangan air pun kaki tetap nyaman dan tidak terkena dampak cipratan.


4. Untuk Jalan-jalan bareng keluarga

       Motor matic juga cocok menjadi salah satu motor keluarga untuk sekedar jalan-jalan keliling kota atau sekedar orang tua antar jemput sekolah anak. Selain praktis, motor matik juga mantab untuk bermanuver dalam kondisi bobot yang berat. Namun jangan berlebihan karena setiap kelebihan pasti kekurangan yang akan dibahas dibawah ini :


Kekurangan Motor Matic

Kelebihan di atas mungkin cukup membuat terbuai dan ingin segera membelinya yaaa, untuk penyeimbang saja, ternyata ada juga hal yang cukup merepotkan yang bisa kita temukan dari motor matic ini, yaitu :

1. Boros Bahan Bakar

     Masalah kayak gini sudah pasti bukan cerita baru lagi. Sekalipun motor matic saat ini sudah injeksi, tetap belum sanggup mengalahkan keiritan motor bebek, apalagi motor bebek yang injeksi


2. Diameter roda kecil

      Diameter roda pada motor ini memang kecil gan, jadi sekiranya jalan yang kita lalui kebanyakan permukaan jalannya jelek bisa merugikan. Motor matic kurang nyaman dikendarai pada permukaan jalan kurang rata, apalagi melewati polisi tidur. Namun ada beberapa motor sih yang cukup tangguh untuk medan yang kurang rata, diantaranya adalah yamaha x ride.


3. Harus Rutin cek ke bengkel

      Karena digerakkan dengan CVT (continuously variable transmission) maka bagi kalian pengguna motor matic, lebih rajin-rajinlah melakukan pengecekan di bengkel, karena sekali saja lengah, maka CVT akan lebih mudah terasa berat. Kenyamanan berkendara jelas akan terganggu.


4. Biaya perawatan mahal

     Biaya perawatan matic cenderung lebih mahal ketimbang motor manual. Maka dari itu, kalian pun harus siap dengan segala kemungkinan. Selain perawatannya yang cukup ribet, biaya pun menjadi beban bagi kalian.


5. Jangan memaksakan membawa beban berat

      Tidak ada ceritanya motor matic di indonesia ada yang memakai dual shockbreaker, semuanya menggunakan monoshock yang  kekuatannya tak sebagus dengan motor manual yang menggunakan dualshock. Namun sekarang memang sudah ada si. Tapi disarankan Yang biasa membawa beban berat sebaiknya jangan menggunakan motor matic.


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat Kami jelaskan untuk kalian penggemar otomotif. Semoga bermanfaat.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM