News Ticker

Menu

Cara Merawat Aki Kering Pada Motor

Cara Merawat Aki Kering Pada Motor


Cara Merawat Aki Kering Pada Motor – Seperti kita ketahui, bahwa kendaraan dapat berjalan karena terjadinya beberapa proses mesin dan juga komponen lainnya yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak utama kendaraan. Mulai dari bahan bakar kemudian di proses didalam karburator atau fuel injection dengan oksigen yang selanjutnya disemprot atau dialirkan keruang bakar untuk dilakukan proses kompresi atau pembakaran bahan bakar yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak kendaraan. Dalam hal lain pun ada sistem kelistrikan yang merupakan hal sangat vital untuk sebuah kendaraan.

Komponen pemberi atau penyuplai aliran listrik untuk semua komponen yang ada dan komponen penyuplai aliran listrik tersebut terdapat pada setiap kendaraan yaitu bernama “Accu” atau biasa disebut aki. Komponen penyuplai aliran listrik atau aki ini memiliki 2 macam jenis yaitu aki kering dan basah yang mana kedua jenis aki tersebut memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda. 

Nah kali ini kami akan membahas aki kering yang dirangkum dalam cara merawat aki kering motor.
Tapi sebelum kami ingin menjelaskan dulu, apa sih itu aki kering? Aki kering atau ada juga yang menyebutnya MF Battery (Maintenance Free Battery) dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai diperkenalkan didunia perotomotifan di Indonesia sejak tahun 2005 an. Dimana jenis tersebut banyak dipilih oleh beberapa pabrikan otomotif karena anti tumpah air batterynya dibandingkan dengan tipe aki konvensional.

Selain itu kelebihan dengan masa penggunaan yang lebih lama serta cranking performnce yang lebih tinggi dan juga memiliki grid yang tahan korosi akan menghasilkan performa yang tinggi dan self discharge yang lebih rendah. Nah sesuai topik tips dan trik kali ini, aki jenis kering ini memanglah lebih minim perawatan dan mempunyai banyak keunggulan dibandingkan aki jenis basah. Meskipun demikian, dibutuhkan cara merawat aki kering motor dengan tepat agar memiliki usia pemakaian yang lebih lama.

Nah, supaya komponen vital ini dapat menyuplai listrik dengan baik dan sempurna anda harus melakukan tips dan cara merawat aki kering motor dibawah ini. Agar aki kering anda dapat berfungsi dengan baik, awet dan tahan lama. Simaklah tips dan trik berikut ini :

1. Gunakanlah kendaraan anda sesering mungkin. Agar sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil. Jika memang motor tidak digunakan, maka minimal panaskan mesin dengan waktu 2 hingga 5 menit perhari.

2. Tetap gunakan elektrik starter setiap hari. Kecuali saat memanaskan mesin dipagi hari yang direkomendasikan menggunakan kick starter untuk membantu oli agar terpompa lebih cepat melumasi seluruh komponen dalam mesin motor. Apabila sekali starter mesin tidak mau hidup maka jangan coba ditekan secara terus-menerus saklar starter. Beri jeda waktu sampai sekitar 5 detik, baru kemudian ditekan kembali agar memungkinkan daya aki dapat kembali stabil terlebih dahulu.

3. Hindari lubang atau jalan rusak yang menyebabkan goncangan berlebihan pada kendaraan anda. Sebab karena hal tersebut akan cepat merusak sel-sel yang berada di dalam komponen aki ini jika terlalu sering mendapatkan guncangan yang berlebihan. Oke sampai disini rekan-rekan cukup paham kan cara merawat aki kering motor yang Mas Sena sampaikan? Yuk kita lanjut step berikutnya.

4. Selalu cek kabel terminal aki dan usahakan agar selalu bersih dan tertutup rapat. Sebab jika terlalu lembab maka dikhawatirkan akan terjadi konsleting aliran listrik.

5. Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang termasuk vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.

6. Jika daya listrik sudah melemah maka lakukan isi ulang atau charging seperlunya. 
Untuk aki kering ini dapat menggunakan alat khusus yang memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Untuk membuat daya listrik aki kembali penuh dibutuhkan waktu 5 hingga 8 jam tergantung dengan besaran daya aki.


Nah itulah tips dan cara merawat aki kering motor agar awet dan panjang umur. Cara tersebut memang mudah untuk dilakukan namun apabila kalian masih merasa kurang lebih baik mengajak kawan yang mengerti supaya tidak terjadi kesalahan dalam mempraktekkannya. Rajin-rajinlah untuk mengganti ketika sudah melewati batas pemakaian. Demikianlah informasi mengenai tips dan trik perawatan aki kering kali ini. Semoga bermanfaat.

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Cara Merawat Aki Kering Pada Motor "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM