News Ticker

Menu

Mobil Mogok Aki Atau Dinamo Start ?

Mobil Mogok Aki Atau Dinamo Start ?

Mobil Mogok Aki Atau Dinamo Start ?-Salam otomotif guys, PO Blog telah update kembali artikel seputar kendaraan bermotor. Kali ini artikel yang akan saya tulis mengenai masalah yang terjadi dilapangan dan sangat dekat dengan kita pastinya. Jika kalian lengah bisa saja hal sepele ini membuat jengkel loh.

Nah contoh kejadian yang banyak orang alami adalah kendaraan mogok ditengah jalan, mall, kampus, sekolahan , kantor dan masih banyak lagi, ya mungkin salah satunya anda sudah berpengalaman akan hal ini ya hehe. Yang lebih parahnya, mobil anda mogok ditengah jalan yang sepi malam hari, hayooo loh, pasti mengerikan kan serasa pengen nangis.

Jika tidak ingin mengalami kejadian yand disebutkan diatas, yuk marilah kita cari tahu permasalahannya mogok karena aki atau dinamo startnya. Kita bicara orang awam saja saat kendaraan kita tiba-tiba mogok ya guys, dan pastinya alat-alat yang dibawa juga seadanya, tidak selengkap peralatan bengkel, namanya juga orang awam otomotif.

Kenapa orang awam guys, karena tidak selamanya yang punya mobil atau yang mengendarai mobil adalah pecinta otomotif yang tahu seluk beluk permasalahan mobil. Pastinya banyak yang punya mobil trima beres tinggal pakai, ya kan hehe.

Jika terjadi demikian mobil anda mogok, dan tidak dapat melakukan start, hal yang perlu anda perhatikan ada 2, yaitu permasalahan pada akinya dan dinamo start itu sendiri. Namun pada banyak kasus yang menimpa para pemogok mereka langusung rata-rata memanggi jasa aki online, dan sangat sedikit yang paham jika kerusakan ada pada dinamo ampere.

Nah pertama kita akan mengetahui ciri-ciri aki yang masih bagus. Yang pertama kalau diukur aki memiliki 12 Voltase atau diatasnya. Jika aki kurang dari 12 Volt maka dipastikan akinya memang soak. Kemudian dari suara yang ditimbulkan saat start, terdengar bunyi, ngekk, ngekkk seolah-olah mau ngangkat tapi gak kuat, sudah dipastikan itu aki guys. Tapi kalau distart lancar tapi tetep gak mau hidup, kemungkinan bukan akinya tapi pomba bensin maupun solar anda bermasalah.  Yang terakhir ciri-ciri aki lemah adalah ketika pagi hari atau saat kondisi dingin susah dinyalakan, tapi kondisi panas lancar, lama-lama gak bisa start dan harus diganti.

Kemudian jika bermasalah pada dinamo start ciri-cirinya ketika berhenti tidak peduli kondisi mesin panas atau dingin bunyinya "cetek-cetek", sudah dapat dipastikan itu dinamo start guys. Solusi menghidupkan mobil ketika dinamo startnya bermasalah dengan cara menggetok dinamo startnya dengan benda atau palu yang lumayan keras kemudian start mobil. Jika tidak mau nyala juga kemungkinan memang sudah rusak parah itu dinamo sehingga harus dibawa kebengkel. 

Yang terakhir adalah kondisi terparah saat anda mogok, yaitu aki dan dinamo start bermasalah secara bersamaan, saya pernah menangani kasus ini, dan akhirnya mobil diderek karena memang jauh dari bengkel dan kondisinya sudah malam. Semoga bermanfaat, untuk bertanya silahkan sudah disediakan kotak komentar dibawah. Sampai jumpa, salam otomotif.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Mobil Mogok Aki Atau Dinamo Start ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM