News Ticker

Menu

Alat Ini Wajib Dibawa Touring

Alat Ini Wajib Dibawa Touring

Alat Ini Wajib Dibawa Touring-Salam otomotif guys, kembali lagi bersama saya Saliman, ya pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips otomotif untuk anda, khususnya bagi yang mau touring. 

Touring sendiri merupakan hobi para pecinta alam dan jalanan, untuk itu banyak penjelajah Indonesia bahkan dunia yang memodifikasi kendaraannya untuk membawa perlengkapan sepanjang perjalanan. Iya dong touring bukanlah hal yang sama dengan kita membawa motor jarak dekat, karena yang akan kita lalui adalah perjalanan yang cukup jauh. 

Medan-medan yang belum pernah kita kenal sebelumnya membuat misteri tersendiri untuk perjalanan touring, yang pastinya sangat seru ya guys hehe. Mulai dari jalanan yang berlumpur, terjal, berpasir dan melewati lembah-lembah, perbukitan serta hutan-hutan belantara hihi. 

Untuk itu kita perlu membawa yang namanya perlatan memasak, opsss kok memasak si hehe, magsudnya perlatan untuk perbaikan motor ketika mogok atau mengalami masalah ditengah hutan amupun ditempat yang jauh dari pemukiman penduduk. Ya kadang kita lalai membawa peralatan, atau cuma bawa yang namanya kunci pas saja hehe.


Nah saya merekomendasikan beberapa alat dan komponen yang wajib anda bawa untuk berjaga-jaga ketika motor anda bermasalah, kurang lebih sebagai berikut : 

1. Obeng (-) dan (+)

Yups obeng plus dan min atau sebaliknya sangat berguna ketika motor yang ada gunakan bermasalah, terutama baut-baut pada bodi yang kendor. Memang kalau cuma bodi yang bermasalah tidak terlalu pusing, tapi alangkah baiknya jika kendaraan selama touring tetap rapih, selain itu obeng digunakan untuk menyetel takaran udara dan bensin pada motor. 

2. Kunci Ring dan Pas

Kedua kunci itu memang si sangat berguna, karena memang sangat sering dan kebanyakan baut pada motor membutuhkan yang namanya kunci ring maupun kunci pas. Kemudian kegunaan dari pada kunci ini untuk menyetel rantai ketika kendor. 

3. Tang

Kegunaan tang sangatlah banyak, mulai dari memotong kabel, menjepit plat dan masih banyak lagi. Anda pasti membutuhkan yang namanya tang ketika ada trouble. Usahakan anda tidak dan jangan pernah melupakan tang untuk dibawa touring. 

4. Kunci Inggris

Anda ingin belajar bahasa inggris, saya punya kuncinya, hahaha tidak asing ya guys dengan kata-kata itu. Okey peran kunci inggris rupanya sangat penting sekali ketika baut yang anda lepas tidak cocok dengan kunci pas maupun ring manapun, sekalipun anda membawanya satu set saat touring. Biasanya baut atau mur ini sudah dimodifikasi menggunakan angka ganjil seperti mur ukuran, 11, 13, 15, atau dengan ukuran nyleneh seperti 16 hehe. Pusing-pusing hihi, untuk itu jangan lupa membawa kunci inggris, kalau belum punya silahkan lengkapi. 

5. Kunci T 

Yupss sebanarnya kunci T tidak terlalu penting untuk dibawa karena dapat diakali menggunakan kunci pas digabungkan dengan obeng plus maupun min. Tapi kegunaan kunci T juga sangat penting, misal untuk mempercepat membongkar baut yang letaknya tersembunyi kedalam, menopang motor biar gak capek nahan pakai tangan saat memperbaikinya. Intinya kunci T untuk mempercepat proses pengerjaan anda saat mengalami masalah dijalan. 

6. Kater

Nah mungkin anda harus membawa yang namanya kater untuk mengelupas ataupun memotong kabel dengan mudah, ya meski sudah ada tang potong namun ada kok sesuatu yang harus diselesaikan dengan katel.

7. Gunting

Ya mungkin fungsinya sudah terwakili layaknya kater, namun untuk masalah memotong yang ringan-ringan sudah pasti enak menggunakan gunting yang tajam. 

8. Baut dan Mur

Ya setelah lama berpetualang melewati lembah-lembah yang mematikan (lebay) pasti motor anda mengalami banyak masalah, mungkin saja mur lepas atau baut ilang. Ya untuk jaga-jaga saja guys, sebagai sereplah hehe. 

9. Kabel dan Kabel Tis 

Yups kalau kabel digunakan untuk menyambung sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan, misal kabel yang menghubungkan ke battery putus dan ternyata kurang panjang, bisa disambung dengan kabel yang anda bawa. Sedangkan kabel tis digunakan untuk mengikat sesuatu yang dibutuhkan. 

10. Oli 1 Liter

Yupss untuk berjaga-jaga pastikan anda membawa oli guys, siapa tahu kekurangn oli sahabat atau malah kita sendiri. Ya intinya kita pergi bersama-sama pulangpun bersama-sama guys. Jangan sampai ada yang mogok ditengah perjalanan karena mesin rusak, gawat tuh hehe. 

11. Rantai

Bagi pengguna roda 2 saat touring jauh, alangkah baiknya membawa gear set baru untuk cadangan, karena belum tentu disana ada gear set yang sesuai dengan motor anda. Memang rantai jarang sekali putus, untuk itu harus diperhatikan jangan sampai anda nangis ditengah perjalanan karena dorong motor ya guys hihi. 

Nah mungkin cukup ini dulu, capek guys nulis hihi. kalau ingin menambahkan silahkan isi dikotak komentar dibawah ini. Saya berbicara begini karena pengalaman saat melintas dijalan linstas barat Sumatera yang jalannya terjal serta jauh dari pemukiman. Semoga bermanfaat, sampai jumpa, salam otomotif. 

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Alat Ini Wajib Dibawa Touring "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM