News Ticker

Menu

Kapan waktunya kita mengganti dan menguras oli matic ?

Kapan waktunya kita mengganti dan menguras oli matic ?

Kapan waktunya kita mengganti dan menguras oli matic ?-Salam otomotif, kembali lagi bersama plengkapotomotif.com yang akan mengupas semua persmasalahan oli yang ada. Seperti halnya saat ini kami akan mengupas kapan si waktunya kita mengganti oli matic ? dan apa akibatnya jika oli matic telat atau bahkan tidak diganti.

Untuk itu kita harus tahu pentingnya oli matic terhadap suatu kendaraan yang menggunakan perseneleng automatic tentunya. Sebagian besar perseneleng matic rusak karena menggunakan oli yang salah atau tidak mengganti oli secara berkala dibengkel resmi maupun bengkel rekanan anda. Menggunakan oli yang salah sudah pasti akan merusak transmisi matic itu sendiri.

Contoh saja Nissan Livina CVT memakai ATF itu sudah pasti tidak sesui aturan dan sebaliknya. Dengna begitu cara kerja olinyapun berbeda. Oli CVT yang seharusnya hanya bertugas melumasi saja, namun jika harus disuruh menelusup kecelah-celah perseneleng ATF tidak akan mampu merayap dengan sempurna, begitupun oli ATF dipakai untuk mobil berteknologi CVT.

Adapun jarak tempuh anda harus mengganti oli matic, yaitu ketika km anda mencapai 20.000 km dan berlaku kelipatannya. Kelipatannya itu sendiri antara lain 40.000 km, 60.000 km, 80.000 km dan seterusnya. Dan kapan waktunya menguras oli matic itu sendiri ? untuk kuras mengacu pada kelipatan 40.000 km, jadi jika mobil anda sudah mencapai 40.000 atau lebih sebaiknya dikuras.

Dalam kuras matic biasanya membuatuhkan oli yang lebih banyak diabandingkan dengan mengganti oli matic biasa. Jika penggantian matic berkala hanya butuh 3-4 liter maka dalam pengurasan oli matic bisa sampai 7-10 liter oli matic. 

Kalau tidak dikuras ya akan menyebabkan pelumasan kurang maksimal sehingga perseneleng maticnya akan mudah sekali rusak. Namun ada beberapa mobil yang menganut automatic long life, dimana penggantiannya cukup lama seperti : Nissan MArch, Nissan Livina, Merce dan BMW. 

Untuk harga oli matic juga berfariasi antara 100-130rb tergantung merk oli yang akan anda gunakan. Usahakan memilih oli yang cocok untuk mobil anda, jangan sampai salah ya sahabat otomotif sekalian. Semoga bermanfaat artikel kali ini, jika suka like dan bagikan kiriman ini jangan lupa follow blog saya di pelengkapotomotif.com. Sampai jumpa, salam otomotif.

Baca juga : 

"Rekomendasi oli ATF terbaik untuk mobil"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Kapan waktunya kita mengganti dan menguras oli matic ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM