News Ticker

Menu

Cara memasang klem aki yang baik dan benar

Cara memasang klem aki yang baik dan benar

Cara memasang klem aki yang baik dan benar-Salam otomotif, jumpa lagi bersama saya Saliman yang akan membahas seputar dunia otomotif dengan tema yang ringan tentunya. Dan yang akan kita bahas dikesmpatan kali ini mengenai seputar aki beserta pemasangannya, tepatnya cara memasang klem aki dengan baik. 

Lanjut ya sahabat otomotif, kalian semua pasti sudah tahu kalau semua jenis kendaraan bermotor pasti menggunakan aki/battery untuk menghidupkan mesin maupun sebagai penunjang untuk menghidupkan berbagai aksesoris. 

Kalau berbicara mengenai aki pastinya anda tahulah ya, yang mana aki terdiri dari kepala negatif dan kepala positif. Untuk memasangnya sebaiknya menggunakan cara yang baik dan benar. Karena jika dilakukan dengan asal-asalan akan menyebabkan konsleting dan kerusakan pada aki mobil. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai cara pemasangan aki, melainkan cara memasang klem yang baik, karena cara memasang aki sudah saya bahas diartikel sebelumnya. 

Nah untuk itu mari kita bahas cara memasang klem yang baik. Perlu anda ketahui ada beberapa komponen aki yang harus mendapat perhatian lebih terutama bagian yang kasat mata seperti casing dan terminal aki. Untuk itu kita harus menghindari pemasangan yang tidak benar dan juga tentunya harus sangat berhati-hati ya. Dan ini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam pemasangan klem aki. 

Yang pertama, jangan memukulnya dengan palu karena itu akan merusak bagian casing. Tepatnya konektor pada casing bisa putus dan mengakibatkan aki tidak dapat digunakan seketika. Kedua, ketika anda menambahkan air aki, pastikan tidak melebihi upper level, karena hal itu akan menimbulkan kristal putih yang mengakibatkan klem aki menjadi korosi dan rapuh. Cara menghilangkan kristal putih tersebut cukup menuangkan air panas ke klem yang terkena kristal putih, dengan sendirinya klem akan kembali bersih. 

Yang ketiga, saat pemasangan klem aki pastikan kekencangan bautnya sesuai, jangan kendor karena bisa menimbulkan percikan dan terjadi konsleting. Selain itu menggunakan klem yang terbuat dari kuningan tidak disarankan karena akan menghabat arus dan kelistrikan kurang maksimal. 

Dengan memastikan hal-hal diatas, kondisi aki akan aman dan berkendarapun menjadi nyaman. Demikian info yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat tentuya. Salam otomotif.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Cara memasang klem aki yang baik dan benar "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM