News Ticker

Menu

Ban Corsa vs Ban FDR Berdasarkan Pengalamanku

Ban Corsa vs Ban FDR Berdasarkan Pengalamanku

Ban Corsa vs Ban FDR-Salam ototour ya guys, pada kesempatan kali ini izinkan saya berbagi tentang pengalamanku melakukan sebuah perjalanan mudik dari Tangerang menuju Kebumen via jalur alternatif pantura - Majenang dimana jalur tersebut sangat indah sekali karena memiliki berbagai macam tikungan dan pegunungan. 

Baik sebelum saya menceritakan bagian intinya saya ingin memberitahukan kepada kalian semua ya guys, spesifikasi ban yang saya pakai. Kebetulan sekali saya menggunakan ban beda merk dan beda alur grip pastinya untuk ban depan dan belakang. Roda depan menggunakan ban merk FDR sedangkan yang belakang menggunakan Corsa. Ya karena memang waktu itu adanya ya cuma itu hihihi. 

Lanjut, kemudian saya memakai ban tersebut untuk melakukan mudik ke Kebumen lewat jalur alternatif Pantura - Majenang via Brebes guys, Kebetulan sekali cuaca kurang mendukung karena gerimis. Tapi karena saya berboncengan dan tidak terlalu deras juga akhirnya trabas saja, dan juga pakai mantol kan tidak basah hahaha. 

Memasuki jalan alternatif dipegunungan tepatnya masuk wilayah Brebes, jalannya berliku. Sayangnya teman saya malah tidur dan saya juga harus fokus untuk melihat kedepan. Biasanya kalau cuaca terang saya sering melakukan cornering disini, tapi pada saat ini kurang baik alhasil saya melaju pelan tanpa cornering. Namun apa yang terjadi...

Pas menikung kekiri, jalan depan itu longsor guys tanpa panik karena saya pelan akhirnya saya rem dijalanan yang sedikit terkena lumpur. Apa yang terjadi saya langsung terjatuh, padahal posisi tidak belok dan sangat pelan, tapi ban depan tergelincir. memang tidak sempat jatuh motornya karena teman saya kaget dan terbangun, kemudian membantu saya untuk menahan motornya. 

Untuk memastikan bahwa stang motor saya tidak mengalami masalah, ya saya cek dong, dan sesui dugaan memang baik-baik saja. karena jalan saya lihat masih sedikit tercampur lumpur saya melihat beberapa pengendara yang lewat seperti matic dan sebagainya tidak mengalami masalah. Akan tetapi saya mencoba melanjutkan perjalanan pelan sekali mungkin 10 km/ jam kali mengingat jalananya lumayan licin. Baru jalan sebentar nginjek sedikit tanah merah dikit udah oleh. Wah pikir saya ini bahaya, dan akhirnya saya dengan susah payah serta hati-hati dapat melewati bekas longsor tersebut.

Kemudian dihari lain saya mencoba untuk tes drive motor kesayangan saya ini Honda Tiger, tapi dengan kondisi cuaca yang berbeda dong. kali ini cuaca sangat bersahabat sekali, enak buat ngebut dan cornering guys. Kali ini saya melakukan perjalanan yang sama banyak tikungannya, yaitu menuju Rangkas Bitung. Ketika cornering, saya mendapati tikungan yang tajamnya diluar dugaan karena tertutup tebing. 

Spontan saya rem bersamaan namun lebih ke rem depan si. Apa yang terjadi malah yang belakang yang tergelincir ke kanan, merasa kebuang begitu, namun tidak terjatuh. Akhirnya saya menepi dan melakukan cek ban. Tapi itukan ban termasuknya baru karena gripnya saja masih tinggi-tinggi enak untuk mencengkram. 

Nah dari pengalaman diatas saya dapat mengambil kesimpulan, bahwa ban FDR memiliki grip dengan alur yang lebih smooth sehingga cocok untuk kecepatan tinggi dan cornering dicuaca yang terik. Namun sebaliknya, Corsa memiliki grip yang lebih kasar, sehingga kekuatan cengramnya lebih gede terutama dijalur yang sedikit becek atau jalur tanah biasa. Tapi kalau untuk diaspal kurang begitu ok. 

Iya mungkin, itulah pengalaman saya menggunakan ban FDR dan Corsa, semoga bermanfaat. Sebelum saya tutup bagi yang ingin curhat seputar pengalaman touring bisa komentar dibawah, sampai jumpa salam ototour. 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Ban Corsa vs Ban FDR Berdasarkan Pengalamanku "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM