News Ticker

Menu

Apasih Bedanya Mobil Transmisi CVT dan AT Torque Converters??

pelengkapotomotif.com_Hello sobat setia PO. Bagaimana aktivitas kalian hari ini? Semoga menyenangkan ya guys. Tetap patuhi protokol kesehatan ya sobat, supaya pandemi ini cepat berakhir. Aamiin. Ok, sesuai yang ada di judul artikel kita hari ini kita akan membahas tentang transmisi yang ada di mobil otomatis guys. Yuk kita langsung saja mulai pembahasannya.

Seiring berkembangnya zaman yang kian maju. Banyak perkembangan-perkembangan yang makin keren dan banyak yang bersaing dimana salah satunya adalah di bidang otomotif nih guys. Sekarang sudah banyak mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan mesin bertansmisi otomatis ya guys. 

Nah, mobil transmisi otomatis juga terdapat beberapa jenis sistem yakni diantaranya Continously Variable Transmission (CVT) dan Automatic Transmission Torque Converters (AT Tourque Transmission).  Sebelum memasuki ke perbedaannya, seperti transmisi manual transmisi otomatis juga bertujuan untuk memberikan pengemudi berbagai macam percepatan yang diinginkan. Dan pada transmisi otomatis ini juga tidak ada pedal kopling dan tidak ada pula tuas perpindahan.

Continously Variable Transmission (CVT)

Untuk mobil dengan sistem CVT ini komponen utama dalam penggerak transmisi adalah menggunakan perangkat puli dan sabuk baja. Hal ini dapat melakukan perubahan pada gigi rasio menyesuaikan dengan putaran mesin. Jadi pada saat kita akan melakukan perpindahan gigi, akan terasa sangat halus dan bahkan kita terkadang tidak dapat merasakan perpindahannya karena saking halusnya guys.

Pada saat mengemudi, kita tidak memerlukan RPM yang cukup tinggi untuk memperoleh tenaga yang besar. Beberapa contoh dari mobil bertransmisi Continously Variable Transmission (CVT) antara lain Honda Mobilio, Toyota Prius Hybrid dan Al New Camry.

Automatic Transmission Torque Converters (AT Tourque Converters)

Pada mobil yang bertransmisi satu ini menggunakann lumayan banyak komponen utama untuk penggerak transmisi dibandingan dengan CVT tadi. Mobil bertransmisi AT menggunakan 3 (tiga) komponen utama yaitu ada Tourque Converters, Planetary Gear Set dan juga Hydraulic Control Unit.

Tourque Converters ini berfungsi sebagai pengubah torsi otomatis, sedangkan Planetary Gear Set berperan dalam perpindahan gigi yang dilakukan oleh seperangkat gigi yang beraneka macam. Dan Hydraulic Control Unit untuk mengontrol kopling.

Performa akselerasi dari mobil bertransmisi AT lebih bagus dibandingkan dengan CVT. Dan untuk biaya perawatannya juga lebih murah. Namun hanya saja pada saat perpindahan gigi masih terasa. Tidak sehalus CVT.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Kunjungi juga Pelengkap Otomotif Channel. Kalian akan mendapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia otomotif dan masih banyak lagi tentunya. Sampai ketemu lagi, daaah .....

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Apasih Bedanya Mobil Transmisi CVT dan AT Torque Converters?? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM