News Ticker

Menu

Akibat yang Timbul, Malas Cuci Motor saat Musim Hujan


Hay sobat Pelengkap Otomotif, kayanya sekarang udah mulai musim hujan ya guys? 
Buat para pengendara motor musim hujan merupakan hal yang bisa dibilang petaka, karena bisa saja saat hujan di jalan ada lubang atau bahkan selokan yang ngga kelihatan akibat dari air yang meluap nih guys. jadi kalian harus super duper extra hati-hati nih guys hehehe.

Disamping itu, selain hati-hati kalian juga harus menyiapkan jas hujan untuk menunjang perjalanan kalian agar tidak menghabat saat berkendara. Kurangi kecepatan kalian juga ya sobat karena jalanan pasti licin dari biasanya. Apalagi kalau ban motor kalian sudah mulai gundul, beeh kalian juga harus berhati-hati tuh bro. Karena ban yang gundul pada saat jalanan licin bisa berakibat sepeda motor kalian tergelincir loh guys. 
Apalagi kalau disuruh buat bersihin motor, males banget rasanya (pengalaman gue sih wkwk). Pasti ntar kena hujan lagi ntar kotor lagi. Eeitts ngga gitu juga sob. 

Dilihat dari penampilan luarnya aja akan terlihat dekil banget nih kalau ngga langsung dicuci atau minimal ya di lap dulu lah hehe. Selain itu air hujan yang dibiarkan saja pada bodi motor akan membawa dampak buruk loh guys. Apalagi kalau sampai dibiarkan lama, emm bisa-bisa permukaan motor kalian akan kusam. Ngga mau kan? hehehe.
Pada air hujan terdapat kandungan zat asam yang dapat mempengaruhi beberapa komponen yang ada pada motor yang berakibat karat atau kerusakan lainnya abapila motor dibiarkan begitu saja. Nah diantaranya yakni; 

Komponen logam
Bagian motor pasti terdapat bagian-bagian yang terbuat dari material logam. Nah pada bagian ini bila dibiarkan saja setelah terkena air hujan akan berakibat timbulnya karat pada bagian tersebut. Dan jika motor dibiarkan secara terus menerus terkena air hujan dan terik matahari akan berpotensi kerusakan.
Rantai pada motor

Pada saat musim hujan, rantai motor yang terkenaair hujan bisa berakibat pelumas pada rantai tersebut ikut larut yang mana akan menimbulkan suara-suara yang tidak nyaman saat rantai berputar.

Karet seal
Untuk karet seal yang terdapat tromol atau pelek, akan berakibat karat pada bantalan karet tersebut.
Sedangkan karet seal pada sokbreaker bisa mengalami kebocoran dan oli didalamnya akan keluar sehingga oli tersebut akan cepat habis atau berkurang, dan akan membuat kemudi sangat tidak nyaman.

Kampas rem
Kampas rem pada motor akan mengalami permasalahan yakni, pasalnya kampas rem akan menimbun kotoran setelah terkena air hujan. Dan apabila tidak langsung dibersihkan atau dilap dulu maka akan menimbulkan suara decitan pada saat roda diputar dan juga rantai akan aus karena kotoran dapat menggores piringan cakram pada motor tersebut.

Mesin tidak dapat megeluarkan panas secara staibil
Kendaraan bermotor yang terkena hujan akan mengalami kesulitan, karena motor tidak dapat mengeluarkan panas secara stabil/normal. Hal ini disebabkan kotoran pada motor yang larut dengan hujan akan menempel pada bada beberapa bagian motor.

Tutup busi
Pada tutup busi ini yang berfungisi sebagai penutup. Yang mana bila tutup busi terkena air hujan maka fungsi kelistrikannya akan mengalami penghambatan atau bahkan bisa terjadi kemogokan pada saat kita memaksakan untuk jalan pada genangan air.


Tuh kan guys ngerikan? wkwk. Makanya para pengendara motor mulai saat ini raji-rajin ya bersihin motor kalau abis keujanan. Sayangkn kalau uangnya buat benerin motor mending buat bersihin motor, lebih hemat maksudnya hehehe.
Mungkin itu saja artikel yang sya buat hari ini, semoga bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf. Sekian

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Akibat yang Timbul, Malas Cuci Motor saat Musim Hujan "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM