News Ticker

Menu

Pengertian Dan Cara Kerja ECU, Inilah Otak Dari Semua Komponen


Pengertian Dan Cara Kerja ECU, Inilah Otak Dari Semua Komponen


Pengertian Dan Cara Kerja ECU, Inilah Otak Dari Semua Komponen-Kita sudah tahu bahwa mobil bergerak yang bermula dari ruang bakar yang meledakkan bahan bakar sehingga membuat piston bergerak naik dan turun.

Dari piston inilah cikal-bakalnya putaran roda yang dimanfaatkan untuk melajukan kendaraan ke arena balap.
  1. Sesederhana itukah?
  2. Tidak,
Itu semua diatur oleh 1 komponen, mulai dari kerja Komponen Utama Sistem Pengisian, sampai Komponen Utama Sistem Starter, atau semua komponen di dalam kendaraan, cuman 1 yang mengaturnya.

disebut ECU, kalo kamu ingin jadi mekanik handal tidak mengerti komponen yang satu ini, memang kebangetan ini ilmu dasar otomotif. 

Faktanya jika ECU rusak akan merusak semua komponen, sama saja kamu harus membeli mobil baru.
  1. Sebahaya itukah ECU?
  2. Iya
Ibaratnya sebuah otak manusia, jika otak ini sakit, atau tidak berfungsi. Apa yang terjadi? Benar pasti manusia tersebut mati Atau gila, orang gila saja begitu apalagi mobil.

Sama seperti mobil, jika komponen ini rusak. Siap - siap saja kantong anda akan habis.

Pengertian ECU pada mobil
 
ECU berasal dari bahasa Inggris yaitu Electronik Control Unit bisa diterjemahkan Unit kontrol elektronik. Tapi lucunya banyak sekali yang menyebut ECU sebagai Engine Control Unit.
Atau biasa disebut juga ECM (Engine Control Module) tak ada salah sih memang yang penting fungsinya sama.

Yaitu untuk mengontrol semua pergerakkan komponen. Mulai dari injector, piston, poros engkol, busi dan sebagainya.

Tidak sebarang kendaraan saja yang memakai ECU. Hanya kendaraan yang bersistem GDI dan EFI saja yang bisa.. Bingung?

Kendaraan dibagi menjadi 2 ada kendaraan konvension dan (injeksi). Yang konvension disebut kendaraan jadul karena masih memakai karbulator untuk menyatukan bahan bakar dengan udara.
Berbeda dengan mesin injeksi yang menyemprotkan bahan bakar ke manifold disebut injeksi tak langsung (EFI) dan menyemprotkan langsung ke ruang bakar disebut injeksi langsung (GDI).
Di dalam mesin EFI dan GDI tidak bisa menyemprotkan bakar jika tanpa diatur. Kenapa? Ya akan boros dan tidak efisien Oleh sebab itu hanya mesin EFI dan GDI saja yang ada ECU.

Cara Kerja ECU
 
dari fungsinya kita sudah tahu bahwa ECU untuk mengatur semua komponen. Selamat anda benar, tapi 50% (setengah)
Jadi begini fakta uniknya, ECU tidak tahu kalo komponen yang diaturnya itu sesuai ketentuan atau tidak.

Nah, muncul lah SENSOR. what is sensor? Ini bukan sensor film horor yang selalu disensor adegan-adegan yang dilarang. 

tapi ini sensor mobil, nah sensor ini tidak 1 tapi 12 sensor, jadi kalo dibahas bisa lama, saya sarankan baca artikel macam macam sensor pada mobil dan fungsinya
Di dalam artikel itu saya menuliskan 12 sensor, salah satunya.
  1. Manifold Absolute Pressure Sensor atau (MAP Sensor) berfungsi mengetahui keadaan udara masuk ke mesin mobil dalam keadaan baik atau buruk.
  2. Throttle Position Sensor berfungsi : mengetahui prediksi alirkan bahan bakar harus banyak atau sedikit dalam keadaan tertentu.
  3. Sensor Air Flow Meter berfungsi mengukur tekanan udara pada keadaan di dalam mobil.
  4. Yang Lainnya bisa kamu cek di artikel itu.
Sensor di atas akan menghasilkan nilai integer mikrokontroler ECU, contohnya beghni : tata cara pembacaan Throttle " 0% sampai 100 % " akan mengeluarkan sensor TPS dengan nilai tegangan "0V sampai 5V " nilai itu akan dikonversikan menjadi nilai integer " 0 – 32767 " terus akan dikirimkan ke ECU supaya dapat ditindak lanjuti. 

Nah, kalo sensornya suda tahu, jadi begini cara kerjanya. ECU akan mengatur komponen - komponen di dalam mobil sesuai ketentuan, jika salah satu komponen ada kesalahan.

Si sensor ini akan mendeteksinya, karena sudah terlahir tak sempurna, akhir sensor hanya bisa mengirimkan sinyak ke ECU, kalo komponen ini melakukan kerja tidak benar . 

ECU langsung bertindak, untuk meluruskan keadaan supaya sama seperti apa yang ditentukan. Kejadian itu bisa terjadi karena keadaan tertentu misal karena mobil melaju di jalan yang berlubang atau jalan-jalan yang ekstrim.

Ibarat otak manusia jika kaki kamu digigit nyamuk. Saraf sekitar kaki akan mengirimkan sinyal ke otak kalo kaki kamu tuh sedang digigit nyamuk.

Jika gigitan nyamuk itu sangat kuat dan dalam ke kulit kita akan menimbulkan rasa sakit yang kuat.
Karena sakit, kita tidak terima bukan digigit nyamuk kita pasti akan mengampar nyamuk tersebut. Plakkk, Begitu lah ibaratnya kalo ECU akan mengatur ulang komponen jika sudah ada sinyal dari Sensor-Sensor tersebut.

Tambahan : Di ECU mempunyai komponen COM yang berfungsi

sebagai media komunikasi dengan alat-alat interface seperti: Komputer, handphone Dan laptop. dari komponen inilah biasanya para mekanik melakukan perubahan nilai dari program-program atau parameter-parameter waktu injeksi dan pengapian untuk memodifikasi supaya dapat menang di arena balap (Harus disetting oleh orang-orang yang ahli dibidang itu), akhir kata terima kasih.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Pengertian Dan Cara Kerja ECU, Inilah Otak Dari Semua Komponen "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM