News Ticker

Menu

Nama-nama Komponen Utama Sistem Pengisian

Nama-nama Komponen Utama  Sistem Pengisian 

Nama-nama Komponen Sistem Pengisian-Pelengkapotomotif.com-Salam otomotif, selamat datang kembali diblog otomotif kesayangan anda ini hehe. Kemarin kita sudah membahas nama-nam komponen utama pada sistem starter diantaranya ada field coil, yoke dan pole core, brush serta starter relay. Untuk kali ini kita akan membahas "Nama-nama Komponen Utama  Sistem Pengisian" , karena sistem pengisianpun tidak kalah penting dengan sistem starter. 

Dengan adanya sistem pengisian aki pada mobil tidak cepat soak/tekor dikarenakan saat terjadi pelepasan arus juga ada pengisian jadi stabil pastinya kelistrikan dalam sebuah kendaraan. 


Lantas apa si akibat jika pengisian kurang dalam sebuah kendaraan ? pastinya kalau pengisian kurang dalam sebuah kendaraan akan menyebabkan aki menjadi drop karena pengisian lebih sedikit sedangkan pengeluaran banyak. Untuk itu selalu cek kelistrikan kendaraan anda secara berkala. 

Setelah mengetahui hal tersebut, mari kita belajar apa saja si nama-nama komponen utama pada sistem pengisian dan apa saja fungsinya, mari kita simak. 

Nama-nama Komponen Utama  Sistem Pengisian :

Alternator 

Alternator berfungsi untuk mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik pada mesin mobil. Alternator ini yang akan menyuplie kebutuhan akan pengisian aki sehingga membuatnya tidak cepat tekor drop. Nah adapun bagian-bagian dari pada Alternator diantaranya :
- Puli, berfungsi untuk tempat tali kipas penggerak rotor
- Kipas (fan), berfungsi sebagai pendingin diode dan kumparan-kumparan pada alternator
- Rotor, berfungsi untuk membangkitkan daya magnet
- Stator, berfungsi untuk menghasilkan arus bolak-balik
- Rectifier diode, berfungsi untuk menyearahkan arus AC (arus 2 arah bolak-balik) menjadi arus DC (arus searah)

Regulator

Regulator, berfungsi untuk mengatur besarnya arus yang masuk kedalam rotor coil sehingga arus dari alternator tetap konstan atau stabil sesuai dengan kebutuhan kasesoris pada kendaraan, meskipun putarannya berubah-ubah. 
Regulator juga dibagi menjadi 2, diantaranya :
1. Regulator Tipe Point
2. IC Regulator 

Adapun keunggulan dari IC Regulator, sebagai berikut :

- Pengisian battery dapat dilakukan dengan baik dan stabil
- Tahan getaran dan dapat dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama karena IC Regulator lebih simple dan compact
- Rentang tegangan outputnya lebih sempit dan variasi tegangan outputnya waktu singkat.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk kali ini, oh iya IC Regulator juga memiliki kekurangan yaitu mudah terpengaruh oleh suhu dan tegangan yang tidak wajar. Semoga bermanfaat, artikel ini dibuat berdasarkan buku panduan Step I Toyota, sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas materinya. Saya Saliman senang berbagi kepada anda semua pecinta otomotif, sampai jumpa, salam otomotif. 

BACA JUGA :

"Nama-nama Komponen Utama Sistem Starter dan Fungsinya"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Nama-nama Komponen Utama Sistem Pengisian "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM