News Ticker

Menu

Nama-nama Komponen Utama Sistem Starter dan Fungsinya

Nama-nama Komponen Utama Sistem Starter dan Fungsinya 


 Nama-nama Komponen Sistem Starter dan Fungsinya-Pelengkapotomotif.com-Salam otomotif, hari ini kita berjumpa kembali diartikel yang ke-206, ini pertanda PO akan semakin serius untuk memenuhi kebutuhan anda akan informasi otomotif. Khususnya bagi anak-anak yang sedang belajar/sokolah di smk jurusan otomotif. Tentu saya sendiri juga lulusan otomotif, sehingga paham betul dengan kalian yang mungkin bosan membaca buku dan lebih asyik membaca secara online. 


Untuk itu Pelengkap otomotif akan membuat sebuah artikel yang berhubungan dengan mata pelajaran disekolahan. Tentu saja artikelnya tidak langsung semuanya, hari ini kita akan belajar mengetahui apa saja si nama-nama komponen untuk sistem starter ? mungkin banyak yang belum tahu, yuk kita cari tahu sekalian fungsi dari beberapa komponen tersebut. 

Untuk itu langsung saja, inilah nama-nama komponen pada sistem starter :

Armature merupakan salah satu bagian komponen starter yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk gerak putar. Armature berbentuk sebuah batang besi dengan beberapa coakan atau slot diantaranya diberi nama armature shaft atau poros armature, armature coil dan komutator. Jumlah lilitan pada armature dibuat banyak yang bertujuan untuk memperkuat tenaga untuk memutar crankshaft
Field Coil atau Kumparan Medan Komponen sistem starter yang berfungsi untuk membangkitkan medan magnet. Selain itu Field Coil juga berfungsi sebagai jembatan  untuk meneruskan  arus ke armature coil, oleh karenanya Field Coil dirangkai secara seri dengan armature coil (rangkaian jangkar).
Yoke dan Pole Core berfungsi untuk mengikat Pole Core. Yoke sendiri terbuat dari logam yang berbentuk silinder. Adapun fungsi dari Pole Core untuk menopang field coil dan memperkuat medan magnet yang dihasilkan oleh field coil.
Brush (Sikat) berfungsi untuk meneruskan arus dari field coil langsung ke massa melalui komutator.
Starter Relay (Saklar magnet starter) berfungsi untuk menghubungkan arus besar dari battery ke kontak starter motor melalui plat kontak yang dapat bergerak ketika ada daya magnet, dengan bantuan arus listrik kecil yang dikontrol dari kunci kontak. 
Nah itu ada 5 komponen utama starter, namun sebenarnya setiap komponen tersebut mempunyai bagian-bagian lagi. Semoga bermanfaat untuk kita semua, saya menulis ini juga tentunya jadi teringat kembali pelajaran waktu smk, belajar yang rajin ya adek-adekku tercinta, jadilah murid teladan yang dapat dibanggakan oleh semua orang. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat, salam otomotif.

 BACA JUGA :

"Nama-nama Komponen Utama Battery"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Nama-nama Komponen Utama Sistem Starter dan Fungsinya "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM