News Ticker

Menu

Perbedaan antara perubahan kimia pada saat pelepasan dan pengisian muatan listrik

Perbedaan antara perubahan kimia pada saat pelepasan dan pengisian muatan listrik

Perbedaan antara perubahan kimia pada saat pelepasan dan pengisian muatan listrik-Hello guest keteu lagi bersama saya Saliman, nah hari ini saya akan membahas mengenai materi pembelajaran, yuk kita belajar lagi. JIka yang dahulunya ambil jurusan otomotif pasti sudah tahu, namun bagaimana kalau sahabat pelengkap otomotif ini lulusan SMA atau kuliahan dijurusan lain. Pastinya kalian juga penasaran dengan dunia otomotif bukan. 

Mengapa begitu ?, karena saya yakin semakin tinggi lulusan akedeminya pasti kebanyakan semakin sukses. Karena kesuksesannya itu banyak yang mempunyai kendaraan bermotor. Dan suatu ketika ada masalah pada motornya itu, pasti sang pemilik akan berfikir seandainya saya tahu mesin, bukankah begitu hehe. 


1. Perubahan kimia pada saat pelepasan muatan listrik

Battery memberikan aliran listrik ketika dihubungkan dengan rangkaian luar seperti, televisi, radio, klakson, dan lain lain. Aliran listrik ini terjadi karena adanya reaksi kimia dari asam sulfat dengan kedua bahan aktif, dari plat positif dan negatif (PbO2 dan Pb).

Pada saat pelepasan muatan listrik terus-menerus elektrolit akan bertambah encer dan reaksi kimia akan berlangsung sampai seluruh bahan aktif pada permukaan plat positif dan negatif berubah menjadi timbal sulfat (pbSO4). Kemudian jika battery tersebut tidak lagi dapat memberikan aliran listrik pada voltase tertentu maka battery dinyatakan lemah (soak).

2. Perubahan kimia pada saat pengisian muatan listrik

Pada saat pengisian listrik akan terjadi kembali reaksi kimia, namun berlawanan dengan reaksi kimia yang terjadi saat pelepasan muatan listrik. Timbal peroksida (PbO2) terbentuk pada plat positif dan timbal berpori (Pb) terbentuk pada plat negatif, sedangkan berat jenis elektrolit akan naik. Hal itu dikarenakan air digunakan untuk membentuk asam sulfat. Dan akhirnya battery kembali dalam kondisi bermuatan listrik. 

Wah sedikit saja sudah pusing ya apalagi banyak, tapi yang namanaya belajar ya harus sedikit demi sedikit. Biarpun sedikit yang penting masuk keotak, betul tidak hehehe. Baiklah pelajarannya sampai disini dulu, untuk mengikuti pelajaran berikutnya ikuti terus Pelengkapotomotif.com dengan cara like fans page dan join site bersama kami. Sampai jumpa, salam otomotif.

Baca juga : 

"Nama-nama komponen sistem pengapian dan fungsinya"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Perbedaan antara perubahan kimia pada saat pelepasan dan pengisian muatan listrik "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM