News Ticker

Menu

Nama-nama Komponen Utama Battery

Nama-nama Komponen Utama Battery 

Nama-nama Komponen Utama Battery-Pelengkapotomotif.com-Battery merupakan sumber utama kelistrikan pada kendaraan bermotor, khususnya mobil dan motor. Karena tanpa aki kendaraan anda tidak akan hidup kecuali motor yang menggunakan kick start hehe. 

Namun untuk kali ini saya tidak akan membahas yang itu, karena fungsi aki sudah saya bahas diartikel sebelumnya. Untuk artikel kali ini saya akan membahas komponen utama battery atau aki. Sebenarnya apa saja si komponen utama dari sebuah aki, yuk mari kita simak saja. 

Nama-nama Komponen Utama Battery/aki :

1. Plat Battery

Plat Battery merupakan sebagai tempat landasan atau wadah dari bahan aktif, contohnya : PbO2 pada plat positif dan Pb pada plat negatif pada battery asam timah.

2. Blok Sel

Blok Sel merupakan rangkaian yang terdiri dari plat positif, plat negatif dan separator dalam suatu susunan tertentu.

3. Separator

Separator merupakan komponen dalam battery yang berfungsi untuk memisahkan plat positif dan plat negatif agar tidak terjadi konsleting/hubungan singkat, serta melindungi plat-plat battery khususnya plat positif. 

4. Elektrolit

Elektrolit merupakan senyawa dalam bentuk cairan yang memiliki kemampuan untuk menghantarkan listrik.

5. Berat jenis Elektrolit

Menentukan perbandingan antara elektrolit dengan air dalam kapasitas yang sama, hal itu untuk menentukan beban sehingga kecepatan dalam menghantarkan listrik diketahui. Untuk mengukur berat jenis pastinya anda menggunakan alat yang bernama BJ Elektrolit. Jika mengapung berarti baik. 

Mungkin hanya sedikit ilmu yang saya bagikan, yuk terus belajar dan belajar agar kita tambah wawasan, jangan mau kalah dengan orang-orang luar sana. Semoga bermanfaat, saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya. Salam otomotif.

Baca juga :

"Fungsi utama aki pada kendaraan"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Nama-nama Komponen Utama Battery "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM