News Ticker

Menu

Perawatan Wiper Kaca Mobil


pelengkapotomotif.com_Hello sobat setia PO. Bagaimana kabar kalian? Semoga kalian selalu sehat dan selalu dalam lindungan-Nya, aamiin. Ok guys, sekarang udah mulai ujan ya guys. Kalian harus tetap jaga kesehatan kalian ya. Untuk artikel ini masih berhubungan dengan musim hujan nih guys. Yups, bener banget sesuai dengan judul kita hari ini, kita akan membahas Perawatan Wiper Kaca Mobil nih guys. Yuk kita langsung aja kepembahasannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa wiper mobil merupakan salah satu alat atau komponen yang terpenting dalam sebuah mobil. Terutama pada saat musim hujan, karena tetesan airnya bisa mengganggu pandangan kita saat berkendara ya guys. Perlu kita ketahui juga, sama seperti komponen yang lainnya wiper juga memerlukan perawatan guys.


Namun banyak dari kita yang tidak memperhatikan karet wiper tidak bekerja secara optimal dalam menyeka air. Masalah yang sering terjadi pada wiper kaca mobil ini adalah pada tingkat kelenturan atau keelastisan pada karet. Imbas dari ketidak lentur/keelastisan ini dari terpaparnya wiper dengan panas yang dilakukan dalam waktu yang lama dan kotor guys.

Nah biasanya kalau kita parkir sembarangan ya guys hehe, yang tidak ada atapnya guys. Dan kita jarang membersihkan wiper kita tentunya. Untuk perawatann wiper ini sebaiknya dilakukan satu tahun dua kali guys. Tapi, tak jarang juga banyak yang rusak sebelum jangka waktu yang seharusnya guys. Tanda dari wiper ini mulai timbul gejala kerusakan biasanya sudah mulai keras pada karet wiper atau bahkan bisa robek.

Jika karet wiber sudah keras bisa saja membuat blade wiper terkena kaca dan sehingga bisa mengakibatkan baret atau lecet pada kaca mobil kita guys. Dan seperti yang saya bilang tadi, salah satu yang mempengaruhi usia wiper adalah dengan kita memparkir sembarangan mobil kita di bawah terik matahari secara berangsur-angsur.


Karena jika terlalu sering terkena panas, bisa lama-lama kehilangan keelastisan. Tipe wiper yang banyak dipasaran biasanya ada dua tipe. Yakni ada tipe frameless dan konvensional. Tipe frameless ini adalah tidak menggunakan gagang besi, namun keseluruhan badan wiper menggunakan karet. Sedangkan untuk wiper jenis konvensional adalah menggunakan gagang besi sebagai rangka pada karet wiper.

Nah guys, untuk kebanyakan mobil zaman sekarang biasanya menggunakan frameless guys. Dikarenakan kalau pakai frameless lebih lentur dan mampu mengikuti bentuk permukaan kaca mobil. Jadi lebih nyaman saat digunakan. Kalau menurut kalian pilih wiper yang tipe apa guys? 

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dukung Pelengkap Otomotif Channel dengan cara like, comment, share and subscribe channel kami ya guys. Sampai jumpa guys, daaah . . . . .

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Perawatan Wiper Kaca Mobil "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM