News Ticker

Menu

Kenali Gejala Van Belt yang Akan Putus

pelengkapotomotif.com_Hello sobat setia PO. Gimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan-Nya, aamiin. Balik lagi dengan kami tentunya di blog kesayangan kalian. Ok, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sebuah komponen yang ada di sebuah motor nih guys. Nah, apa itu? Yups, sesuai dengan judul kita hari ini kita akan membahas mengenai, Kenali Gejala Van Belt yang Akan Putus. Cuss kita langsung aja ya say.....

Van belt pada sebuah sepeda motor matik ini merupakan salah satu bagian atau komponen terpenting di dalamnya. Yang mana van belt atau biasa kita sebut dengan vbelt ini memiliki fungsi sebagai penyalur atau menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Yang mana ini hampir sama fungsinya dengan rantai guys.

Tetapi kalau rantai itu masih bisa terlihat bagaimana kondisinya, baik rantai sudah dalam kondisi kering ataupun longgar. Namun beda halnya dengan vbelt ini, vbelt berada di dalam CVT. Yangmana ini membuat kita sedikit kesulitan untuk dapat mengecek keadaanya. Maka harus kita buka terlebih dahulu penutup CVTnya.

Apabila terjadi kerusakan seperti terjadinya putus pada vbelt ini maka secara otomatis motor matic kita langsugg ngga bisa jalan dan mengharuskan kita untuk mendorong motor matic kita. Namun selain harus membuka atau membogkar CVTnya, kita bisa mengetahuinya melalui gejala-gejala yang ditimbulkan. Diantaranya bisa dengan mendengarkan dari suara bising yang dihasilkan dari bagian CVTnya.

Jika sudah terjadi seperti itu, bisa jadi vbelt kita sudah mulai mengalami aus dan sebaiknya diganti. Selain dari timbulnya suara, kita juga bisa mengetahui dari turunnya performa pada kendaraan kita. Kalau pada saat kita start agak lemot dan juga menjadi berat saat di kendarai, dan pas jalan juga bisa terjadi slip. 

Nah, sebaiknya kita rutin mengeceknya setiap 5.000-8.000 km. Atau setiap 24.000 km lebih baik kita mengganti vbelt kita, dan juga sekaligus mengganti rollernya agar performa kendaraan kita jauh lebih baik. Kalau kita membuka CVTnya, kita bisa mengecek vbelt dengan cara mengecek bagian-bangiannya. Apakah ada bagian yang retak atau tidak pada bagian celah vbelt yang bergerigi membentuk huruf V. Biasanya dengan cara kita membuat lekukan-lekukan di beberapa bagian, nah dari situ aja bisa ketahuan apakah terjadi retakan atau tidak.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi Pelengkap Otomotif Channel ya guys. Disana kalian bisa mendapat berbagai tips otomotif menarik dari kami. Dukung juga dengan cara like, comment, share, and subscribe. See you guys . . . .

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Kenali Gejala Van Belt yang Akan Putus "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM