News Ticker

Menu

Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak

Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak

Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak-Salam otomotif, apa kabar PeQ, semoga hari ini menyenangkan walau melelahkan hehe. Saatnya bersantai sambil ngopi atau ngeteh ya hehe. Selain itu, sambil menikmati artikel terbaru dari Pelengkap Otomotif yuk, karena hari ini PO menghadirkan artikel menarik khususnya bagi pecinta motor 2 tak seperti Ninja 150RR atau Yamaha RX-KING sang raja jalanan pada masanya.

Ngomongin motor 2 tak pastinya tidak terlepas dari orang-orang penggila drug, pastinya naik motor 2 tak itu saat akselerasi serasa dijambak rambutnya, wusss haha. Saya sendiri pengguna 4 tak tapi pernah mencoba Yamaha RX-King, wah gila gasnya galak banget, kaget saya haha. Lah iya setiap hari menggunakan Honda Tiger, selain itu juga bawanya biasa santai kecuali untuk top speednya pas jalan enak dimaksimalin he.

Tapi untuk kesempatan kali ini saya tidak akan membahas motornya, melainkan bagaimana langkah kerja dari pada mesin 2 tak tersebut. Akan tetapi kalian semua para sahabat PO harus tahu terlebih dahulu, kenapa si kok sebuah mesin itu bisa menyala, dan bagaimana syarat sebuah mesin dapat menyala dengan baik sehingga motor hidup dapat anda naiki untuk beraktifitas.

Adapun syarat terjadinya pembakaran pada motor bensin antara lain : Adanya campuran bahan bakar dan udara, adanya percikan bunga api, adanya tekanan kompresi, serta timing dan waktu yang tepat. Sebab terjadinya pembakaran juga melalui proses dimana ada campuran bahan bakar dan udara yang pas/sesui serta berada dalam kevakuman pada ruang bakar. Awalnya busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang seimbang akan terbakar, menghasilakan energi.

Nah dengan adanya proses sederhana itu, mesin dapat menyala dan menghasilkan energi, kemudian langkah-langkah ini dibagi menjadi 4 bagian, diantaranya : langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Mungkin orang mengenalnya dengan teknologi 4 tak/ stroke. Dengan adanya 4 bagian makanya siklus ini dinamakan siklus 4 langkah, adapaun yang akan kita bahas adalah siklus 2 langkah (2 tak).


Motor 2 tak merupakan motor yang dapat menghasilakan energi hanya dengan satu kali putaran poros engkol atau dengan 2 kali gerakan piston. Adapun langkah kerja yang ada di motor 2 tak, yaitu langkah hisap dan langkah kompresi.


Proses kerja diatas piston. Pada langkah hisap, piston akan bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas). Pada saat piston bergerak ke titik mati atas gas akan dikompresikan, dengan tekanan yang tinggi, sesaat sebelum piston sampai pada titik mati atas, maka busi akan memercikan bunga api dan membakar campuran gas  tersebut. Langkah ini disebut dengan langkah kompresi.

Disisi lain langkah kerja dibawah piston adalah ketika piston bergerak naik menuju titik mati atas maka volume pada ruang engkol menjadi lebih besar dikarenakan piston semakin naik keatas, menyebabkan ruang engkol menjadi vakum. Pada saat itu katup masuk membuka, campuran udara dan bahan bakar masuk kedalam ruang engkol, langkah ini disebut dengan langkah hisap. 

Kemudian ada langkah usaha dan langkah buang. Pada langkah ini piston bergerak dari titik mati atas menuju titik mati bawah. Langkah kerja diatas piston adalah setelah piston mengkompresi campuran bahan bakar dan udara, selanjutnya busi memercikan bunga api, dengan begitu akan terjadi ledakan sehingga menghasilkan energi. Akibat adanya ledakan tersebut, piston terdorong kembali menuju titik mati bawah, langkah ini disebut sebagai langkah usaha. 

Sementara itu kerja dibawah piston, katup buang membuka, dan saluran bilas juga membuka. Fungsi saluran bilas ini adalah untuk mengalirkan campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang silinder. Kemudian pada saat piston berada diposisi saluran bilas, katup buangpun membuka maka proses hasil pembakaran dimulai. Gas barupun yang berada diruang engkol akan terdesak oleh piston emudian mengalir melalui saluran bilas menuju ruang silinder sambil membantu mendorong gas hasil dari pembakaran keluar melalui katup buang. Proses tersebut dinamakan langkah buang. 

Kurang lebih seperti itulah langkah-langkah dan cara kerja dari motor 2 tak, semoga bermanfaat ya sahabat PO sekalian. Untuk mengetahui informasi terbaru seputar otomotif, ikuti terus Pelengkapotomotif.com sampai jumpa, salam otomotif. 

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM