News Ticker

Menu

Belajar cara mengendarai motor kopling berdasarkan pengalaman

Belajar cara mengendarai motor kopling berdasarkan pengalaman

Belajar cara mengendarai motor kopling berdasarkan pengalaman-Salam otomotif, hemm sudah lama sekali saya tidak membawakan artikel dengan tema cerita. Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan sedikit rekomendasi motor apa yang cocok untuk anda dalam belajar mengendarai motor kopling.

Nah pastinya disini tidak sedikit yang belum bisa mengendarai motor kopling kan hehe, untuk itu pelengkapotomotif.com akan membantu anda dalam belajar motor kopling. Baiklah sebenarnya tidak sesulit apa yang anda bayangkan, karena belajar motor kopling sangat mudah dan menyenangkan. apalagi kalau yang mengajari adalah sang kekasih hehe.

Ini adalah pengalaman saya yang baru perma kali mengendarai motor kopling, dan ini bisa anda jadikan sebagai tips. Yang pertama kita harus memilih motor yang gampang untuk belajar. Dahulu pertama kali belajar motor kopling saya menggunakan Suzuki Satria FU. Kenapa harus  Suzuki Satria FU, karena Suzuki Satria FU mempunyai bobot yang ringan dan tentunya pendek sekali, cocok untuk yang bertubuh tidak terlalu tinggi seperti saya.

Selain itu kenapa saya merekomendasikan Suzuki Satria FU, karena karakter mesinnya sangat enak untuk belajar, terlabih lagi koplingnya juga tidak keras. Wanita juga saya sarankan memakai Suzuki Satria FU untuk tahap belajar. 

Awalnya saya hanya menguasai motor bebek alias ayam babon, kemudian saya ingin naik pangkat dengan mengendarai motor kopling, maklum idaman saya adalah Kawasaki Ninja 250 dari SMK. Nah singkat cerita adik saya dibelikan Satria, dan beberapa hari kemudian saya tertarik untuk mencobanya. Ternyata naik motor kopling tidak lebih sulit dari menulis artikel hahaha. 

Ya memang satu dua kali sempat mati-mati terus akibat terlalu cepat melepaskan kopling. Tips belajar motor kopling dengan baik. Nyalakan mesin motor kopling anda dalam posisi netral. Pasang kuda-kuda diatas motor, dengan tangan kanan memegang gas, dan tangan kiri memegang kopling, awas jangan terbalik ya hehe. 

Kemudian, gas-gaslah motor dengan lembut bertujuan untuk mengukur seberapa galak gas yang akan kita mainkan. Setelah mengetahui kondisi motor, baru tarik kopling sampai mentok kemudian baca do'a. Setelah full narik kopling dan baca do'a barulah masukan perseneleng 1. Emm untuk motor kopling, memasukan perseneleng 1 sama halnya dengan motor bebek babon. 

Namun untuk  pindah keperseneling 2 sudah berbeda dengan motor bebek babon. Jika babon mempunyai kontruksi N-1-2-3-4 pada umumnya maka ayam jago memiliki kontruksi 1-N-2-3-4-5-6 dan pasti anda bisa membedakan kontruksinya. 

Jika perseneleng babon hanya terus menekan kebawah untuk menambah kecepatan sampai mentok maka untuk motor ayam jago menekan kebawah untuk memasukan perseneleng 1, kemudian mencongkel (keatas setengah saja) adalah posisi N (netral), dan mencongkel keatas full masuk perseneleng 2 dan seterusnya. 

Kalau untuk mengurangi kecepatan maka cukup menekan tuas perseneleng kebawah terus menerus, sampai mentok dan tidak dapat diturunkan kembali itu masuk perseneleng 1. Untuk menetralkan cukup congkel setengah saja hehe. 

Awalnya sedikit bingung dan canggung, itu hal biasa untuk kita semua dalam setiap penyesuaian diri. Dan yang terpenting saat anda belajar motor kopling, lepaskan kopling perlahan dengan sedikit-demi sedikit, okey. 

Semoga bermanfaat artikelnya, bila ingin belajar langsung dengan saya, silahkan main kerumah saya di Kebumen ya hehe. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, sampai jumpa salam otomotif.

Baca juga :

"Cara menguras air radiator Yamaha Vixio"

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

14 comments to ''Belajar cara mengendarai motor kopling berdasarkan pengalaman"

ADD COMMENT
  1. Informasinya sangat bermanfaat sekali gan, menambah pengetahuan saya tentang bidang Belajar cara mengendarai motor kopling berdasarkan pengalaman
    .........
    Terima kasih telah berbagi gan...
    by: Ilmu Memperbanyak Pengunjung Blog
    ........
    Jika agan ingin Tips dan Tutorial Cara Meningkatkan dan Memperbanyak Jumlah Pengunjung Blog dan Visitor Blog serta Viewer Blog, silakan kunjungi www.pengunjungblogs.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat, mengendarai motor kopling memang gampang sebenernya

      Delete
  2. Nyong esih mati mati bae lik, keprie jal. Isin nek lunga2 numpek koplingan. Tapi motorku Ora Ana persenelenge lik. Sebelah ndi si ya. Hha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho jan ya wis lah bu numpak angkot wae lah hahah persenelenge takon supire haha

      Delete
  3. haha ngapake metu rika jebule ya... salam ngapak. ora ngapak ora kepenak. w-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha lah ya lah wong njenengan ngapak ya aku melu ngapak, engko dikira sombong nek ra ngapak kwkwkkw Wongendi kang? :-?

      Delete
  4. ayah, bumen. haha. ya bener men pada ngapake ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh Ayah, ya manteblah jebulane akeh blogger juga ya nang Kebumen hehe maju terus blogger Kebumen hehe Blogmu ya apik kang josslah

      Delete
  5. Ora apik liklah. Anu iseng. Ajari men trafike duwur ky gonmu kie liklah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya aku beh gak paham hu, update bae update hehe. Kapan-kapan ngeblog bareng ya joss hahaha

      Delete
  6. ayuhlah ajari nyong men mandan ana pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenalan nang fp bae, aku men ngerti akunmu kang hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM