News Ticker

Menu

Cara Mengecek Aki pada Motor yang Jarang Dipakai

pelengkapotomotif.com_Hello sobat PO. Bagaimana keadaan kalian? Jaga kesehatan ya guys sekarang udah mulai turun hujan, jangan lupa bawa jas hujan atau payung ya guys. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seputar aki nih guys. Yups, sesuai yang ada di judul kita hari ini kita akan membahas tentang Cara Mengecek Aki pada Motor yang Jarang Dipakai. Yuk kita langsung bahas aja ya.

Banyak di antara kita yang memiliki kendaraan lebih dari 1 ya guys. Nah salah satu dari kendaraan tersebut biasaya ada kemungkinan yang jarang dipakai. Nah, kita juga harus tetap menjaga mesin kita agar tetap beroperasi dengan baik. Salah satunnya kita harus menjaga aki kita guys, karena kalau aki kita mati otomatis tidak bisa menyalakan motor kita guys. Yang harus kita lakukan antara lain adalah :

Kita dapat Meraba Bagian Permukaan Aki

Nah, yang pertama kita dapat lakukan untuk mengecek aki kita dapat melakukannya dengan manual yakni dengan menggunakan tangan guys. Kita dapat mengecek aki dengan meraba bagian permukaan aki kita apakah masih dalam keadaan baik atau tidak. Kita bisa melihat jika aki kita sudah mulai menggembung atau mengembang

Nah, kalau sudah seperti itu kita dapat pastikan bahwa aki kita dalam keadaan rusak. Seperti yang kita sering liat, kalau baterai handphone kita sudah rusak pasti ada bagian yang menonjolnya kan guys. Jadi kita sebaiknya kita ganti guys. Agar performa mesin kita tetap terjaga tentunya. Dan demi kenyamanan kalian saat berkendara.

Selanjutnya dengan Menggunakan Alat Voltmeter

Cara yang kedua yakni dengan menggunakan alat guys, jadi memudahkan kita dalam pengecekan untuk membantu keakuratan voltase aki kita. Yakni menggunakan alat voltmeter untuk mengecek aki. Biasanya pengecekan aki menggunakan alat ini dilakukan setelah aki selesai di charge dengan voltase 12,4 volt.

Cara mengetesnya dengan kita menghubungkan kabel merah ke bagian positif pada aki, dan kabel hitamnya pada bagian negatif aki. Jika tegangan yang ada pada aki kurang dari voltase standar, 12,4 volt maka bisa di katakan aki kita drop. Dan kita bisa lakukan penggantian untuk aki kendaraan kita.

Dan Kita dapat Mengeceknya dengan Membaca Speedometer

Dan yang terakhir yang dapat kita lakukan yakni dengan cara kita membacanya melalui speedometer motor kalian guys. Dan kita bisa dengan cara kunci kontak yang di ON kan. Lalu kita bisa menyalakan mesin, lampu utama atau sein. Nah dari sini kita bisa mengetahui jika berkedip lemah pada bagian speedometer itu tandanya aki kita sudah mulai tidak stabil. Sebaiknya kita periksakan motor kita, apakah perlu diganti atau hanya perlu di charge

Mungkin hanya itu saja yang dapat kita sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa buat tonton juga channel kami di Pelengkap Otomotif Channel agar kalian dapat berbagai tips otomotif menarik dari kami. Dukung juga dengan cara subscribe, like and coment ya guys. See you guys . . . . . 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Cara Mengecek Aki pada Motor yang Jarang Dipakai "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM