News Ticker

Menu

Apasih, Spooring dan Balancing pada Ban Mobil?

pelengkapotomotif.com_Hello guys, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat ya guys. Aamiin. Ok guys pada kesempatan kali ini kita akan membahas tips menarik tenang ban mobil nih guys. Sesuai dengan yang ada di judul artikel kita hari ini, kita akan membahan tentang Apasih, Spooring dan Balancing pada Ban Mobil? Yuk kita langsung bahas aja guys.

Seperti yang kita ketahui, steering atau kemudi merupakan salah satu bagian terpenting dalam mobil guys. Agar kemudi kita dapat bekerja dengan baik maka kita harus melakukan pemeriksaan secara rutin pada bagian spooring dan balancing pada ban. Kita akan membahas satu persatu ya guys, yang pertama yakni :

SPOORING

Proses spooring dilakukan terlebih dahulu sebelum akhirnya dilanjutkan proses balancing. Spooring itu sendiri adalah menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil yang berlawanan. Proses ini biasanya meliputi camber, caster, toe angel (toe in atau toe out) dan turning radius

Fungsi dari spooring bagi kendaraan kita sendiri adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan antara lain kemudi kita menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah kemudi di lepas, dan juga dapat mengurangi keausan pada komponen-komponen ball-jail dan roda. Setidaknya kita melakukan perawatan setiap 15.000 km atau jika kita kurang terlalu memperhatikan angka, kita bisa lakukan 4 (empat) bulan sekali.

Gejala-gejala yang bisa kita ketahui, biasanya terjadi kalau sudah memerlukan perawatan spooring antara lain :

  • Permukaan ban tidak rata.
  • Kemudi terasa berat akibat kendornya tali kipas dan juga mungkin oli kurang pada power steering
  • Getaran yang kuat pada kemudi akibat lemahnya sistem suspensi depan. Getaran ini juga bisa disebabkan oleh longgarnya batang penyambung (long tie road) pada sistem kemudi.
  • Saat di parkirkan mobil kita di bidang yang lurus dan datar, tapi berasa rodanya miring.
  • Saat mengendarai mobil, jika terasa arah stir mobil kita condong ke salah satu sisi maka ini tandanya perlu di spooring.

BALANCING

Balancing dilakukan jika terjadi getaran pada dilingkaran kemudi, laju mobil mengarah ke kiri atau ke kanan, stir terasa berat, mobil terasa miring dan ban mobil seolah terasa sempit. Balancing itu sendiri adalah penyeimbang kombinasi berat ban dengan vleg agar putaran pada roda.

Manfaat dari balancing antara lain adalah menyeimbangkan ban-ban pada kendaraan. Efisiensi pada bahan bakar mobil kita. Mengurangi biaya perbaikan mobil. Saat berkedara mobil kita jadi terasa lebih mulus. Meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Dan juga dapat memperpanjang usia ban mobil.

Nah, jadi kita harus memperhatikan keadaan mobil kita agar kita bisa merasa aman dan nyaman saat berkendaraan. Lakukan perawatan ya guys, supaya kita ngga harus bolak-balik ganti komponen hehe.

Mungkin hanya itu saja ya guys, yang bisa kita sampaikan. semoga bermanfaat. Kunjungi juga Pelengkap Otomotif Channel ya, supaya kalian dapat tipps menarik lainnya dari kami. See you guys.......

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Apasih, Spooring dan Balancing pada Ban Mobil? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM