News Ticker

Menu

Dampak dari Rantai yang Terlalu Kendor maupun Kencang


Hay sobat setia PO, masih bersama kami tentunya yang membahas tentang seputar otomotif dan liburan tentunya. Ok guys pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit pengetahuan tentang seputar rantai nih guys. Nah, yuk kita mulai pembahasannya.

Kalian tahu kan apa itu tantai? Yap, rantai adalah sebuah rantai yang menerima putaran dari crankshaft yang kemudian terjadi putaran, putaran tersebut yang akan digunakan untuk menggerakan camshaft/noken as pada bagian silinder head.

Rantai pada sepeda motor umumnya memiliki batas pemakaian kurang lebih sampai 15.000km. Dan mampu bertahan sampai 3 sampai 5 tahun pemakaian. Rantai sepeda motor yang sudah terasa kendur harus ada tindak lanjut penyetelan ulang rantai, ini bila rantai masih dalam.kondisi fit ya kalau kiranga sudah tidak layak pakai sebaiknya ganti.

Penyetelan rantai pada sepeda motor ini sendiri bertujuan agar pengguna lebih nyaman dalam berkendara dan rantai bisa kembali dalam kondisi yang prima.

Dalam penyetelan rantai kita tidak boleh terlalu kendor atau terlalu kencang karena akan berakibat fatal pada sepeda motor kita guys. Untuk itu penyetelan rantai juga ada standarnya sendiri yakni dua sampai tiga sentimeter saja.


Apabila kondisi rantai tidak sesuai akan berdampak pada gear motor dan rantai itu sendiri say. Kalau terlalu kencang dalam pemasanngan rantai, dikhawatirkan rantai akan cepat aus dan apabila rantai yang terlalu kendor bisa saja terlepas dari gearnya.

Rantai yang mengalami kerusakan biasanya akan menimbulkan bunyi atau suara "tek....tek....tek". Dan selain itu juga motor kalian akan terasa tidak nyaman saat anda gunakan untuk bepergian. 

Akibat rantai terlalu kendor

  1. Putaran kruk as ke putaran nikon as menjadi lambat.
  2. Motor agak susah distarter.
  3. Mesin akan menimbulkan suara berisik.
  4. Motor sering mati pada putaran rendah.

Akibat rantai yang terlalu kencang

  • Motor agak berat di starter.
  • Motor akan susah atau tidak bisa stasioner atau handle gas.
  • Suara motor akan meraung-raung.
  • Suhu pada kendaraan bermotor akan cepat panas.
  • Dudukan akan cepat aus.
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf. Dan SEKIAN.

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Dampak dari Rantai yang Terlalu Kendor maupun Kencang "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM