News Ticker

Menu

Penyebab Ban Sepeda Motor Cepat Gundul

Penyebab Ban Sepeda Motor Cepat Gundul



Assalamualaikum para pembaca blog Pelengkap Otomotif atau yang biasa disingkat PO. Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab ban sepeda motor cepat gundul, Ban motor sejatinya didesain untuk bisa bertahan selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, karena kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor, membuat ban sepeda motor tidak bisa bertahan lama. Akibat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pengendara, ban sepeda motor akan menjadi gundul, botak, maupun ban sepeda motor tersebut rata mulus.

Lalu, apa sajakah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pengendara sehingga ban motor tidak bertahan lama alias ban motor gundul atau botak? Dibawah ini, adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pengendara, diantaranya:

1. Selalu menggunakan standar samping

Menggunakan standar samping merupakan salah satu dari kesalahan-kesalahan lainnya yang dilakukan oleh pengendara. Menggunakan standar samping memang terbilang sangat mudah dilakukan, namun membuat beban motor terpusat pada satu sisi. Tidak hanya itu, menggunakan standar samping juga bisa menyebabkan

shockbreaker menjadi condong ke kiri dan juga menekan ban sepeda motor sebelah kiri. Hal ini akan membuat ban sepeda motor bagian kiri menjadi semakin cepat aus.

2. Tekanan angin kurang

Tekanan angin pada setiap ban motor berbeda-beda tergantung pabrik masing-masimg. Namun jika tekanan angin tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrik, maka ban motor yang Anda kendarai akan semakin menapak ke aspal. Jika ban sepeda motor sering menapak ke aspal, ini akan membuat permukaan ban sepeda motor menjadi aus.

3. Mengangkut beban berat

Banyak orang yang mengangkut beban yang sangat berat ketika sedang mengendarai motor. Beban yang sangat berat, akan membuat ban sepeda motor tertekan ke aspal dan akan mengakibatkan ban sepeda motor melebar. Jika hal ini terus dilakukan, maka akan mengakibatkan ban motor menjadi gundul. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan dulu bobot maksimum untuk sepeda motor Anda.

4. Jarang membersihkan ban

Anda tidak akan tau setiap harinya ban motor yang menyentuh ke permukaan aspal saat Anda berkendara. Padahal, ada beberapa zat kimia yang dapat membuat ban sepeda motor Anda menjadi lebih cepat habis, seperti cat, bensin, oli, air sabun, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sebaiknya rajin-rajinlah untuk membersihkan ban sepeda motor Anda. Dan ketika akan membersihkan ban, hindari untuk tidak menggunakan sabun colek atau deterjen bubuk yang bisa mengurangi umur ban. Jika malas, cukup basahi ban kemudian sikat, dan setelah itu bilas dan bersihkan menggunakan air bersih.

5. Berkendara dengan kecepatan tinggi

Ketika Anda mengendarai motor dengan kecepatam tinggi, Anda mungkin juga sering mengerem secara mendadak. Mengerem akan menambah beban ban, terlebih lagi ketika Anda mengerem secara mendadak dan dengan sering. Karena itu, kebiasaan ini akan membuat ban sepeda motor menjadi lebih cepat gundul.

Untuk itu, bagi setiap pengendara motor saya sarankan agar bisa merawat komponen-komponen pada sepeda motor, terutama ban

karena jika Anda tidak merawat ban dengan baik akan mengakibatkan ban tidak bisa bertahan dari aslinya dan akan membuat ban menjadi cepat gundul.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, terutama pengendara motor dan juga pecinta sepeda motor. Wassalamualaikum...

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

6 comments to ''Penyebab Ban Sepeda Motor Cepat Gundul"

ADD COMMENT
  1. saya sering menggunakan standar samping nih... baru tahu ternyata bisa menyebabkan cepat tipis bannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas itu karena beban lebih berat kesalah satu sisi ban saja

      Delete
  2. Ban depan Motor Mio ku yang gundul cuma samping bagian kanan wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mungkin mas Danu sering melakukan cornering kearah kanan hihi

      Delete
  3. hampir semua penyebab ane lakuin dan. emang betul ban cepet abis.. hahaha baru tau soalnya. kalo sekarang pasti di rawat dan di sayang - sayang ;*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh , sebenarnya si solusinya jangan dipakai mas biar awet hahah. Semoga bermanfaat artikelnya, salam otomotif

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM