News Ticker

Menu

Perlukah Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari?


Assalamu’alaikum sahabat Pelengkap Oto, pada kesempatan yang lalu saya telah mengulas tentang “Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid”. Nah pada kesempatan kali ini saya berbagi mengenai kebiasaan beberapa orang, baik itu teman, sahabat, saudara hingga tetangga. Kebiasaan tersebut adalah  kebiasaan memanaskan sepeda motor di pagi hari atau sebelum memulai perjalanan. Bahkan hal tersebut dilakukan hingga berjam-jam.

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kalian pernah melakukan hal ini atau melihat orang lain melakukan kebiasaan ini, kebiasaan memanaskan mesin motor ini juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti Durasi Pemanasan

Durasi Pemanasan

Memanaskan motor alangkah baiknya cukup 30 detik dan maksimal 1 menit dengan membiarkan stasioner saja, dan selama itu oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Jadi, tidak perlu digeber-geber.

Memanaskan mesin tak lebih lebih dari satu menit, menurut Sarwono ada beberapa keuntungan. Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running), dan ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi.

Bikin Boros

Jika terlalu lama memanasi mesin maka bensin akan terbuang sia-sia.Lalu ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot
jika tidak dipanaskan pun, sepeda motor injeksi sudah siap diajak lari.

Gejala ”brebet” ketika kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.

Jadi, apakah masih perlu memanaskan mesin motor saat pagi hari. Jika kalian sudah menggunakan motor injeksi maka jawabannya adalah tidak perlu. karena Sepeda motor injeksi di jaman sekarang sudah jauh lebih ”canggih” jika dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator. Pada motor injeksi, Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.

Hal tersebut juga diperkuat dengan keberadaan tuas choke yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini keberadaan tuas choke sudah tak digunakan lagi. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke ,karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.

Namun, bagaimanakah jika kita masih menggunakan motor yang menggunakan karburator? Apakah perlu memanaskan mesin saat pagi hari? Jika motor tersebut "sering dipakai bepergian" maka memanaskan mesin saat pagi hari juga tidak diperlukan. Beda ceritanya jika motor tersebut jarang dipakai (tidak dipakai antara 1 hingga 3 hari), sehingga mesin menjadi adem dan perlu dipanaskan saat akan menggunakannya (durasi pemanasan mesin yang disarankan adalah sekitar 30 detik)

Jadi, baik motor injeksi maupun motor karburator sudah tidak memerlukan pemanasan di pagi hari. Namun bagaimanapun juga yang namanya kebiasaan memanaskan mesin ini pastilah sulit untuk dirubah, karena kebiasaan ini sepertinya sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Itulah ulasan mengenai "Perlukah Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari?", dengan adanya ulasannya ini diharapkan pembaca dapat mengurangi kebiasaan memanaskan mesin motor saat pagi hari, sehingga tindakan pemborosan bisa diminimalisir. sekin wassalamu'alaikum

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Perlukah Memanaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari?"

ADD COMMENT
  1. ya biasanya kalau pagi aku memanasi motor lebih dari satu menit, kadang 10 menit, tapi tanpa aku gas gas.

    Dan ada yang bilang kalau pagi lebih baik menggunakan pedal starter ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm ya untuk pemanasan baik mobil atau motor kisaran 5 sampai 10 menitan. Emm sebenarnya tidak masalah si kalau langsung start, lagian tidak semua motor mempunyai kick start apalagi mobil, jadi kalau manasin langsung start tidak masalah yang penting aki atau battery selalu dicek secara berkala. Untuk aki basah jangan lupa cek airnya

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM