News Ticker

Menu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid


Assalamu’alaikum para sahabat Pelengkap Otomotif. Pada kesempatan yang lalu saya sudah mengulas mengenai Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Sienta, dimana pada mobil Sienta tersebut terdapat 2 versi produksi, yaitu mobil non hybrid dan hybrid. Banyak dikalangan sahabat Pelengkap Otomotif yang ternyata masih bingung mengenai “apasih kelebihan mobil hybrid ini?”. Menanggapi hal itu, maka saya ulas kedalam artikel ini dengan judul “Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid”. Nah, selain Mobil Toyota Sienta yang menggunakan mesin hybrid ternyata ada juga Mobil lain yang sudah menggunakan mesin hybrid tersebut, yaitu mobil All New Camry 2.5 Hybrid (gambar mobilnya sudah saya sisipkan pada bagian awal dan akhir artikel ini).

Kira-kira seperti apasih kelebihan dan kekurangan mobil hybrid ini? Berikut adalah ulasannya.

PENGERTIAN
Mobil Hybrid adalah sebuah mobil yang menggabungkan mesin antara bahan bakar minyak dan motor listrik bertenaga baterai. Kedua mesin dan motor listrik saling berpadu dalam menggerakkan mobil. Disaat mobil bergerak lambat, maka mobil akan digerakkan dengan motor listrik tenaga baterai dan mesin bensin akan di matikan. Jika mobil berjalan lebih cepat, mesin bensin yang akan menggerakkan mobil sambil melakukan pengesian ulang baterai.

Sederhanya adalah :
➤ ๐Ÿš™ Saat mobil lambat, maka mesin menggunakan tenaga baterai (mesin tenaga bensin mati)
➤ ๐Ÿš™ Saat mobil cepat, maka mesin menggunakan bahan bakar minyak / bensin (mesin motor listrik tenaga baterai mati dan melakukan pengisian daya)

KELEBIHAN MOBIL HYBRID ๐Ÿš—
[1] Hemat Bahan Bakar
Cara kerja dari mobil hybrid yang ketika digunakan dalam kecepatan rendah akan digerakkan oleh motor listrik tenaga baterai ini membuat konsumsi bensin jauh lebih irit daripada mobil non hybrid. Menariknya lagi, saat menyalakan mobil maka mesin tenaga bensin sama sekali tidak menyala dan tidak hidup secara terus menerus dalam pemanasan mesin. Pada tahap awal pemanasan, mesin di tenagai oleh baterai mulai dari AC, audio, power window, lampu dan sebagainya.

[2] Rendah Emisi Gas Buang
Karena lebih sedikit membakar bensin pada mobil Hybrid, maka kelebihan mobil Hybrid tentunya juga rendah emisi gas buang. Hal ini juga bisa mengurangi pengeluaran polusi dari mobil.

[3] Minim Getaran dan Suara Mesin Rendah
Saat mengemudikan mobil di kemacetan, suara mesin dan getaran mesin bisa membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Hal tersebut sama sekali tidak dirasakan jika memakai mobil Hybrid, saat kemacetan mesin bensin tidak hidup dan yang menggerakan mobil Hybrid adalah motor listrik tenaga baterai. Hal ini membuat kelebihan mobil Hybrid sangat minim getaran dan suara sangat senyap.

[4] Akselerasi dan Performa Meningkat
Mobil irit bahan bakar kadangkala dipandang memiliki performa yang kurang dalam hal akselerasi dan performa, namun nyatanya hal itu tidak berlaku pada mobil hybrid. Hal ini disebabkan mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai keduanya memberikan daya untuk menambah akselerasi dan kecepatan.

[5] Memakai Transmisi CVT
Transmisi CVT atau Continous Variable Transmission yang berfungsi membuat penumpang dan pengemudi hampir tidak merasakan perpindahan gigi, hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan.

KEKURANGAN MOBIL HYBRID ๐Ÿš—
Setiap mobil jika memiliki kelebihan pasti ada kelemahannya, lalu apa saja kekurangan mobil Hybrid dibandingkan dengan mobil non Hybrid? Tentunya untuk membandingkan agar dapat mengetahui kekurangan mobil Hybrid dengan non Hybrid, harus dengan mobil yang sejenis dan hanya dibedakan pada sistem Hybridnya saja, mari kita simak!

[1] Harga Jual yang Mahal
Sebagai contoh saya mengambil mobil All New Camry yang Hybrid dan Non-Hybrid sebagai perbandingan harga. Harga All New Camry 2.5 Hybrid per 04 Januari 2017 dijual dengan harga sekitar Rp. 764.750.000 OTR Jakarta. Sedangkan Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid dijual dengan harga sekitar Rp. 599.700.000. Penyebab harga mobil Hybrid lebih mahal daripada mobil non Hybrid di kategori mobil yang sama tersebut disebabkan oleh biaya produksi penambahan motor electrik dan baterai.

[2] Sistem Kelistrikan yang Rumit dan Mahal
Jika anda memiliki mobil Hybrid, untuk perawatan dan perbaikan, saat ini hanya dapat dilakukan di dealer resmi. Jika terjadi kerusakan pada sistem pengerak motor atau kerusakan pada sistem kelistrikan dan baterai, maka untuk perbaikannya sangat mahal tentunya saat masa garansi telah berakhir. Umur baterai untuk pemakaian normalnya adalah sekitar 8 – 9 tahun.

[3] Berbahaya untuk Pengendara Motor dan Pejalan Kaki
Untuk jalanan di Indonesia, menggunakan mobil Hybrid berbahaya untuk pengendara motor dan pejalan kaki. Kenapa bisa lebih berbahaya? Bahayanya bukan pada mobil tapi pada pengendara motor dan pejalan kaki. Penyebabnya mobil Hybrid sangat sunyi dan tidak mengeluarkan suara saat mobil di gerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Karena tidak ada suara, maka pejalan kaki dan pengendara sepeda motor cendrung tidak hati-hati dan tidak menyadari adanya mobil yang bergerak disekitar pengendara motor dan pejalan kaki

INFO : Dengan harga bensin pertamax yang lebih mahal lebih dari dua kali lipat dari harga bensin premium, maka menggunakan mobil yang irit bahan bakar tentunya sangat signifikan mengurangi pengeluaran uang dalam pembelian bahan bakar minyak. Irit dengan bahan bakar menjadi faktor utama kelebihan mobil Hybrid.

Contoh Mobil yang sudah menggunakan mesin Hybrid ini adalah
All New Camry 2.5 Hybrid

Nah itulah informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid ๐Ÿš–, semoga memberikan tambahan kepada para sahabat Pelengkap Otomotif tentang mobil hybrid, sekian wassalamu’alaikum

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM