News Ticker

Menu

Perbedaan air aki zuur dengan air aki biasa

Perbedaan air aki zuur dengan air aki biasa  
 
Perbedaan air aki zuur dengan air aki biasa-Kita sering sekali mendengar kata aki, aki dan aki tapi bukan aki aki ya hehe. Aki merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan, tanpa aki anda akan merasa kelimpungan pastinya. Aki juga biasa disebut battery dalam dunia otomotif.

Dan ternyata selama saya bekerja sebagai penjual air aki hahah, aduh tapi bener ini saya bekerja disebuah bengkel menemukan banyak kesalah fahaman dari beberapa customer saya pastinya. Dimana beberapa customer ingin membeli air aki untuk menambah tapi kok yang tutupnya merah kan seharusnya yang biru. 

Perlu diketahui untuk tutup yang berwarna merah itu adalah air aki zuur dimana digunakan untuk mengisi aki pertama kali pada aki jenis Premium yang masih kosong. Setelah diisi, maka jangan lupa untu menyetrumnya selama lebih kurang 10 sampai 15 menit untuk memaksimalkan tegangan. Namun jika tidak disetrumpun tidak masalah tetap bisa digunakan selama voltasenya 12. Kemudian untuk tutup air aki yang berwarna biru, itu adalah air aki biasa yang berfungsi untuk menambah jika air aki mulai berkurang. 

Apakah boleh, jika air aki zuur untuk menambah ?, sebaiknya jangan, karena jika itu dilakukan berat jenis air aki akan naik bisa-bisa aki jebol. Dan sebaiknya pula jika anda menggunakan aki hybrid maupun premium selalu perhatikan kondisi air akinya agar tetap berada diantara lower dan upper. 

Jika kondisi air aki berada dibawah lower sudah dipastikan sell aki akan terlihat dan kering, ketika mobil nyala pasti altenator akan mengisi aki atau battery tersebut, dalam pengisian akan menimbulkan panas. Ketika kondisi air aki dibawah lower sell akan menerima panas yang berlebih, bisa-bisa meledak. Sebaliknya jika kondisi air aki diatas upper membuat menyempitnya ruangan untuk bersirkulasi, sehingga air menguap saat terjadi pengisian dari altenator dan menimbulkan kristal putih. 

Jika hal ini terjadi, untuk membersihkan kristal putih yang ada dikepala aki, caranya cukup menuangkan air panas ke kepala aki tersebut, dengan sendirinya kristal putih akan rontok seketika. Semoga bermanfaat ya sahabat otomotif , jika menginginkan tips otomotif lainnya anda bisa berkunjung dan mengikuti blog ini. Saya akan selalu update artikel-artikel bermanfaat untuk anda tentunya. Salam otomotif. 

Baca juga : 

"Kapan kita harus ganti oli gardan motor matic ?"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Perbedaan air aki zuur dengan air aki biasa "

ADD COMMENT
  1. Sebenarnya ...Berapa waktu yg diperlukan untuk melakukan charge pada accu?? Apakah boleh jika melebihi 15 menit..?? Misal mencharge 30 menit ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya fungsi pengecasan itu sendiri untuk mengembalikan voltase yang urang dari 12 ke 12, tapi ketika aki baru diisi air zuur itu biasanya sudah 12 v, hanya saja sedikit waktu pengecasan untuk memaksimalkannya. tapi kalau mau 30 menit ya tidak masalah asal anda tidak buru-buru

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM