News Ticker

Menu

Kapan kita harus ganti oli gardan motor matic ?

Kapan kita harus ganti oli gardan motor matic ?

Kapan kita harus ganti oli gardan motor matic ?-Salam otomotif, kembali lagi bersama pelengkapotomotif.com blog yang akan menemani kalian dengan tips-tips otomotif, untuk menambah wawasan terhadap perawatan kendaraan bermotor anda. Hari ini kita akan membahas kapan si waktunya ganti oli garda, khususnya bagi pengguna motor matic/skutik, memang perlu diganti ?, mungkin ada beberapa orang yang belum mengerti akan pentingnya oli gardan CVT. 

Nah untuk menjawab pertanyaan itu, maka Pelengkap Otomotif akan menjelaskannya, bahwa fungsi oli gardan pada motor matik yaitu untuk melumasi banyak komponen sistem penggerak yang ada didalam box CVT. Sehingga jika oli jarang atau tidak pernah diganti, berakibat kurang baik pada mesin. Contohnya saja terdengar suara brisik dibagian box CVT. Itu menandakan oli gardan anda kotor maupun kemasukan air. 

Loh kok bisa kemasukan air ?, iya dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan derasnya hujan yang turun membuat jalanan penuh dengan dengan air. Terkadang kita sebagai pengguna jalanan tidak sabar untuk menerobosnya. Dari situ air akan masuk dalam box CVT, akibatnya oli akan tercampur dengan air dan melemahkan pelumasan terhadap komponen gardan. Ciri-ciri oli yang tercampur dengan air yaitu keruh seperti susu. 

Adapun faktor lain kenapa gardan bisa kemasukan air, yaitu karena anda mengganti roda, otomatis akan melepas poros. Saat dilepas sisa air yang ada disekitar situ dapat masuk dengan mudah. Solusi mudahnya si kita harus sering mengecek kondisi oli gardan dan sekitar box CVT, apakah banyak kotoran, air atau tidak. Kalau memang kotor dan basah oleh air segeralah lap dan bersihkan. 

Lantas kapan kita waktunya mengganti oli gardan motor matic tersebut ?. penggantian oli gardan motor matic itu dilakukan setiap 8.000 km kalau untuk oli mesin kisaran 2.000-5.000 km. Itu juga tergantung pemakaian, kalau memang oli sudah tercampur air ya ssebaiknya tidak perlu menunggu lama untuk menggantinya. 

Demikianlah hal yang bisa Pelengkap Otomotif sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Ikuti terus Pelengkap Otomotif untuk mendapatkan tips terbaru didunia otomotif. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya ya, sampai jumpa salam otomotif.

Baca juga : 

"Tips merawat pelek jari-jari"

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Kapan kita harus ganti oli gardan motor matic ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM