News Ticker

Menu

Kenapa mesin mobil mati saat melewati rel kereta api

Kenapa mesin mobil mati saat melewati rel kereta api

Kenapa mesin mobil mati saat melewati rel kereta api-Salam otomotif, iya kembali lagi bersama Pelengkapotomotif.com, kali ini saya sebagai admin akan menambah wawasan sahabat otomotif sekalian dengan sedikit pengetahuan. Karena hal ini menyangkut keselamatan anda saat berkendara. 

Benar hal ini bertujuan untuk anda selalu berhati-hati. Pernahkah anda mendengar mobil mati saat melewati perlintasan kereta api. Jika iya, memang itu tidak salah lagi dan bukanlah sesuatu yang asing bagi kita. Banyak yang mengaitkannya dengan cerita mistis, tapi mudahnya kita kembali lagi kepada penjelasan teknisnya. 

Perlu diketahui si boggie (roda kereta api) terbuat dari baja yang didalamnya terdapat dinamo yang besar. Dan pada rangkaian lokomatif seri CC berarti akan ada 3 rangkaian boggie atau bisa dikatakan 6 dinamo besar. Nah ketika kereta api melintas diatas rel yang terbuat dari baja juga, rel tersebut akan menghantarkan medan magnet yang besar dari dinamo sejauh lebih kurang 1 km. 

Dan ketika ada pengendara melintasi kereta api, tentulah hal ini menjadi sesuatu yang membahayakan. Karena sudah pasti pengendara yang melintasi rel kereta api dengan kecepatan rendah. Maka koil pada kendaraanpun akan mati dan susah dihidupkan kembali akibat dari medan magnet yang terbentuk dari boggie dan dihantarkan melalui rel kereta api.

Oleh sebab itu petugas kereta api menutup pintu sebelum ketera api bergerak menuju perlitasan kurang dari 3 km. Dan jika kereta api sudah berjarak 1 km dan ada yang nekat menerobosnya, bisa dipastikan kendaraan anda akan mati, karena dinamo dan koil kendaraan juga mati oleh medan magnet dari rel kereta api.

Untuk itu anda harus selalu berhati-hati, saat pintu perlintasan kereta api ditutup sebaiknya anda tidak menerobosnya. Sebaiknya bersabar demi keselamatan anda sendiri. Semoga kita semua selalu berhati-hati selamat sampai tujuan sahabatku. Emmm baiklah, mungkin sampai disini terlebih dahulu. Karena keterbatasan waktu saya pamit undur diri dari hadapan anda, sampai jumpa sampai bertemu lagi, salam otomotif.

Baca juga : 

"Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris atau mistar"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

6 comments to ''Kenapa mesin mobil mati saat melewati rel kereta api"

ADD COMMENT
  1. Saran terbaik dari pengalaman orang. saat kendaraan macet di atas rel kereta api terutama untuk mobil, nyalakan klakson mobil selama mungkin, magnet bisa pecah bila terbentur dengan suara, sehingga mobil akan bisa dinyalakan kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini adalah komentar yang baik, memberi solusi dan memecahkan masalah. Sebenarnya ini mau saya buat diedisi berikutnya namun karena sudah terjawab ya sudah terima kasih banyak mas. jangan bosen-bosen berkunjung kemari hehe

      Delete
  2. kok mobil saya ga mati ya pas ngelewatin rel kereta api? hehe terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm itu karena keretanya tidak ada jati tidak mati, selain itu kecepatan mobil si mas dalam kondisi high speed

      Delete
    2. nggak juga mas, mobilnya jalan sesudah kereta apinya berangkat malah, jadi kecepatannya juga lambat

      Delete
    3. Emmm itu karena mungkin aliran magnet sudah hilang karean kereta sudah berangkat hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM