News Ticker

Menu

Mobil Jarang Dipakai Cocok Oli 5.000 km atau Yang 10.000 km ?


Salam knowledge and tour, ketemu lagi bersama saya Saliman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang sering ditanyakan kepada saya selaku mekanik. Karena beberapa customer memiliki mobil tapi jarang pakai, alias ngendap saja dirumah ya guys. Oleh sebab itu saya akan mencoba untuk membahasnya. Terlebih lagi yang titanyakan lumayan mengerucut, yaitu seputar bagus oli 5.000 km atau tetap pakai full sintetik kalau mobil jarang pakai. 

Sebelum kita bahas alangkah baiknya kita mengetahui dulu standar pemakaian oli selain dengan kilometer, tentunya berdasarkan buku panduan ya. Selain mengacu pada kilometer ternyata pemakaian oli juga mengacu pada lamanya bulan. Tepatnya seperti ini loh. 

Oli dengan kilometer 5.000 pemakaian atau sering kita sebut oli semi sintetik bisa bertahan 3 bulan walau kilometernya belum sampai. Sedangkan oli dengan pemakaian 10.000 akan mampu bertahan 6 bulan dipakai tidak dipakai sebaiknya diganti. 

Lantas kenapa kalau kita melewati batas bulan tapi kilometer belum terlewat, tapi masih dibiarkan saja. Baik, pertanyaan bagus lagi ni. Berdasarkan buku panduan ATPM, oli yang sudah dibuka dan masuk kemesin akan terkontaminasi dengan udara serta kotoran yang ada didalam mesin. Jika itu dibiarkan lama, ibarat anda sudah mengaduk kopi tapi dibiarkan sampai dingin gak diminum. Ampas akan mengendap didasar gelas. Iya kalau kopi enak tinggal sruput. Tapi kalau kotoran pada mesin yang ngendap, lama-lama akan menjadi kerak dan tentunya jika keseringan akan mengakibatkan mobil mengalami penurunan performa. 

Saya sudah sering menemukan mobil-mobil yang perlakuannya seperti itu, bahkan keraknya gak main-main, dan sangat lengket menempel pada dinding mesin sampai tutup olinya saja kena loh. Tidak percaya, yuk tonton video shorts saya dichannel youtube Pelengkap otomotif. 

Baik sekian dulu pembahasan dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua agar makin peduli lagi dengan kendaraan kita. Jangan lupa subcribe channelnya juga untuk mendapatkan info terupdate dalam bentuk video. 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

1 comment to ''Mobil Jarang Dipakai Cocok Oli 5.000 km atau Yang 10.000 km ? "

ADD COMMENT

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM