News Ticker

Menu

Tentang Peraturan One Way Khusus Mudik di Tol Trans Jawa

Tentang Peraturan One Way Khusus Mudik di Tol Trans Jawa

Tentang Peraturan One Way Khusus Mudik di Tol Trans Jawa - Hay guys, masih bertemu lagi ya dengan saya. Artikel kali ini masih sekitar tentang aktifitas menjelang lebaran nih yaitu mudik. Tanpa cakap panjang langsung saja simak ya gaes. Come on.

Seperti yang ada dijudul, Pemerintah akhirnya sepakat menerapkan sistem satu arah (one way) di jalan tol Trans Jawa menjelang mudik lebaran 2019. Pemberlakuan sistem one way ini sekaligus mementahkan opsi ganjil genap yang sebelumnya sempat diwacanakan.

Kenapa pemerintah lebih memilih one way? karena ada kecenderungan masyarakat mudik dengan rombongan, bisa dua hingga tiga mobil. Kemudian kalau ada yang (bernomor) ganjil dan yang genap pasti akan terpisah mobilnya, jadi kurang memberi kenyamanan ya kan.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang one way di ruas Tol Trans Jawa.

1. Sistem satu arah berlaku selama 24 jam

Sistem satu arah arus mudik dan arus balik akan berlaku selama 24 jam. Artinya, sepanjang empat hari berturut-turut, ruas Tol Cikarang Utama-Brebes Barat (arus mudik) dan Palimanan-Cikarang Utama (arus balik) akan diberlakukan satu arah.


2. Rekayasa lalu lintas satu arah diberlakukan selama tiga hari

Pemerintah akan memberlakukan sistem satu arah selama empat hari berturut-turut, yakni pada 30 Mei hingga 2 Juni. Selama empat hari tersebut, semua ruas jalan tol akan diarahkan menuju timur atau Semarang.


3. Dimulai dari Cikarang Utama hingga Brebes Barat

Pemberlakukan sistem satu arah ini akan dimulai dari kilometer 29 (Cikarang Utama) hingga kilometer 262 (Brebes Barat). Selebihnya tetap berlaku sistem dua arah.


4. Sistem satu arah juga berlaku untuk arus balik

Sistem satu arah juga akan diberlakukan saat arus balik nanti, yakni pada 7,8,9 Juni 2019. Sistem satu arah arus balik akan mulai diberlakukan di Kilometer 189 (Palimanan) hingga kilometer 29 (Cikarang Utama). Sebab, kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta yang tak bisa lewat tol karena pemberlakuan sistem satu arah saat mudik, akan menggunakan jalur alternatif.


5. Penerapan satu arah bisa mendongkrak perekonomian warga

Budi Setiyadi mengatakan penerapan sistem satu arah di ruas Tol Trans Jawa ini selain bisa mengurai kemacetan juga dapat mendongkrak perenomian masyarakat. Dengan begitu perekonomian warga yang tinggal di pinggir jalan alternatif tersebut bisa kembali bergeliat.


Nah mugkin kira-kira begitulah informasi yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat ya teman-teman semua, jangan lupa dukung terus Pelengkap Otomotif Blog dan subscribe channelnya untuk selalu memberikan informasi menarik tentang dunia otomotif dan touring. 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Tentang Peraturan One Way Khusus Mudik di Tol Trans Jawa "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM