News Ticker

Menu

Cara Memperbesar Pengapian Pada Motor Saat Darurat


Emergency-Hello, kembali lagi bersama saya Saliman, salam otomotif dan touring ya guys. Okey pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih mengenai point pecah keramik busi pada motor yang kehilangan pengapian karena busi yang sudah mulai rusak atau bisa dikatakan kotor guys. 

Hal semacam ini dikhususkan bagi kalian yang sedang dalam keadaan darurat. Artinya motor anda mogok akibat kehilangan pengapian pada busi, terlebih lagi lokasi anda jauh dari pemukiman penduduk seperti dihutan, gunung dan sebagainya. 

Iya hal seperti ini sangat mungkin dialami bagi seorang adventure/seorang petualang menggunakan motor, lebih tepatnya disebut petouring jarak jauh guys. Nah apsti- ada saja kendala yang akan kalian alami sebagai petouring, layaknya saya kala ini. Sedang ngebut tiba-tiba motor kehilangan tenaga akibat pengapian dari busi tidak ada, 

Sempat bingung si karena posisi sepi, untung ada membantu saya guys. Lantas saya mencoba membersihkan busi serta mengamplasnya, akan tetapi tetap saja tidak berhasil, motor tetap tidak mau nyala, hemmm... 

Akhirnya ada sebuah ide menarik yang tidak pernah saya alami sebelumnya, dan memang pengalaman itu merupakan guru terbaik. Kemudian salah satu teman yang menolong saya memberikan solusi untuk memecahkan keramik businya yang bertujuan untuk memperbesar pengapian. 

Benar saja setelah dipecah keramik businya ternyata motor dapat melakukan stasioner. Tapi, ada tapinya loh guys. Busi yang sudah dipecah keramiknya akan menghasilkna pengapian yang kurang stabil, untuk itu cara ini hanya dilakukan bener-bener saat emergency saja, karena selama melakukan perjalanan pulang motor kurang stabil gitu. Dan menyarankan untuk segera menggantinya ketika sudah mendapat bengkel. 

Benar setelah sampai saya langsung menggantinya dengan busi yang baru loh hehe. Dan beda terasa banget menjadi lebih halus. Untuk itu bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan jauh sebaiknya bawa busi 2 untuk serep. Atau ganti busi terlebih dahulu seblum berangkat ya guys. 

Mungkin cukup disini dulu untuk artikel kali ini, jangan lupa dukung terus ya  blog ini beserta channelnya, sampai jumpa, sampai ketemu lagi, salam otomotif. 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

5 comments to ''Cara Memperbesar Pengapian Pada Motor Saat Darurat"

ADD COMMENT
  1. Seriang mengalami kejadian seperti ini. Perapian kecil, sewaktu dinyalakan tidak segera nyala. bawa ke bengkel lalu ganti dengan busi baru. tapi ternyata ada triknya untuk memperbesar perapian, ya? Terima kasih artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada trik tersembunyi yng bisa membantu anda dalam berkendara ketika busi mati. Semoga bermanfaat

      Delete
  2. Iya ada trik tersembunyi yng bisa membantu anda dalam berkendara ketika busi mati. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM