News Ticker

Menu

Cara Mengetahui Aki Masih Bagus atau Tidak

Cara Mengetahui Aki Masih Bagus atau Tidak

Cara Mengetahui Aki Masih Bagus atau Tidak-Salam otomotif guys, yupss balik lagi bersama saya Salliman yang akan membagikan cara mengetahui kondisi aki anda, masih bagus atau malah sudah soak. Untuk itu harus dipastikan dengan alat deteksi jangan hanya menerka-nerka kalau tidak ingin mogok disembarang tempat hehehe. 

Nah tepat Pelengkap Otomotif akan membahas hal tersebut. Sebelum menuju keinti pembahasan, izinkan saya memberikan ciri-ciri aki yang sudah soak atau ngedrop pak. Inilah ciri-ciri dari aki yang sudah lemah atau soak : 

1. Saat melakukan start terasa berat 
2. Kadang bisa start kadang tidak 
3. Satu, dua, atau bahkan 3 kali start mobil baru nyala
4. Saat mesin dingin atau dipagi hari sulit untuk dihidupkan tapi kalau sudah panas lancar
5. Tidak bisa start

Nah itulah yang menandakan anda harus ganti aki guys. Jika 1 sampai 4 mungkin kondisi aki masih bisa start tapi kondisi ini sudah dikatakan aki itu lemah yang bisa mati disembarang tempat dimanapun anda berhenti. Kemudian untuk no. 5 jelas aki sudah soak hingga tidak berdaya lagi. 

Nah dari pada anda ragu-ragu dan tidak percaya, mari kita deteksi menggunakan alat pengecekan aki. Ada 3 yang mungkin bisa menjadi acuan anda untuk mengetahui kondisi aki tersebut benar-benar rusak atau hanya sebatas kurang setrum. Diantara alat-alat tersebut yaitu : multi tester, BT-400, dan BT-747. 


Disini saya akan menjelaska menggunakan BT-400 yang sangat cocok sebagai ilustrasi mobil karena ada tombol start dan zonanya. Pada BT-400 terdapat 3 zona yaitu hijau, kuning dan merah. Kemudian langkah selanjutnya kita siapkan aki yang akan dicek menggunakan BT-400 (aki harus 12 volt) kalau kurang tidak bekerja maksimal. 

Cara Menggunakan BT-400 untuk mengecek kondisi aki :

1. Siapkan aki yang mau di cek 
2. Ambil BT-400
3. Pada BT-400 ada 3 kabel merah, hitam dan hijau
4. Hubungkan kabel merah ke kutub positif kepala aki dan kabel hitam ke negatif
5. Setting kapasitas ampere pada BT-400 sesuai dengan kapasitas aki 
6. Tekan tombol selama detik, jika ,jarum berada dizona hijau itu bagus, kuning lemah, merah soak

Setelah dilakukan pengecekan anda dapat menyimpulkan sendiri dan pastinya yakin akinya maish bagus atau sudah soak, sehingga bisa mengambil keputusan mau ganti atau tidak terserah anda hehe. Kalau sudah mulai lemah ya sebaiknya ganti hahahaha. 

Okey mungkin hanya ini yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini. Dan pastinya selalu pantengin blog ini untuk update sesuatu hal yang kecil tapi berarti besar. Untuk VIDEOnya segera hadir di channel kami. Sampai jumpa, salam otomotif. 

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Cara Mengetahui Aki Masih Bagus atau Tidak"

ADD COMMENT
  1. Kalau aki motor apa sama persis gejalanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama persis mas, hanya saja alatnya cukup pakai multitester buat ngeceknya, karena kalau pakai BT-400 kegedean hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM