News Ticker

Menu

Efek Buruk Membersihkan Headlamp dengan Pasta Gigi


Assalamu’alaikum sahabat pelengkap oto, jumpa lagi dengan admin ganteng sejagat raya dan tiada dua nya ini. Pada kesempatan kali ini saya berbagai mengenai “Efek Buruk Membersihkan Headlamp dengan Pasta Gigi”. Sahabat pelengkap oto pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah “headlamp” yang satu ini, merupakan lampu penerangan utama yang membutuhkan perawatan akibat seiringnya pemakaian (seperti warna menjadi kusam dan menguning) 😢.
Lampu utama atau “headlamp” pada mobil ini adalah bagian yang sangat penting karena fungsinya sebagai alat penerangan bagi pengemudi di malam hari maupun saat jalanan berembun. Kebutuhan penerangan dari “headlamp” ini menjadi faktor utama selama perjalanan, terlebih jika cuaca hujan.
Sayangnya, perhatian pada “headlamp” ini terfokus pada seberapa terang lampu utama ini menerangi jalan / memberikan sinar (pencahayaan) hingga lupa bagaimana kondisi mika pelindung pada lampu kendaraan. Akibatnya, dari kebiasaan pengemudi yang kerap kali kurang peka terhadap kondisi mika pelindung inilah yang membuat warna mika menjadi kusam dan menguning bahkan hingga retak halus.

Jika pun sudah menguning, kebanyakan pengemudi baru sadar dan mulai mengambil tindakan untuk membersihkan bagian mika “headlamp” tersebut dan salah satu cara yang dipakai adalah membersihkannya dengan menggunakan pasta gigi.

Menurut beberapa sumber, salah satu cara yang mudah untuk membersihkan warna kusam dan kekuning-kuningan pada “headlamp” adalah dengan cara menggunakan pasta gigi. Namun nyatanya cara ini tidaklah disarankan karena pasta gigi mengandung bahan “deterjen” yang justru akan membuat warna pada mika menjadi kusam dan menguning jika sering diolesi pasta gigi. Hayoo, 😂  kamu juga pakai pasta gigi gak nih?

Pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan bagian “headlamp” akan semakin berbusa jika terkena air. Pada saat penggunaan awal mungkin bisa saja membuat warna mika menjadi kinclong dan bersih pada mika lampu, namun untuk seterusnya sangatlah tidak disarankan. Jika tetap ngeyel menggunakan pasta gigi sebagai pembersih bagian mika “headlamp” maka akibatnya bisa ditanggung sendiri, kondisinya bisa semakin parah seperti retak halus ataupun pengelontokan.

Nah, mulai sekarang jika kamu tetap ingin memiliki mika “headlamp” yang kinclong dan mengkilap maka rajin-rajin lah dalam melakukan pembersihan dengan cara perawatan yang standar (parkir ditempat yang terlindungi, membersihkan kotoran yang menempel seperti debu atau kotoran lain akibat cipratan air hujan, tidak membiarkan headlamp terkena sinar matahari berlebihan, tidak memakai daya lampu yang besar agar mika tidak berkerak akibat panas, dan sebagainya).

Kesimpulan :

  • 🚗 Menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan warna kusam dan kekuningan pada “headlamp” sebenarnya boleh dilakukan, namun “tidak dianjurkan” jika digunakan secara terus menerus.
  • 🚗 Alangkah baik jika kita melakukan perawatan tanpa harus menggunakan pasta gigi.
  • 🚗 Lebih baik menggunakan pembersih yang dikhususkan untuk mika “headlamp”.
  • 🚗 Nyatanya, langkah menggunakan pasta gigi bisa dibilang diperuntukkan untuk pengemudi yang malas dalam melakukan perawatan (karena lebih suka cara yang instan dalam melakukan perawatan tanpa berpikir akibat ke depannya)

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai “Efek Buruk Membersihkan Headlamp dengan Pasta Gigi”, semoga bermanfaat ya teman-teman, jangan lupa untuk selalu merawat dan menyayangi apa yang kini kamu miliki, sekian wassalamu’alaikum.

👉 Baca juga mengenai : "Alat Bongkar dan Pasang Ban Mobil"

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Efek Buruk Membersihkan Headlamp dengan Pasta Gigi"

ADD COMMENT
  1. Mantaps.. Sekarang aku jadi tahu klo pakai pasta gigi hanyalah bersifat sementara buat kinclongin headlamp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada yang abadi mas kata Noah, semua pasti sementara hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM