News Ticker

Menu

Tips Pengecekan Motor Akhir Tahun


pelengkapotomotif.com_Hello sobat setia PO. Bagaimana aktivitas kalian hari ini? Apakah aktivitas kalian hari ini menyenangkan? Semoga hari-hari kalian selalu menyenagkan dan selalu dalam lindungan-Nya, aamiin. Owhh ya guys berhubung sekarang sudah berada dipenghujung tahun, biasanya banyak dari kita yang melakukan bepergian atau refreshing ke berbagai tempat yang diinginkan. Nah tidak beda jauh juga dengan motor guys. Untuk menemani kalian dalam perjalanan liburan, sepeda motor kita juga juga butuh pengecekan secara berkala guys. Sesuai dengan judul kita hari ini yakni Tips Pengecekan Motor Akhir Tahun yuk kita langsung aja kepembahasannya guys.

Seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor memerlukan juga perawatan, karena telah kita gunakan untuk melakukan banyak aktivitas untuk bepergian jauh ataupun dekat. Perawatan untuk menjaga dan mengecek kondisi sepeda motor kalian. Karena pada kondisi-kondisi tertentu, ada komponen-komponen tertentu yang membutuhkan perawatan atau bahkan membutuhkan penggantian.


Beberapa pengecekan yang diperlukan antara lain adalah yang pertama pengecekan kondisi oli pada mesin sepeda motor. Pengecekan pada oli merupakan salah satu komponen yang penting, karena jika oli pada mesin tidak dicek dapat menimbulkan tidak nyaman saat dipakai atau bahkan lebih parah dari itu. Untuk mengganti oli direkomendasikan pada 2.000-3.000 km atau 2 bulan sekali.

Selanjutnya ialah pola kembang pada ban dan tekanan udaranya. Untuk melakukan pengecekan pola kembang pada ban bertujuan agar dapat mengetahui apakah masih tebal atau sudah tipis. Apabila jika pola kembang pada ban sudah tipis, akan sangat berbahaya jika terus digunakan dan dikhawatirkan juga akan terjadi ban slip. Begitu jua dengan tekanan udara.

Tekanan udara pada ban sepeda motor kita juga perlu melakukan pengecekan, karena jika tekanan pada ban sepeda motor berlebihan ataupun kurang ini maka dapat berpengaruh mengakibatkan dampak yang kurang baik saat digunakan. Untuk itu kita wajib melakukan ppengecekan.


Kemudian adalah melakukan pengecekan pada rantai dan gir. Bagi para pengguna motor manual, bagian rantai dan gir merupakan bagian terpenting. Rantai dan gir ini berfungsi sebagai penggerak bola. Maka dari itu, kedua komponen ini sangat memerlukan perawatan seperti pembersihan, pelumasan dan penggantian secara berkala. Untuk rantai direkomendasikan setiap kelipatan 15.000 km.

Berikutnya yang membutuhkan perawatan ialah rem. Untuk indikasi perlunya perawatan pada rem yakni saat cengkraman sudah dirasa berkurang. Atau juga dapat dirasakan saat melakukan pengereman, menimbulkan bunyi. Nah, maka dari itu perlu melakukan perawatan atau penggantian komponen dibagian rem ini direkomendasikan pada 12.000 km.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dukung PELENGKAP OTOMOTIF CHANNEL dengan cara like, comment, share and subscribe ya guys. Bye-bye guys, sampai ketemu di artikel berikutnya. 

Share This:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " Tips Pengecekan Motor Akhir Tahun "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM