News Ticker

Menu

Aki Untuk Chevrolet Spin

Aki Untuk Chevrolet Spin

Aki Untuk Chevrolet Spin-Salam otomotif, yuk kembali lagi bersama saya Saliman yang akan memberikan berita menarik seputar Chevrolet Spin. Nah tahukan kalau Chevrolet Spin itu merupakan mobil buatan negara barat yang pastinya kualitasnya sudah tidak bisa diragukan lagi dari material yang digunakan sampai komponen-komponen mobil ini. 

Nah untuk kesempatan kali ini saya akan menyorot bagian battery dari Chevrolet Spin ini, dimana battery mobil ini beda dengan battery-battery yang digunakan untuk mobil Japan. Karena mobil Japan menggunakan tipe jis sedangkan mobil-mobil Eropa dan Amerika kebanyakan menggunakan tipe DIN. 

Lanjut untuk penggunaan battery Chevrolet Spin bawaan yaitu 50 Ah, namun setelah saya meninjau lokasinya, ternyata memang benar aki yang digunakan untuk mobil ini adalah 50 Ah dengan merk ACDelco. Namun apakah bisa Chevrolet Spin untuk akinya dilakukan upgrade atau diperbesar kapasitas amperenya ?

Aki Untuk Chevrolet Spin

Dan saya sudah memasangnya sendiri, mobil  yang saya ambil gambarnya ini sudah saya pasang dengan kapasitas 55 Ah dengan merk ICOE dengan tipe 555-59, bahkan setelah saya melihat dudukannya dapat diperbesar lagi sampai 80 Ah, hanya saja breket akinya yang tidak mendukung, sehingga diperlukan kabel tis, dan itu aman kok. 

Untuk harganya sendiri, Incoe 555-59 adalah Rp 1.208.000 cukup murah untuk aki mobil-mobil bertipe DIN. Semoga bermanfaat artikelnya, kalau ada yang ingin bertanya silahkan komen dikotak komentar yang ada dibawah ya sahabat otomotif sekalian. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, sampai jumpa, sampai bertemu lagi, salam otomotif. 

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

14 comments to ''Aki Untuk Chevrolet Spin"

ADD COMMENT
  1. Untuk penggantian akinya,apakah ada hal yg perlu dijaga misalnya ECU,dan bagian kelistrikan lainnya???atau bisa hanya lepas kabelnya dan ganti dgn aki baru.??apakah hanya se simple itu? Takutnya ada yg reset,.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada pak selama pengalaman saya mengganti aki Chevrolet Spin, bukan hanya 1 atau dua kali pak hehe. kalaupun riset, itu hanya setelan radio aja, tapi kalau sampai ECU tidak pak. Tapi kalau bapak masih ragu mending dijumper saja pak, baik jumper hidup maupun mati, tentunya jangan sampai kongslet.

      Delete
  2. Om..kalo pake yg 80 ah. Tambahan kabel Tis itu seperti apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mas kabel tis semacam tali kok untuk membantu ngiket breket/pengunci akinya mas. coba perhatikan gambar diatas ujungnya juga ditaliin itu karena memang kurang panjang. Emmm masalahnya hanya dipenguncinya saja mas yang kurang panjang, makanya disambung pakai kabel tis

      Delete
  3. Om sy pakai spin 1.5 ltz manual bensin. Untuk aki jenis GS astra, tipe MF apa om yang cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk spin bisa pakai 560 pak alias 60 Ah, untuk merknya ada Varta, Rocket dan Incoe

      Delete
  4. Om. Umama diganti dengan aki 12 amper, 70ah Mobil spon ltz diésel baja apa tidaknya. Tetapi Kabel pengikatnya hadi kurang pajang dan ditambahi plat tembaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh pertanyaanya saya kurang nangkep, gimana mbak heheh

      Delete
  5. Mlm om..mau tanya..aki mobil spin sy matic bensin LTZ, bagusx pakai aki yg mana.dan ukuran brp.saya mau beli aki nya om.tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah saya tulis bu, untuk mobil all matic bagusnya si pakai yang kering, selain enggak repot tambh2 air, kebersihannyapun lebih terjaga dikelapa akinya. Aki kering memiliki penguapan yang minim dibanding aki basah. Untuk tipenya menggunakan DIN 555-59 atau bisa pakai standarnya 43 Ah, merk si bisa Incoe, Camel, Varta, Rocket,dan masih banyak lagi

      Delete
  6. Bro salim .. saya pake spinsel dgn aki 80Ah merk INCOE basah yg standarnya hanya minta 70Ah.
    Pemakaian terakhir sudah 2 tahun lalu dan saya pakai aki ini kembali. Tp baru saya perhatikan saat kebetulan di bengkel aki sehingga diperlihatkan bagian dlm airnya seperti mendidih disertai bau yg agak menyengat dgn charging di angka 14.7 stabil dgn beban full ac lampu + throttle. Pertanyaannya apakah normal? Saya galaw krn dilihat sekilas seperti yg tdk normal menurut mekanik aki, namun di sisi lain saya pernah baca di forum spin jika state charging spin memang tinggi sekali di angka 13.9 sampai 15 tergantung kebutuhan.
    Jadi, apakah mobil ini memang unik ataukah memang bermasalah? Maaf saya agak kuper krn di forum saya hanya SR..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey pak, kalau masalah mendidih itu pasti karena memang sedang dicharge saat mobil nyala. Namun ada batasan charge dinamo ampere yang normal, yaitu kisaran 13.00 sampai 14.80, jika lewat dari 14.80 maka dipastikan aki akan mudah rusak, biasanya ciri-cirinya aki kembung, kemudian sel putus dan gak mau menyimpan setrum lagi. Sebaliknya jika pengisian kurang dari 13V maka lambang aki akan menyala saat mesin hidup, jika seperti itu juga tidak baik karena pengisian terlalu kecil alhasil aksesoris akan mengambil arus dari aki saja dimana pengeluaran lebih besar dari pemasukan, aki akan drop juga (kurang setrum) biasanya ditandai dengan indikator aki warna putih. Untuk kasus bapak ini, rekomendasi dari saya coba diset ulang pengisiannya karena itu mendekati maksimal banget. Rata2 yang saya cek itu kisaran 13.90 sampai 14.44 semua aksesoris nyala. Kemudian cek akinya, aki yang sudah putus cell atau mengalami kerusakan juga bisa mendidih seperti itu, rata2 umur aki kisaran 1.5 tahun sampai 2 tahunan

      Delete
  7. Mas salim, mau tanya apakah ada aki untuk chevySpin yang mereknya GS Astra tapi tipenya DIN? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk GS tipe DIn paling adanya basah pak, yaitu 555-59 sampai 580-24c cocok untuk Spin

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM