News Ticker

Menu

10 hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala atau start

10 hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala atau start
10 hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala atau start

Beberapa hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala-Salam Pelengkap Otomotif, ketemu lagi bersama saya selaku admin blog ini. Berbicara penglaman memang tidak ada habisnya karena akan selalu ada dan ada lagi seterusnya selama kita hidup hehe. Namu dengan pengalaman membuat kita akan lebih berhati-hati lagi jika memang pengalaman itu merugikan. Minimal jangan sampai jatuh pada lubang yang sama.

Nah untuk itu cukup saya saja yang mengalami kejadihan pahit ini hehe. Ya ceritanya saya memiliki sebuah motor idaman, Honda Tiger namanya, namun berhubung baru punya motor ya belum paham semuanya ya, tahunya hanya motor nyala ya jalan-jalan keliling kampung hehe. 

Namun suatu saat saya sempat kesel dengan motor saya yang susah sekali dihidupkan, pengen sesekali saya tendang tapi sayang kwkwkkw. Emmm habisnya usai mandi bukannya segar malah berkeringat kembali gara-gara motor yang susah nyalanya. Untuk itu saya akan berbagi pengalaman mengenai kendala-kendala motor tidak bisa nyala padahal akibat hal-hal yang sepele ataupun lupa. 


1. Battery

Hal pertama yang patut anda curigai ketika motor tidak nyala adalah karena aki soak alias batterynya. Maka dari itu segera cek kekuatan dan voltase akinya. Untuk pengguna aki basah jangan lupa cek sekalian air akinya. Untuk voltase aki normal itu 12 v, jika kurang dari 12 volt maka tidak akan dapat menyalakan motor anda. 

2. Sekring

Yang kedua sekring, tentu saja motor tidak akan nyala kalau sekringnya putus, apalagi sekring utama. Untuk itu cabut sekring, biasanya si letaknya tidak jauh dari posisi battery. Lihat apakah putus atau malah gosong hehe

3. Standar

Nah ini masalah sepele, namun bagi kalian yang punya motor matic, melakukan start terasa ngelos padahal semua normal, mungkin penyebabnya standar yang masih berpijak pada tanah, cek kembali. 

4. Rem

Masih untuk motor matic, terkadang kita saking semangatnya sampai lupa untuk hal yang satu ini. Ketika buru-buru, anda lupa bahwa motor matic itu selalu ditekan remnya ketika akan menyalakannya. 

5. Bensin

Ini si kelakuan para cewek biasanya, kondisi motor fit, aki baru tapi tidak bisa nyala padahal baru ngambil dari dealer ya. Mungkin karena lupa kemarin-kemarin sudah dipakai muter-muter akhirnya kehabisan bensin dan lupa untuk mengisinya, sedangkan cewek masih awam dengan hal ini hihi.

6. Kran bensin

Nah ini biasanya ada di motor sport seperti milik saya sendiri. Pernah suatu ketika saya pergi kerumah teman saya, ketika mau pulang tidak bisa nyala padahal sebelumnya baik-baik saja bensin juga masih full. Ternyata teman saya ngerjain saya dengan menutup kran bensinnya. 

7. Busi 

Masih dalam rangka dikerjain teman. Saya pergi kebengkel temn saya, niatnya mau beli oli. Pas mau pulang, motor saya tidak bisa start, menggunakan kick start juga tidak nyala. Tahukah anda, ternyata busi motor saya dilepas. 

8. Stop engine

Hahaha ini ni hal paling ngeselin dan paling sepele. Bagi kalian yang baru punya motor sport pasti jika saya offin tombol enginenya pasti kelabakan dan tolong-tolong. Seperti bapak saya, kasusnya sama baru ambil motor Tiger, mungkin engine stopnya kepencet off, alhasil bapak saya kebingungan sampai dibawa ke bengkel. Dibengkel hanya dipencet on nyala lagi hehe

9. Dinamo start

Jika semua normal, namun distart hanya bunyi cetek-cetek biasanya letak permasalahannya ada di dinamo start. Jadi dunakan kick start kalau ada, kalau tidak ada ya dadah babay..hehe

10. Bandich

Bagian ini ada yang bilang arang dari dinamo start ada yang bilang sebagai penguat arus. Saya sendiri tahu tapi kurang yakin, tapi satu yang pasti jika ini bermasalah sekalipun aki baru dan semua normal, tetap saja tidak nyala, dan hanya bunyi hambir sama dengan dinamo start. 

Itu dia sahabat Pelengkap otomotif 10 hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala atau start. Semoga bermanfaat. Saya Saliman selaku admin blog ini pengucapkan banyak terima  kasih atas kunjungan anda. Ikuti terus pelengkapotomotif.com untuk mendapatkan info otomotif lainnya. Salam Pelengkap Otomotif. 

Baca juga :

"7 Hal yang membuat Honda Tiger mempunyai top speed rendah"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

Saya terlahir disebuah desa kecil, hobi menulis pengalaman hidup, membuat cerpen, dan video. Saya suka dunia internet marketing, belajar dan terus belajar

No Comment to " 10 hal yang menyebabkan motor tidak bisa nyala atau start "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM