News Ticker

Menu

Cara mengatasi rasa kantuk saat berkendara dengan motor

Cara mengatasi rasa kantuk saat berkendara dengan motor

Pelengkapotomotif.com-Salam otomotif, jumpa lagi bersama saya admin blog Pelengkap otomotif yang paling ganteng Hehehe. Kepedean banget rupanya ini, tapi memang hidup itu harus percaya diri, "ora pede ora urip" kata orang jawa. Baiklah kali ini Pelengkap Otomotif akan membahas salah satu tema yang berhubungan dengan safety riding. Jika terdahulu artikel yang berhubungan dengan keselamatan berkendara malam telah dibahas, sekarang waktunya kita membahas hal yang sangat sulit sekali untuk dihindari,dan jika disepelekan hal ini bisa membuat nyawa anda melayang. Yeah benar, rasa kantuk. 

Rasa kantuk dalam berkendara itu sering sekali melanda, tidak jarang kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh sopir-sopir yang mengantuk dan memaksakan diri untuk berkendara. Hal ini sebaiknya perlu mendapat perhatian lebih.  Tapi alangkah baiknya jika terlebih dahulu anda ketahui sebah saat anda berkendara menjadi ngantuk. Salah satu faktor yang menjadi pemicu kantuk yaitu, makan dulu (makanan berat) sebelum berkendara. mengapa setelah makan itu mengantuk, karena ketika selesai makan maka tubuh akan memulai proses pembakaran terhadap makanan tadi dan dalam proses pembakaran tersebut pastinya membutuhkan energi. Karena proses pembakaran makanan memerlukan energi maka tubuh kita menjadi lelah dan timbul rasa kantuk. Itu sebabnya mengapa setelah makan biasanya langsung ingin tidur. 

Sebaiknya setelah makan itu, kita duduk beberapa menit sambil santai menunggu proses pembakaran selesai hingga tubuh mendapat energi baru dari makanan tadi. Selain makanan, minum obat juga dapat menimbulkan rasa kantuk, itu sebabnya mengapa dalam kemasan obat seperti Kom*x ada larangan berkendara setelah meminumnya. Itu karena dalam obat tersebut mempunyai efek ngantuk. Belum lagi jalanan yang sepi dan angin sepoi-sepoi membuat diri kita semakin terlena akan suasana. 

Sebenarnya faktor mengantuk yang pasti itu karena kurang tidur, namun ngantuk sendiri juga tidak lepas dari kelelahan tubuh yang berlebihan. Jika seperti itu yuk kita simak beberapa cara menghindari kantuk saat berkendara, langsung saja simak ulasannya. 

Yang pertama, carilah pom bensin dan menepilah. Ya dengan anda menepi di pom, saya rasa akan menjadi solusi terbaik anda untuk menghilangkan rasa kantuk dengan mencuci muka anda. Cuci muka atau berwudhu jika memang sudah waktunya sholat untuk yang beragama islam. Dengan mencuci muka maka kesegaran akan terasa diwajah anda dan tisak mengantuk lagi. 

Yang kedua, bernyanyilah. Rasa kantuk muncul itu karena anda berkendara sendiri alis tidak ada teman ngobrol, saya jamin kalau sepanjang perjalanan anda ngobrol pasti tidak ngantuk. Dari kesendirian itulah anda menjadi diam dan tidak bicara, masa iya mau bicara sendirian  (seperti orgil dong hahahah). Oleh sebab itu bernyanyi akan membuat anda semakin bahagia dan konsentrasi akan kembali didapatkan, karena harus mengingat laguserta konsentrasi dengan jalanan. 

Ketiga, menepi dipinggil jalan dan lepaskan  helm anda. Ngantuk saat berkendara juga tidak luput dari nyamannya busa dan kehangatan kepala anda dari helm, kecuali helm anda banyak semutnya jadi tidak ngantuk malah karena digigit semut hehehe. Karena busa helm terasa lembut dan empuk, sehingga kepla anda serasa dipijit dan dielus-elus, ditambah angin yang berhembus pelan memalingkan dunia anda saat berkendara. Maka dari itu ketika engantuk segera menepi, lepas helm, dan hirup udara lalu hembuskan untuk beberapa kali. 

Keempat, ngopilah diwarung terdekat. Mungkin bahan additif tidak akan menghilangkan rasa kantuk, tapi setidaknya dengan kita menambahkan additif kedalam tubuh kita, ada reaksi tertentu yang akan membuat salah satu organ tubuh kita bekerja, sehingga kita merasa senang atau nikmat. Tentu saja nikmat, kan kopi coba kalau engine flush yang diminum pasti berabe hehe. 

Kelima, penambahan additif kedalam tubuh kita sangat diperlukan ketika mengantuk. Dan selain kopi masih ada lagi yang membuat kantuk anda menghilang. Yaitu dengan minum minuman yang mengandung rasa asam seperti You c1000. Selain menyehatkan pastinya anda akan kembali melek hehe.

Hemmm mungkin hanya itu saja dulu ya, sepertinya saya juga sudah mulai mengantuk padahal sudah minum kopi sebelum nulis, memang benar kata dokter bahan additif hanya mempunyai efek sedikit dan bisa dikatakan hanya sebagai penahan bukan penghilang rasa kantuk. Satu-satunya yang bisa menghilangkan rasa kantuk yaitu tidur, bukan minum yang rasa-rasa maupun update status melainkan tidur. Yuk tidur, eitt tapi misal anda sedang bekerja jangan tidur karena itu merupakan tanggung jawab, laki-laki harus bertanggung jawab atas pekerjaannya dan solusinya ya lakukan beberapa yang saya sebutkan diatas. Cukup sekian dan terima kasih, saya Saliman pamit undur diri karena sudah ngantuk, sampai jumpa sampai ketemu lagi bersama Pelengkap Otomotif, blog khusus otomotif. 

Baca juga : 

"Tips berkendara dimalam hari_Otomotif (safety riding)"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Cara mengatasi rasa kantuk saat berkendara dengan motor "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM