News Ticker

Menu

Apa saja yang menyebabkan kendaraan mengalami overheat ?

Apa saja yang menyebabkan kendaraan mengalami overheat ?
overheat

Apa saja yang menyebabkan kendaraan mengalami overheat ?-Overhead terjadi karena sistem pendingin mesin tidak berfungsi dengan semestinya. Ini tentu saja membahayakan keselamatan penumpang dan mobil itu sendiri. Karena jika overhead kemungkinan besar lengan ayunnya bisa bengkok dan menyebabkan kerusakan terhadap komponen itu sendiri. 

Dalam beberapa kasus overheat, rata-rata terjadi ditempat yang lumayan sepi, misal ditengah sawah, ditengah hutan, kecuali memang mobil maupun motor sport dipakai harian diwilayah padat penduduk seperti Jakarta. Pastinya anda tidak menginginkan hal itu terjadi. Karean jika anda mengalami yang namanya overhead ditengah hutan yang sepi ditakutkan ada orang jahat yang menyerang anda. 

Untuk itu mari kenali apa saja hal-hal yang menyebabkan kendaraan anda mengalami overheat. Untuk itu kita simak artikel berikut ini :

1. Air radiator 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin. Namun air yang digunakan untuk radiator bukanlah air biasa, karena air biasa biasanya mengandung logam yang akan membuat kerak pada saluran radiator, jika itu terjadi bertahun-tahun radiator akan mengalami hambatan dalam sirkulasi. Sebaiknya guanakan air coolant yang khusus radiator. 

2. Kipas radiator

Kipas radiator yang tidak berputar saat AC dihidupkan biasanya telah bermasalah. Coba cari tahu apakah motor listriknya maupun ada kabel yang putus. Fungsi kipas tak lain untuk mendinginkan air coolant panas yang melewati sirip-sirip radiator. 

3. Selang radiator

Pernah ni salah satu customer saya mengalami masalah overheat pada mobilnya, setelah saya selidiki ternyata selang radiatornya bocor karena sudah termakan usia. Akibatnya air radiator terus menetes dan habis, terjadilah overheat.

4. Oli

Memilih oli jangan asal-asalan karena selain berpengaruh besar pada mesin itu sendiri, oli juga berperan penting dalam sistem pendingin, walau tidak mutlak. Tapi setidaknya dengan oli yang kurang berkualitas maka mesin menjadi panas dan berpengaruh pada kinerja sistem pendingin. Belum lagi kalau oli palsu, wah bisa-bisa macet pistonnya. 

5. Thermostat

Thermostat merupakan alat pengukur pada sistem pendingin yang berfungsi untuk mendeteksi panas berlebih. Jika Thermostat bermasalah sudah pasti analisa tentang suhu mesin sudah tidak terkontrol lagi. Ketika suhu berlebih pasti overheat. 

Itu 5 hal yang harus diperhatiakn sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, jangan lupa berdoa dan bawa surat-suratnya. Ikuti terus pelengkapotomotif.com untuk mengetahui materi seputar otomotif lainnya yang akan datang. Salam pelengkap otomotif. 

Baca juga : 

"Fungsi air radiator dan berapa harganya ?"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Apa saja yang menyebabkan kendaraan mengalami overheat ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM