News Ticker

Menu

Jangan gunakan oli untuk pelumas rantai motor apalagi oli bekas, yuk cari tahu sebabnya

Chain Lube pelumas rantai


Pelengkapotomotif.com-Salam otomotif salam sejahtera untuk kita semua yang hobi sekali dengan dunia otomotif. Hari ini terasa sangat indah, karena mulai saat ini saya tambah semangat lagi belajar didunia otomotif untuk mendalami ilmu yang ada. Apakah saya kuliah, tidak mas/mbak saya hanya belajar dari teman-teman yang suka dengan otomotif dan ahli dibidangnya, dari orang bengkel yang langsung terjun dilapangan, juga dari teori yang ada di Internet. Semua itu saya lakukan hanya untuk menambah ilmu saya terutama dibidang otomotif yang kian padat merayap ini hehe.

Baiklah hari ini saya akan membahas seputar dunia otomotif khususnya roda dua ya, karena memang yang dekat dengan saya. Ya  benar karena dunia roda empat belum saya jamah, belum memantaskan diri untuk memilikinya hehe. Sembari ngopi, yuk mari belajar bersama-sama dengan Pelengkap Otomotif untuk masalah pelumasan. Tapi hari ini yang kita bahas bukan pelumasan mesin, perseneling maupun gardan ya, melainkan pelumasan rantai motor hehe. 

Nah pasti diantara kalian semua ada atau bahkan banyak yang melumasi rantai dengan oli mesin maupun oli perseneling ya, apa malah pakai oli mesin bekas hehe (bercanda) jujur itu kelakuan saya sendiri dahulu kala haha. Jika memang begitu sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan tersebut. Mengapa, apakah tidak bagus melumasi rantai dengan oli, apalah salah ?. Sebenarnya hal itu tidak salah dan tidak sepenuhnya benar juga, hanya saja sayang jika hal itu terus dilakukan. 

Chain Lube pelumas rantai

Chain Lube pelumas rantai


Sebelumnya saya ingin menceritakan pengalaman saya terlebih dahulu ya. Waktu saya masih sekolah di SMK, saya sering menggunakan oli mesin bekas untuk rantai, jika kering sayapun terus melumasinya, ya karena kalau tidak dilumasi akan terjadi karat. Memang benar karatpun hilang, tapi saya lihat rantai motor saya semakin tebal, dan hitam banyak kotoran yang menempel dirantai. Kemudian saya bertekad untuk mencucui motor sekaligus mencuci rantainya, namun sangat susah sekali dihilangkan kotoran yang menempel dirantai. Selain itu saya sering sekali menyetel rantai, padahal gear masih cukup bagus (belum lancip). 

Nah setelah saya lulus sekolah, sayapun bekerja disebuah bengkel, kebetulan saya ingin melumasi rantai saya dengan oli, tapi kata mekanik seniornya jangan memakai oli, apalagi oli bekas. Hal itu dikarenakan oli sangat lengket dan membuat debu-debu jalanan serta kotoran akan banyak yang menempel dirantai, dengan semakin banyaknya kotoran yang menempel maka celah-celah sempit sambungan rantai akan disusupi kotoran sehingga membuat lebih renggang. Itulah sebabnya melumasi rantai dengan oli tidak dianjurkan, karena akan membuat rantai cepat kendor. Benar saja setelah saya membeli pelumas rantai yang ada ditoko, hasilnya beda banget rantai bersih dan tidak cepat kendor. kalaupun ada yang menempel akan mudah sekali dibersihkan ketika motor dicuci.

Nah kurang lebih begitu, mungkin anda memiliki saran lain atau akan tetap menggunakan oli sebagai pelumas rantai?, kembali lagi kepada anda dan diri masing-masing karena selera orang berbeda-beda tapi menginginkan satu tujuan. Okey salam otomotif, ikuti terus perkembangan artikel di pelengkapotomotif.com blog seputar otomotif. 

Keterangan Gambar :Foto diambil menggunakan Samsung Galaxy J7

Baca juga : 

"Karakter Honda Tiger mau pindah dari perseneling 1 ke perseneling 2 kok malah N, why...?"




Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Jangan gunakan oli untuk pelumas rantai motor apalagi oli bekas, yuk cari tahu sebabnya"

ADD COMMENT
  1. memang benar mas.. aku juga pernah pakao oli bekas.. atau tap tap an... dlu malah pakai minyak bekas penggorengan... minyak jlantah... :D haha.. soalnya dlu gak begitu paham soal otomotif... yg penting rantai nya licin.. beres... :v .. wkwkwk btw jadi nambah pengetahuan nih.. trims mas.. goodluck (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya gan semoga bermanafaat dan menambah pengetahuan, ya kalau misal belum ada dana ya pakai oli tidak masalah kalau misal ada dana lebih ya gunakan pelumas khusus rantai hehe

      Delete
  2. rantai jd gidal gan kena debu bercampur olie hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini juga masuk, gedabel basa ngapknya ya pak hehe. emm lyang jelas kotor pak, makasih sudah menambahkan d-)

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM