News Ticker

Menu

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV


Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV-Salam otomotif, yeah kembali lagi bersama saya Saliman admin yang paling ganteng sendiri (maklum adminnya cuma satu saja). Okey hari ini Pelengkapotomotif.com akan membahas mengenai "Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV", wah pasti banyak yang belum tahu nie. 

Kalau begitu yuk mari kita simak artikel terbaik dari Pelengkap otomotif yang penuh dengan realita didunia otomotif. Oleh karenya saya ingin membawakan dalam versi cerpen, karena ini pengalaman saya bongkar shock absorber Suzuki APV hehe. 

Singkatnya pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 ada customer ingin mengganti Shockbreaker dibengkel tempat saya bekerja. Dengan respon yang baik kami semua mengiyakan dan menyanggupi pekerjaan itu. Saya tidak sendiri, melainkan ditemani rekan saya. 

Awalnya memang saya merasa bingung, saya buka kap depan, ternyata juga tidak nampak baut atasnya. Mondar-mandir kayak orang bingung, sampai customer memperhatikan saya. Emm berhubung saya menyadari hal itu, kemudian saya mencoba ngolong dibawah dashboard bawah kemudi/stir. Dan ketemulah. 

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV

Nah setelah susah payah dalam kebingungan, saya melihat 2 baut shockbreaker Suzuki APV yang tersembunyi dibawah dashboard setir sebelah kanan. Bisa dilihat bentuk bautnya ya, ada 2. Sebenarnya ada 3 baut namun terhalangi oleh karet hitam itu. Awalnya saya memakai segala kunci-kunci untuk membuka baut yang ada di balik karet hitam itu, mulai dari ring, pas, hingga kunci shock namun tetap saja posisinya sangat susah. Hingga akhirnya rekan saya memberi tahu bahwa karetnya bisa dilepas, tet tot hahahah

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV

Nah untuk melepaskannya shockbreaker dari tempatnya langkah-langkah ya sama seperti mobil lainnya.
  • Kendorkan semua baut bagian atas
  • Lepas kabel rem yang menempel pada shockbreaker bagian bawah dengan kunci 12
  • Lepas link stabiliser yang menempel pada shock menggunakan kunci L dan 14
  • Dan lepas kedua baut utama yang mengikat dengan kunci 17
Nah setelah terlepas siapkan spring kompresor untuk menekan pegas pada shock, sehingga mudah untuk memisahkannya. Dan ingat harus hati-hati "jangan melepas baut atas, jika pegas belum dikunci dengan spring kompresor", karena jika anda melakukannya bisa dipastikan berakibat fatal karena stoper bisa loncat dan mgnenai muka anda, lumayan pasti. 

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV


Nah kalau sudah dikunci dengan spring silahkan buka baut atas shockbreaker menggunakan kunci 19 Shock, tidak perlu takut sudah aman. Bagaimanakah keadaan shock setelah terbuka, anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV

Nah itu bagian-bagian yang ada di dalam shockbreaker, ada stopper, pegas, karet bud, pokoknya jangan asal bongkar, tapi perhatikan juga urutannya biar memasang kembalinya mudah. Setelah semu terlepas tinggal siapkan shockbreaker yang baru, waktu itu saya menggunakan KYB Premium. Kemudian untuk memasang kembali ya seperti biasa saja, intinya ingat-ingat kembali pas bongkar. 

Mengganti shockbreaker Suzuki APV ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan bahkan lebih mudah dari pada Avanza dan Xenia. Ini pengalaman pertama shockbreaker Suzuki APV, intinya jangan takut untuk mencoba, takutlah jika tidak punya ilmu. Tidak harus mahir yang penting paham, sehingga pengalaman itu menjadi kepuasan tersendiri bagi kita untuk tetap semangat melanjutkan hidup. 

Sepertinya hanya itu yang dapat saya ceritakan, karena adanya keterbatasan waktu. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sama-sama belajar sama-sama sukses dimasa yang akan datang, saya saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini. Ikuti terus pelengkapotomotif.com, salam otomotif.

Baca juga : 

"Jenis-jenis shockbreaker KYB-Otomotif"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Cara mengganti shockbreaker Suzuki APV"

ADD COMMENT
  1. yang kayak gini baru asik, freshhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas Danu suka ganti Shockbreaker sendiri ya

      Delete
  2. Replies
    1. Ya karena saya kerjanya dibengkel mas heheh

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM