News Ticker

Menu

Mau tahu sejarah mesin diesel, mau tahu siapa yang menemukannya ?

Mau tahu sejarah mesin diesel, mau tahu siapa yang menemukannya ?

Mau tahu sejarah mesin diesel, mau tahu siapa yang menemukannya ?-Salam pelengkap otomotif, yeah hari ini bertemu dua kali ya bersama admin yang paling okey hehe. Bagaimana aktifitas sahabat otomotif hari ini, pastinya menyenangkan kan. Dan berhubung kalian semua hadir disini maka Pelengkap Otomotif akan menghadirkan sebuah persembahan artikel mengenai sejarah otomotif. Memang yang namanya sejarah itu harus dilestarikan seperti halnya kebudayaan. 

Karena bagiamanapun juga itu semua adalah ilmu bagi anak cucu kita kelak, jangan lupakan sejarah karena tanpa sejarah kita tidak akan ada, atau menikmati apa yang ada. Berterima kasihlah kepada nenek moyang kita dan kepada generasi terdahulu, yang berhasil membawa kita kezaman modern seperti sekarang ini. 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sejarah otomotif disegmen mesin diesel. Perlu anda ketahui bahwa mesin kendaraan darat ada 2 yaitu bermesin diesel dan gasonline. Namun hari ini saya akan membahas sejarah mesin diesel dan orang yang berjasa menemukannya sekaligus penciptanya. Langsung saja kita simak ulasannya. 

Rudolf Christian Kart Diesel, ya beliaulah sarjana yang berasal dari Germany yang menemukan mesin diesel pertama kali. Diesel sendiri lahir diperancis, hingga pada tahun 1858 Diesel tinggal diperancis dikarenakan orang tuanya melakukan imigrasi ke Perancis, mau tidak mau Diesel pun ikut. 

Akhirnya Diesel pun menghabiskan sebagian besar waktunya di Perancis sampai meledaknya perang Franco-Frussian pada tahun 1870. Dikarenakan perang Franco-Frussian, ayah Diesel sangat khawatir akan keselamatan keluarganya, hingga mereka pindah ke London, Inggris. 

Setelah perang tersebut dirasa akan berakhir, situasi sudah aman terkendali sang ibu mengirimkan DIesel yang masih 12 tahun ke Augsburg. Diesel sendiri dititipkan ibunya kepada sang paman dan bibi, agar Diesel mendapat pendidikan bahasa Germany. Sampai pada saatnya Diesel sekolah di Royal County Trade School dimana pamannya mengajarkan ilmu matematika disana. 

Setelah berumur 14 tahun Rudolf Christian Kart Diesel mengirimkan surat untuk membaritahu akan cita-citanya yang ingin menjadi insinyur kepada ibunya. Hingga Rudolf Christian Kart Diesel mengakhiri sekolahny dengan peringkat terbaik pada tahun 1873. Kemudian Rudolf Christian Kart Diesel melanjutkan sekolahnya ke School Augsburg. 

Pada tahun 1875 Rudolf Christian Kart Diesel menerima beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich. Namun sebenarnya hal itu rupanya bertolak belakang dengan keinginan ayahnya yang sedang mengalami krisi keuangan dan mengharapkan Rudolf Christian Kart Diesel untuk bekerja untuk membantu perekonomian keluarganya. Akan tetapi Rudolf Christian Kart Diesel tetap menerima beasiswa itu. 

Namun pemikiran Rudolf Christian Kart Diesel tidaklah egois alias mementingkan keinginan keluarga juga, maka solusi dari beliau adalah kuliah sambil kerja. Alhasil Rudolf Christian Kart Diesel bekerja disebuah pabrik, dari situlah beliau banyak menemukan ilmu dan mulai berkembang berkat pengalamannya. Dan pada tahun 1880, Rudolf Christian Kart Diesel lulus dari universitasnya dengan nilai yang memuaskan dan mendapatkan predikat akademik terbaik. 

Kemudian Rudolf Christian Kart Diesel mengadakan penelitian sebuah mesin. Belajar dari mesin yang sudah ada pada saat itu, beliau mempunyai mimpi untuk menciptakan mesin dengan efisien bahan bakar. Dimana bahan bakar disemprotkan pada ruangan dan dapat terbakar dengan adanya panas. 

Tepatnya pada tahun 10 Agustus 1893 Rudolf Christian Kart Diesel berhasil mewujudkan mimpinya untuk menciptakn mesin diesel pertama kalinya didunia. Bahan bakar mesin diesel tentunya minyak sisa hasil penyaringan bensin. 

Rudolf Christian Kart Diesel meninggal pada tahun 30 september 1913 pada umur 55 tahun. Setelah Rudolf Christian Kart Diesel meninggal, mesin diesel banyak dipakai oleh alat-alat berat seperti kapal selam, truck, traktor dan lain-lain. Hingga kini kita semua tahu mesin diesel sudah sangat femiliar sekali di Indonesia tahun 2016. 

Nah itu dia sahabat otomotif sejarah singkat dari Rudolf Christian Kart Diesel  sang genius penemu mesin diesel. Sebenarnya ceritanya masih panjang hanya saja saya ambil intinya saja, Semoga dengna membaca kisah inspiratif ini kalian semua tergugah hatinya untuk menciptakan sesuatu yang menajubkan dan diakui dunia. Jangan lupa like dan share artikel ini, Pelengkap Otomotif selalu dihati , salam otomotif. 

Baca juga : 

"Keuntungan mesin Honda Tiger yang susah dihidupkan saat dingin"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Mau tahu sejarah mesin diesel, mau tahu siapa yang menemukannya ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM