News Ticker

Menu

Apa itu pengertian SOP dalam pekerjaan ?

Apa itu pengertian  SOP dalam pekerjaan ?
Apa itu pengertian  SOP dalam pekerjaan ?-Jumpa lagi bersama saya Saliman, wow rupanya pengunjung Pelengkap Otomotif selain suka dengan harga-harga barang pelengkap otomotif untuk kendaraanya juga senang belajar produk knolege maupun pengetahuan umum. 


Iyalah harus itu, kita idup harus mencari ilmu sebanyak-banyaknya sehingga pepatah tidak salah dengan berkata "carilah ilmu sampai ke negri China". Apalagi kita yang masih muda kan dituntut untuk melestarikan kehidupan ini, jadi tidak ada salahnya kalau kita belajar. 

Hari ini Pelengkap Otomotif ingin sekali belajar bersama anda-anda semua tentang SOP. Wah sudah tahukah kalian tentang SOP. Opss, bukan sop ayam, sop iga, maupun sop buntut yang enak dimakan ya heheh. Namun SOP yang akan kita pelajari berhubungan dengan karyawan dan pekerjaan. 

SOP (Standard Operasional Prosedur) adalah kumpulan berbagai macam kebijakan dalam suatu organisasi untuk menentukan standard terhadap produk atau jasa yang mereka buat. Dengan adanya SOP, maka pekerjaan akan menjadi lebih teratur dan perusahaanpun semakin terarah dalam menentukan visi dan misi. 

SOP itu sangat penting dan harus dimiliki oleh lembaga-lembaga penting, semisal sekolah, universitas, lembaga keuangan, PT, CV, dan lembaga pendidikan. Dan kenyataannya, hampir semua lembaga-lembaga yang ada di Indonesia bahkan seluruh dunia memiliki yang namanya SOP. 

Untuk lebih jelasya kita akan mengungkap apa si sebenarnya tujuan dari SOP dibuat, tak lain sebagai berikut :

  • Memahami urutabn proses kerja yang baik dan benar dalam suatu organisasi ataupun lembaga yang disebutkan diatas
  • Menguasai Standard Operasional Prosedur, sehingga memudahkan setiap anggota untuk bertanggung jawab atas pekerjaanya sesuai dengan bagiannya masing-masing
Kemudian adapun manfaat dengan dibuatnya Standard Operasional Prosedur, sebagai berikut :
  • Meminimalisir kesaahan yang mungkin timbul dalam suatu perusahaan/pekerjaan
  • Setia proses akan berjalan sesuai kebijakan yang telah ditetapkan, sehingga hasilnya maksimal
  • Setiap proses dapat dipertanggung jawabkan
  • Setiap anggota menjadi lebih konsisten untuk memajukan baik organisasi yang dimiliki maupun konsisten dalam melaksanakan misi dan visi perusahaan
Itu dia arti dari pada Standard Operasional Prosedur. Jika kalian adalah karyawan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SOP, sekali lagi bukan sop ayam heheh. Semoga bermanfaat, ikuti terus Pelengkapotomotif.com untuk mengikuti artikel menarik selanjutnya, Saya Saliman pamit undur diri, terima kasih atas kunjungannya, salam otomotif.

Baca juga : 

"Cara membuat suasana tempat bekerja dibengkel menjadi nyaman, lakukan 5R"


Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Apa itu pengertian SOP dalam pekerjaan ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM