News Ticker

Menu

Tips berkendara dimalam hari_Otomotif (safety riding)

http://www.pelengkapotomotif.com

Tips berkendara dimalam hari_Otomotif (safety riding)-Selamat datang kembali di Pelengkap Otomotif, makin sibuk saja nie otomotif lovers dalam rangka memodifikasi kendaraan masing-masing agar terlihat kece. Walau begitu Pelengkap Otomotif ikut senang tentunya, itu pertanda otomotif tidak akan pernah mati ya hehe.

Dengan kreatifitas yang tinggi, otomotif akan menjadi seni tersendiri yang dapat dinikmati kalangan otomotif khususnya. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang anti otomotif pun jika melihat sesuatu yang indah, mungkin akan menjadi tertarik untuk berkecipung didunia otomotif. 

Dalam  dunia otomotif, tentunya bukan hanya faktor keindahan saja yang penting, yang utama adalah faktor keselamatan pengendara. Membahas lebih lanjut pengenai safety riding, maka kendaraan yang telah dimodifikasi juga harus memenuhi standard keamanan. 

Ketika kita telah menetapkan standard keamanan dari kendaraan itu sendiri, ada faktor luar yang akan menjadi masalah kedepannya ketika kita tidak memperhatikan hal itu. Masalah faktor keamanan dari luar yaitu cara berkendara yang benar, mulai dari mengatur kecepatan, menyiapkan surat kendaraan, dan mengetahui peraturan berkendara dijalan raya dengan baik. 

Serta rawannya kejahatan akan menjadi momok menakutkan bagi pengendara bermotor. Modus-modus kejahatan dijalananpun sangat beraga, Mulai dari penipuan, hingga pembunuhan. Akhir-akhir ini yang sering terjadi si pembegalan. Ini sangat mengerikan, khususya si bagi pengendara roda 2. Pembegalan ini sangat beresiko karena kejahatan ini dilakukan oleh orang-orang jahat yang berkelompok. Kejahatan seperti ini harus sangat dihindari, karena korban bisa saja tidak akan selamat sekalipun tidak melawan. 

Kejadian pembegalan umumnya terjadi ditempat yang sepi, pengendaranya sendirian, apalagi perempuan lebih diminati oleh pembegal. Selain ditempat yang sepi, kejahatan lebih mencengkam dan mewabah ketika malam hari. Dengan keterbatasan pandangan, tidak mengetahui persis kondisi jalan, membuat kita akan lebih pelan dalam berkendara. Ya intinya kita selalu berhati-hati ketika berkendara dimalam hari tentunya. 

Nah berhubung berkendara dimalam hari sangat beresiko tinggi, terhadap pengendara itu sendiri, Pelengkap Otomotif akan mencoba memberikan beberapa tips aman untuk berkendara dimalam hari. Hal ini bertujuan untuk mengurangi atau bahkan mencegah tindak kejahatan dimalam hari. 

Tips berkendara dimalam hari :

1. Siapkan surat kendaraan anda

Tidak peduli malam ataupun siang, pastinya membawa surat-surat kendaran sangat penting bagi kita semua yang ingin melakukan perjalan dengan kendaraan bermotor. Sim dan STNK jangan sampai ketinggalan, karena jika sewaktu-waktu bertemu dengan polisi dijalan kita dengan sangat tenang menghadapinya. 

2. Helm, sepatu, sarung tangan dan jaket

Aksesoris kemanan diri itu perlu, untuk melindungi diri dari benturan. Untuk berkendara malam hari, tentunya suhu sangat dingin, anginpun akan mudah masuk kedalam tubuh kita. Oleh karenaitu sarung tangan dan jaket bisa menghambat angin dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

3. Minum tolak angin atau minum wedang jahe

Ketika aksesoris tubuh dibutuhkan untuk melindungi tubuh dariluar, maka minum tolak angin akan mencegah terserang masuk angin. Karena nagin malam itu lebih ganas. 

4. Uang 

Uang sangat penting untuk keperluan berkendara dimalam hari, untuk berjaga-jaga ketika kehabisan bensin dan masalah ban bocor (kerusakan kendaraan akibat jalan rusak). 

5. Kunci-kunci kendaraan

Kerusakan kendaraan yang ringan tentunya tidak harus tergantung kepada bengkel. JIka ada baut yang kendor, kita dapat mengencangkan dengan bantuan kunci-kunci yang telah kita bawa. 

6. Nyalakan lampu/pastikan lampu hidup

Sebenarnya saat ini tidak hanya malam yang harus menyalakan lampu saat berkendara, siang juga harus. Namun berkendara pada waktu malam lebih diperhatikan lagi soal lampu. Dengan jarak pandang yang terbatas, tentunya lampu menjadi kebutuhan vital untuk penerangan jalan. 

7. Kecepatan minimal 80km/jam

Saya selaku pecinta kendaraan bermotor, pastinya hobi jalan-jalan tak pandang malam ataupun siang. Tepatnya pada tanggal 25 Maret 2016 saya mengadakan perjalanan seorang diri jam 01.30 wib pagi hari seorang diri. Rutenya dari jakarta Barat/Taman Anggrek sampai Cikampek. Paja jam seperti itu kota besar seperti Jakartapun sangat sepi dan mungkin sangat rawan dengan kejahatan. Berhubung saya naik motor Tiger Revo, didukung dengan jalanan yang sepi maka kecepatan minimal 80km/jam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejahatan seperti pembegalan. 

8. Selalau waspada dan fokus kejalanan

Perhatikan kanan kiri, sesekali lihat kebelakang melalui spion dan utamakan fokus kedepan.  Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang mencurigakan, takutnya ada yang mengikuti dari belakang atau menghadang dari depan kita sudah siap. 

9. Jangan perdulikan sesuatu yang ada dijalanan bila terlihat itu janggal difikiran kita

Modus kejahatan itu ragam sekali, mulai dari ada seseorang yang tergeletak dijalanan, seorang anak sendirian, kakek/nenek sendiarian ditengah jalan, atau bahkan cewek cantik ditengah jalan (lebih bahaya lagi). Pokoknya terus melaju tanpa pedulikan hal itu, mungkin saja itu modus. Lain ceritanya kalau itu ditempat rame dan ada orang terjatuh ya kita langsung menolongnya, karena kita adalah makhluk sosial. 

10. Membaca do'a terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. 

Berdo'a tidak peduli siang dan malam, panas maupun hujan. Lakukan setiap anda ingin beraktifitas, termasuk berkendara malam. Berdoalah yang baik sesuai kepercayaan masing-masing untuk melindungi keselamatan anda. Bagaimanapun juga keselamatan kita ada pada yang maha kuasa. 

Itulah beberapa tips yang mungkin berguna jika ingin melakukan perjalanan malam. Dan jika terpaksa anda menemukan atau melihat orang-orang yang mengikuti kita dari belakang, segera kita ngebut dan menepi dikeramaian. Atau jika sesuatu menghadang kita cepat-cepat melakukan putar balik, dan jika jalanan luas carilah celah untuk kabur, yang pasti jangan berkendara pelan, itu si. 

Ohw iya, handphone jangan lupa untuk selalu dibawa, dan hanya sekedar diisi lagu, game dan aplikasi, tapi siapkan no telp polisi diberbagai daerah dan simpan di kontak kita (wajib). Sekian dan terima kasih, ikuti terus Pelengkap Otomotif untuk mendapatkan sesuatu yang baru serta bermanfaat pastinya. Saya Saliman, selalu mendoakan perjalanan anda agar selamat sampai tujuan, amin. Bye.

Artikel lainnya : 

"Tips merawat aki mobil agar tetap dalam kondisi baik"





Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Tips berkendara dimalam hari_Otomotif (safety riding) "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM