News Ticker

Menu

Dapatkah oli mobil digunakan untuk motor sport atau manual ?

Dapatkah oli mobil digunakan untuk motor sport atau manual ?

Dapatkah oli mobil digunakan untuk motor sport atau manual ?-Hello saudara seperguruan, tidak lupa saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya di Pelengkap Otomotif. Tidak lupa saya ucapkan selamat datang bagi suhu dan mastah otomotif yang telah kesini, ke blog sederhana ini dimana adminnya masih sangat pemula. Tapi walaupun begitu artikel yang ada di Pelengkap otomotif merupakan hasil dari pada pendapat beberapa sumber terpercaya seperti liputan6.com, top 1 crew, dan beberapa mekanik senior saya. 

Nah topik kali ini tentunya sangat menarik sekali untuk dibahas, mengapa ?, karena topik yang satu ini patut untuk difikirkan matang-matang karena menyangkut kesehatab dari pada kendaraan anda, terutama kendaraan roda dua. Artikel yang akan saya tulis ini berdasarkan penglaman yang saya dapatkan dikerjaan sehari-hari. Langsung saja yuk kita bahas artikel yang berjudul "Dapatkah oli mobil digunakan untuk motor", simak selengkapnya dibawah ini. 

Suatu hari saya sedang bekerja penuh semangat, beberapa mobil keluar masuk bengkel tempat saya bekerja, namun tak terasa semuanya sudah saya servis dengan baik yang akhirnya mereka semua telah pulang tinggalah para mekanik yang penuh semangat membersihkan lantai bekas oli, termasuk saya hehe. Emm tidak lama kemudian ada pelanggan masuk menggunakan motor Tiger 2000 dan menanyakan oli yang bagus untuk motornya. Sayapun merekomendasikan beberapa oli yang masuk dalam stock bengkel saya seperti Castrol Power 1, Enduro Racing, Repsol, ya karena hanya itu yang masih ada dibengkel saya. Kecuali oli mobil masih lengkap dan banyak pilihannya. 

Nah kebetulan sekali, si bapaknya sebelum ganti oli bercerita. Nah kebetulan si bapak ini adalah anak touring sukanya berkendara jarak jauh dengan motornya tentunya dengan sejuta pengalamannya. Begini ceritanya, bahwa selama dia melakukan touring lintas sumatra, tidak dapat dipungkiri ini suatu perjalanan yang menyenangkan sekaligus menjadi beban tersendiri bagi mesin kendaraannya. Waktu itu teman-temannya menggunakan oli mesin mobil (diesel) sebagai pelumas motornya. Saya pun tercengah. Emmm katanya enak mas, tarikan menjadi lebih empuk dan ketahananya melebihi oli motor. 

Saya hanya mengangguk dan menanggapinya dangan PRO. Namun didalam hati sebenarnya saya bertanya-tanya, apakah oli mobil digunakan untuk motor sport itu tidak masalah. Setahu saya mobil itu memiliki kopling kering layaknya motor-motor matic, jadi oli mobil memang dapat digunakan untuk motor matic. Tapi permasalahannya ini, oli mobil diciptakan untuk kopling kering sedangkan motor sport itu menggunakan kopling basah jadi tentu saja oli yang digunakanpun harus memenuhi standard kopling basah dengan anti slip kopling. Tapi karena saya menghormati yang lebih tua dan tidak ingin menggurui jadi saya layani saja si bapak menggunakan oli Fastron Dieselnya. 

Tapi saya rasa rancangan oli untuk motor sport dan mobil sangat berbeda, oleh karenanya pabrikan menciptakan oli motor dan mobil berbeda. Salah satunya dengan adanya zat anti slip kopling, namun sekali lagi saya juga masih mencari sumber yang valid untuk kasus ini, meskipun saya sudah mendapatkan beberapa orang yang sama dengan saya misal liputan6.com dan top 1, akan tetapi masih banyak orang yang menyangkal akan hal ini. Menganggap zat anti slip kopling hanya mitoslah, hanya akal-akalan pabriklah, akal-akalan marketinglah dan sebagainya. 

Tapi jujur saya akui, kalau oli mobil kualitasnya lebih bagus dari pada oli motor, itu bisa dilihat dari API Servicenya dan jarak tempuh pemakaiannya. Saya si tidak melarang anda karena setiap jiwa punya sesuatu yang unik dan hak masing-masing dalam memilih sekalipun itu merugikan, tapi kepuasan hati tidak bisa diukur dengan hanya teori. Mangga berpendapat, jangan pelit suhu dan mastah sekalian untuk berbagi ilmu dikotak komentar ya, agar dapat menjadi pelajaran bagi pembaca lain. Sampai jumpa salam otomotif. 

Baca juga : 

"Harga oli castrol untuk mobil dan motor"



Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Dapatkah oli mobil digunakan untuk motor sport atau manual ? "

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM