News Ticker

Menu

Solusi untuk Pengendara Motor Agar Tahan Banting Terhadap Angin Malam

Assalamu'alaikum sahabat PO, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips mengenai cara efektif berkendara dimalam hari agar tahan banting terhadap angin malam. Bagi pengendara yang sering berkendara dimalam hari khususnya pengendara yang pulang bekerja di malam hari maka mau tidak mau pastinya akan bertemu dengan angin malam yang satu ini, ditambahlagi jika sudah memasuki musim penghujan. Rasanya akan semakin melemahkan daya tahan tubuh apabila sering terkena angin malam.

Jika mendengar lirik lagu dari Bang Haji Rhoma Irama yang berbunyi : "Bila sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang", nah lirik tersebut ternyata tidak main-main dalam menyampaikan pesan kepada pendengar / penikmat lagu. Memang benar angin malam sangat mempengaruhi kondisi dan daya tahan tubuh kita apabila kita sering berkendara dimalam hari.

Dan berikut adalah Solusi untuk Pengendara Motor Malam Agar Tahan Banting Terhadap Angin Malam :

1. Cuci Muka, Tangan dan Kaki (lebih bagus jika sekalian berwudhu)
Dengan melakukan cuci muka, tangan maupun kaki maka akan memberikan kesegaran pada tubuh. Ini juga memberikan sinyal kepada tubuh untuk fresh saat akan berkendara. 

2. Gunakan Pelindung Mulut dan Sarung Tangan
Dimalam hari tentunya akan semakin berkurang jarak pandang saat berkendara. Untuk menghindari beberapa debu maupun kotoran yang dibawa oleh angin malam maka menggunakan pelindung mulut dan sarung tangan adalah solusi terbaik agar bagian tersebut tidak tersentuh oleh angin malam secara langsung. 

3. Gunakan Jaket Double (Jaket Kulit Lembut + Jaket Kulit)
Menggunakan jaket double adalah solusi yang tepat untuk memberikan perlindungan pada bagian tubuh, jaket double disini bisa seperti jaket ala korea, atau jaket rajut lembut sepertu sweater lalu dikombinasikan dengan jaket rompi atau jaket kulit motor. Dalam pengkombinasian ini bisa kalian sesuaikan sendiri berdasarkan selera. Dengan jaket double tersebut, bagian tubuh anda akan terasa lebih hangat jika dibandingkan menggunakan single jaket. 

4. Letakkan Tas Didepan Dada Apabila Membawa Tas
Solusi yang selanjutnya adalah meletakkan tas berada didepan dada, ini bisa dilakukan jika kalian sedang membawa tas standart. Dengan menempatkan tas didepan dada tentunya angin malam tidak terlalu menyentuh bagian dada. Sehingga dada atas hingga perut lebih terlindungi dari angin malam. 

5. Pakai Kaos Kaki dan Sepatu
Untuk memberikan perlindungan pada bagian kaki maka gunakanlah kaos kaki dan sepatu agar kaki tetap terasa hangat saat berkendara di malam hari.


6. Konsumsi Minuman Hangat sebelum Berkendara
Memberikan rasa hangat pada tubuh juga bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi minuman hangat sebelum berkendara, seperti teh hangat, kopi jahe hangat, kopi susu hangat dan sebagainya sesuai selera. Ternyata cara ini juga efektif mencegah rasa menggigil disaat angin malam menghampiri perjalanan kita. 

7. Gunakan Helm
Tentu saja, penggunaan helm tak luput dari berkendara di malam hari. Merupakan alat perlindungan utama untuk melindungi bagian kepala dari berbagai sisi. Gunakan helm yang sesuai dengan ukuran diameter kepala anda. Pilih helm yang memiliki spon yang tebal agar bagian kepala lebih hangat saat berkendara di malam hari. 

8. Bawa Mantel untuk Berjaga - jaga Jika Terjadi Hujan
Angin malam akan terasa semakin menjadi-jadi apabila cuaca sedang hujan. Maka dari itu bawalah mantel untuk berjaga-jaga agar tubuh tidak terlalu basah kuyub. Jika hujan tiba, maka pentingkan terlebih dahulu bagian lutut keatas agar tetap hangat, jika memakai sepatu alangkah baiknya sepatu yang digunakan dilepas saja agar air hujan tidak menggenang didalam sepatu. 

9. Segera Lepas Jaket dan Berganti Pakaian Setelah Tiba di Rumah
Selama perjalanan, angin malam membawa banyak sekali berbagai jenis kotoran maupun debu yang menempel pada jaket, helm, tas maupun celana. Segeralah berganti pakaian ketika sudah sampai rumah, ini bertujuan agar sisa dari rasa dingin pada angin malam tidak melekat pada tubuh. Jangan lupa untuk segera membasuh muka, tangan dan kaki.

10. Minum Air Putih (Secukupnya), lalu Istirahat (Tidur)
Solusi yang terakhir adalah minum air putih, selama berkendara menghadapi angin malam tentunya juga akan menyebabkan tubuh kehilangan zat cair, agar tidak merasa kedinginan setelah berkendara maka minumlah air putih secukupnya kemudian segera istirahat apabila tubuh sudah terasa lelah. Gunakan selimut agar semakin hangat dan nyenyak pada saat tidur.

Nah, Sangat disayangkan jika kita kurang peduli terhadap kondisi tubuh kita ketika sedang berkendara, apalagi ketika berkendara pulang dari kantor kerja malam hari, maka untuk bisa bekerja dengan fresh di keesokan harinya kita perlu memprotek diri dari angin malam saat pulang bekerja. 

Dengan adanya solusi pada ulasan ini diharapkan para pengendara malam bisa lebih tahan banting dalam menghadapi angin malam, apabila kalian punya pendapat lain mengenai hal ini silahkan luangkan pada kolom komentar. Sekian terimakasih wassalamu'alaikum. 

Share This:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

4 comments to ''Solusi untuk Pengendara Motor Agar Tahan Banting Terhadap Angin Malam"

ADD COMMENT
  1. nambah pengalaman mas, dari tips diatas sudah banyak yang aku praktekkan, mungkin yang no 1 belum aku coba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh manteb mas, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

      Delete
    2. Lebih greget klo setelah sampai rumah langsung mandi.. heheh adem

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM