News Ticker

Menu

Cara menentukan oli yang berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan




Cara menentukan oli yang berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan-Hallo otomotif sejati yang selalu memperdulikan kendaraanya tercinta. Ngomongin kendaraan memang tak ada habisnya, sebentar-sebentar kelaura lagi yang baru. Bosen juga ngikutinnya padahal si uangnya gak ada untuk gonta-ganti kendaraan baik roda 2 maupun 4 hehehe. Itu si Ane aja yang kagak ada uang, kalau agan-agan sekalian pastilah orang yang banyak duit ya, Amin. Emm saya rasa cukuplah untuk basa-basinya kali ini. Kita akan mengupas mengenai cara memilih oli yang tepat bagi kendaraan agan-agan semua. Hal-hal apa saja yang mungkin harus diketahui bagi pemilik kendaraan bermotor. 

Iya benar walau banyak bengkel betebaran disemua pelosok jalan namun kita sebagai pemilik kendaraan juga harus sedikit peduli dan tahu mengenai kebutuhan kendaraan kita. Semua komponen yang ada dalam kendaraan penting, namun ada kalanya kendaraan agan-agan semua salah satu komponennya mendapat perhatian lebih. Pada bagian apa itu?, yap tepat sekali mesin bro.... Berbicara soal mesin tentunya akan sangat berhubungan dengan oli ya. Iya ajalah heh, tapi memang benar mesin adalah jantung motor kita kalau berhenti ya mati. 

Nah tahukah oli apa yang baik untuk kendaraan agan-agan sekalian?, bukan dari merknya saja. Melainkan pemilihan oli itu dari seri olinya juga. Ibarat sekarang agan pakai hape Iphone 3GS, sedangkankan teman-teman semua sudah pakai Galaxy S6, gak mau ketinggalankan ataupun kalah saing tidak sesuai eranya. Padahal tahu sendiri Iphone 3GS buatan Apple dan siapa yang tak kenal merk ternama Apple. Sama dengan oli yang penting eranya mobil tahun berapa dan cocoknya oli yang bagaimana. Langsung saja ini beberapa spesifikasi yang harus agan-agan sekalian tahu mengenai oli yang baik dan sesuai untuk kendaraan. 

1. Tentukan API Service
API (American  Petroleum Institute) merupakan suatu institusi yang berasal dari Amerika yang tugasnya menetapkan grading/level oli menurut service classification untuk mesin bensin. API Service tersebut meliputi kekentalan oli, perlindungan oksidasi, perlindungan keausan, sampai timbulnya kerak pada dinding mesin yang semuanya masuk dalam kualitas oli. Untuk grading yang paling tinggi sekarang adalah SN, dibawahnya juga ada SM, SL serta SJ. Untuk mobil-mobil dengan perakitan tahun 2004 up, maka disarankan menggunakan API SM keatas. 

2. Mengenal JASO
JASO (Japan Automobile Standard Organization) merupakan suatu badan organisasi yang bertugas mengeluarkan standard grading atau level yang didasarkan terhadap kandungan phospor dalam oli. Standard ini dibuat oleh Japan untuk memenuhi standar oli untuk kendaraan bermotor yang didalamnya terdapat kopling. Untuk JASO sendiri dibagi dua, yaitu JASO MA dan MB. JASO MA (gesekan tinggi), standar oli mengacu pada kendaraan yang memiliki kopling basah. Dan terdapat dalam type cub dan sport. Untuk JASO MB (gesekan rendah), standard oli yang mengacu pada mesin dengan gesekan rendah yang terdapat kopling kering seperti matic. 

3. Pelajari SAE
SAE (Society of Automotive Enginers), merupakan persatuan ahli otomotif dunia yang bertugas menetapkan standar viskositas atau kekentalan (ukuran dari ketebalan lapisan oli yang memungkinkan untuk melewati celah mesin dengan baik) pada suhu 100 derajad celcius dan pada -18 derajad celcius. Jenis SAE yang baik digunakan untuk iklim tropis adalah 10w30 dan 10w40 untuk secara umum. Angka 10 merupakan kekentalan oli yang bekerja pada suhu dingin dan angka 30 atau 40 merupakan sifat oli yang bekerja pada suhu 100 derajad celcius. Untuk oli dengan 10w30 disebut Multi grade dan untuk oli dengan 10w, 20w dan 80w saja disebut monograde. 

Mungkin hanya itu yang dapat ane sampaikan, semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian dalam memelihara kendaraan tercinta. Pelajari selalu tentang oli yang baik untuk kendaraan anda.

sumber: sudutpandang.net

Share This:

Post Tags:

SALIMAN SP

I'm SALIMAN SP. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

2 comments to ''Cara menentukan oli yang berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan"

ADD COMMENT
  1. meskipun ane belum mengerti tentang oli, tapi manteb lah sangat membantu artikelnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa mas, belajar saja ntar juga lama-lama tahu hehe

      Delete

Berkomentarlah yang sopan dan disarankan sesuai judul artikel. Bila ada pertanyaan pribadi bisa mengirimnya melalui contact form yang tersedia dibawah kotak komentar.

Thank You

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM